Apakah perbedaan komunitas masyarakat desa dan kota? Jelaskan pendapat Anda melalui contoh!

Apakah perbedaan komunitas masyarakat desa dan kota? Jelaskan pendapat Anda melalui contoh!

Jawab:

a. Lingkungan umum dan orientasi terhadap alam.

Masyarakat perdesaan berhubungan kuat dengan alam karena lokasi geografisnya di daerah desa. Penduduk yang tinggal di desa akan banyak ditentukan oleh kepercayaan dan hukum alam. Berbeda dengan penduduk yang tinggal di kota yang kehidupannya bebas dari realitas alam.

b. Pekerjaan atau mata pencaharian.

Pada umumnya, mata pencaharian di daerah perdesaan adalah bertani, tetapi tidak sedikit juga yang bermata pencaharian berdagang sebab beberapa daerah pertanian tidak lepas dari kegiatan usaha.

c. Ukuran komunitas.

Komunitas perdesaan biasanya lebih kecil dari komunitas perkotaan.

d. Kepadatan penduduk.

Penduduk desa kepadatannya lebih rendah bila dibandingkan dengan kepadatan pen- duduk kota. Kepadatan penduduk suatu komunitas kenaikannya berhubungan dengan klasifikasi dari kota itu sendiri

e. Homogenitas dan heterogenitas.

Homogenitas atau persamaan ciri-ciri sosial dan psikologis, bahasa, kepercayaan, adat istiadat, dan perilaku. Tampak pada masya- rakat perdesaan bila dibandingkan dengan masyarakat perkotaan. Di kota sebaliknya penduduk heterogen, terdiri dari orang-orang dengan macam-macam perilaku, dan juga bahasa, penduduk di kota lebih heterogen.

Jangan lupa komentar & sarannya

Kunjungi terus: blogpedia.web.id OK! 😁

Terimakasih telah mencari jawaban terkait soal Apakah perbedaan komunitas masyarakat desa dan kota? Jelaskan pendapat Anda melalui contoh!

Jangan lupa Blogpedia.web.id untuk menemukan jawaban soal-soal sekolah adek-adek ya…. Selamat Belajar.

Leave a Comment