Bagaimana cara melakukan pembayaran internasional menggunakan LC?

Bagaimana cara melakukan pembayaran internasional menggunakan LC?

Jawab:

Berikut cara melakukan pembayaran internasional dengan LC:

  1. Pembeli (buyer) memesan barang/jasa kepada penjual (seller).
  2. Pembeli, sebagai importir membuka aplikasi LC kepada advising bank yang ditunjuk penjual. Disepakati pula kondisi dan syarat LC.
  3. Pembeli meminta bank (issuing bank) untuk membuka LC dengan memberi kondisi dan syarat serta nama advising bank yang ditunjuk penjual.
  4. Issuing bank akan mengirim LC kepada penjual sebagai eksportir melalui advising bank. Jika issuing banktidak mempunyai kerja sama dengan advising bank, pembeli akan mencari correspondent bank sebagai perantara.
  5. Advising bank menyampaikan LC kepada penjual.
  6. Jika barang/jasa siap dikirimkan, penjual menyiapkan dokumen yang disyaratkan. Dokumen yang telah siap diberikan penjual kepada advising bank.
  7. Setelah advising bank memeriksa dokumen dan dinyatakan memenuhi syarat sesuai kondisi LC, dokumen dikirimkan ke issuing bank untuk meminta bayaran.
  8. Issuing bank menerima dokumen dan diteliti kebenarannya apakah sesuai dengan syarat LC. Jika sesuai, issuing bank akan membayar penjual melalui advising bank serta mengirimkan dokumen kepada pihak pembeli. Issuing bank akan menyerahkan dokumen asli kepada pembeli untuk mengeluarkan barang dari pabean.

————#————

Jangan lupa komentar & sarannya

Terimakasih sudah mencari jawaban terkait soal Bagaimana cara melakukan pembayaran internasional menggunakan LC?

Jangan lupa Blogpedia.web.id untuk menemukan jawaban soal-soal sekolah adek-adek ya…. Selamat Belajar.

Leave a Comment