Blogging Sebagai Sebuah Hobi Baru

Seiring dengan kemajuan teknologi, blogging bisa menjadi sebuah hobi yang mengasyikkan khususnya bagi mereka yang senang dengan menulis. Ketika era teknologi belum begitu kuat, tidak sedikit orang melampiaskan hobi menulisnya dalam sebuah buku diary. Melalui teknologi, hobi menulis tinggal di pindah dalam format digital dengan cara yang sangat mudah sekali.

Untuk mewujudkan hobi menulis dalam bentuk sebuah blog, ada dua website populer yang memberikan fasilitas blogging secara gratis seperti blogger dan WordPress. Untuk para pemula dalam dunia blogging saya menyarankan lebih baik menggunakan fasilitas gratisan terlebih dahulu. Saya sendiri menghabiskan 1 tahun dengan fasilitas blog gratisan sebelum menggunakan hosting dan domain sendiri. Dengan fasilitas gratisan saya bisa belajar banyak tentang dunia blogging sekaligus memperlancar keterampilan menulis.

Penelusuran saya di berbagai blog online, tidak sedikit dari blogger yang akhirnya addicted dengan dunia blogging. Tidak sedikit yang sangat aktif untuk menulis apapun yang dijumpai di dalam blognya. Kemajuan teknologi juga memudahkan blogger untuk upload tulisan melalui smartphone. Semua menjadi serba mudah dan enak.

Penelusuran lebih lanjut terhadap blog-blog online juga menjumpai pengakuan dari para blogger yang akhirnya mereka memaksimalkan blognya dari sekedar hobi menjadi sebuah profesi. Bahkan blogger luar negeri banyak yang akhirnya menjadikan blogging sebagai pekerjaan, hingga rela keluar dari pekerjaannya untuk menekuni blogging. Dari review berbagai blog online, tidak sedikit dari blogger yang justru mendapatkan penghasilan lebih banyak dari blogging daripada gaji resmi mereka di kantor.

Dari review berbagai blog online, saya juga menjumpai bedanya antara blogger ‘dadakan’ dan blogger ‘professional’. Seorang blogger professional menganggap blogging adalah sebagai pekerjaan sehingga mereka mengalokasikan waktu secara pasti untuk memanage blognya, ada seorang blogger yang mengalokasikan waktunya untuk ngeblog 30 jam dalam satu minggu atau ada juga yang memutuskan untuk update artikel di blognya 2 atau 3 kali dalam satu minggu. Sementara ‘blogger’ dadakan hanya tergoda untuk membuat suatu blog karena iri dengan teman-temannya yang memiliki, setelah itu hampir tidak pernah disentuh atau diupdate.

Hal menarik lagi dari penelusuran saya terhadap blog-blog online menyimpulkan jika para blogger tidak selamanya upload artikel panjang di blognya. Rata-rata cuma 3 paragraf pendek. Namun yang menarik untuk ditiru adalah mereka update isi blognya secara teratur dan konsisten.

Dari berbagai review di atas, saya menyimpulkan jika blogging menjadi salah satu hobi baru di era teknologi. Blogging menjadi hobi yang mengasyikkan karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, terserah bloggernya. Blogging seharusnya layak sejajar dengan hobi-hobi konvensional lainnya seperti melukis, menulis buku, ataupun mengumpulkan perangko dll. Akhir kata, selamat menekuni dunia blogging sebagai sebuah hobi baru!!

Untuk teman-teman blogger semua, silakan sharing pengalaman bloggingnya melalui kolom komentar di bawah ini. Silahkan tuliskan alamat blognya di kolom komentar di bawah ini!

Artikel Yang di Rekomendasikan untuk Kamu:
2 Model Bisnis Internet Untuk Pemula

Saya sering mendapat email dari rekan-rekan newbie yang menanyakan bisnis internet apa yang paling cocok untuk para pemula. Daripada saya Read more

3 Cara Memanage Waktu Untuk Bisnis Anda

Salah satu keluhan yang sering terdengar dari rekan-rekan yang masih memiliki pekerjaan utama di kantor dan mencoba berbisnis sampingan adalah Read more

Jangan Jadi Pebisnis Sekarang

The businessman isn't just profession Halo rekan-rekan pengunjung setia! Mungkin Anda heran kenapa artikel ini saya beri judul, “Jangan Jadi Read more

Mencari Ide Bisnis Itu Mudah

Jika memang menulis itu bisa demikian mudahnya menjadi sumber profesi, maka tentu dalam waktu yang singkat sudah banyak penulis sukses Read more

Leave a Comment