Bedakan pendekatan ordinal dan pendekatan kardinal dalam teori perilaku konsumen!
Jawab:
Pendekatan Kardinal
- Pendekatan yang didasarkan pada asumsi bahwa tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen dapat diukur dengan satuan tertentu (uang, jumlah, buah, dan sebagainya).
- Penilaian terhadap kepuasan mengonsumsi suatu barang bersifat subjektif.
- Konsumen bersifat rasional, artinya konsumen bertujuan memaksimalkan kepuasannya dengan batasan pendapatannya (berlaku the law of diminishing marginal utility).
Pendekatan Ordinal
- Pendekatan yang didasarkan pada preferensi (peringkat) urutan barang yang dikonsumsi.
- Konsumen bersifat rasional, yaitu konsumen akan berusaha meningkatkan kepuasannya atau memilih tingkat kepuasan yang tertinggi yang bisa dicapai (sesuai dengan pendapatannya).
- Menggunakan analisis kurva indiferen (indifference curve) dan garis anggaran (budget fine).
————#————
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: [email protected]
Terimakasih telah menemukan jawaban tentang soal Bedakan pendekatan ordinal dan pendekatan kardinal dalam teori perilaku konsumen!
Jangan lupa Blogpedia.web.id untuk menemukan jawaban soal-soal sekolah adek-adek ya…. Selamat Belajar.