Bagaimana kolkisin dapat mengakibatkan mutasi pada tanaman? Apakah mutan yang dihasilkan bersifat menguntungkan? Jelaskan!

Bagaimana kolkisin dapat mengakibatkan mutasi pada tanaman? Apakah mutan yang dihasilkan bersifat menguntungkan? Jelaskan!

Jawab:

Kolkisin dapat mengaktifkan jaringan meristem untuk memutuskan benang-benang spindel dan membantu terjadinya pembelahan sel. Tanpa benang spindel, kromatid-kromatid tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, jumlah kromosomnya meningkat (poliploid), misalnya 2 kali lipat kromosom normal. Jika kolkisin diaplikasikan pada tanaman buah, tanaman buah akan menjadi tanaman buah dengan sifat poliploid yaitu buah menjadi berukuran lebih besar dan biasanya rasanya lebih manis serta menjadi buah tanpa biji.

Dalam komoditas pasar, buah poliploid ini mempunyai nilai jual yang lebih tinggi karena lebih diminati serta dicari oleh masyarakat.

Jangan lupa komentar & sarannya

Kunjungi terus: blogpedia.web.id OK! 😁

Terimakasih sudah mencari jawaban tentang soal Bagaimana kolkisin dapat mengakibatkan mutasi pada tanaman? Apakah mutan yang dihasilkan bersifat menguntungkan? Jelaskan!

Jangan lupa Blogpedia.web.id untuk menemukan jawaban soal-soal sekolah adek-adek ya…. Selamat Belajar.

Leave a Comment