Mengapa Domain dihapus atau ditarik Freenom?

Posted on

Hai sob, Postingan kali ini aku sendiri selaku admin BlogPedia akan sharing sedikit informasi mengenai penyebab domain yang sobat registrasikan atau sobat beli di freenom tiba-tiba hilang dari dashboard atau dihapus oleh freenom, tentu saja hal ini sangat mengesalkan dan pastinya mengecewakan bagi pelanggan gratisan seperti saya, upss….. Saya punya sebuah blog PBN gratisan (Ngehost di Github) yang aku pasang domain TLD difreenom sudah berumur 6 bulan sampai sekarang masih aktif , sementara beberapa bulan lalu aku mendaftarkan domain baru ke freenom namun tiba-tiba domain tersebut hilang dari dashboard saat aku cek ketersediaanya aku diharuskan membayar 6$ /tahun padahal domain tersebut aku pakai baru 1 bulan dan sebelumnya gratis, ternyata banyak juga teman-teman yang mengeluhkan hilangnya domain difreenom secara tiba-tiba. bingung kan? Nah, aku akan jelaskan penyebabnya.

domain freenom
domain freenom

 

Nama Domain Melanggar Hak Cipta

Perlu sobat ketahui sob, Terkadang pihak freenom menerima keluhan hak cipta yang semuanya valid dengan syarat dan ketentuan freenom . Anda tidak boleh mendaftarkan nama domain yang berkaitan dengan merek dagang resmi seperti facebookmails.tk google.tk atau huaweibd.tk karena perusahaan aslinya mengeluhkan hal itu. Freenom akan menutup akun sobat dan mengembalikan saldo sobat (Walapupun sobat membayar domainnya)

 

Domain Expired di ambil Orang Lain

Apabila sobat mempunyai domain dan domain tersebut sudah hilang dari dashboard kemungkinan memang sudah expired , freenom mengirimkan 2x pengingat sebelum domain berakhir dan apabila sudah masuk masa expired domain tersedia untuk didaftarkan kembali baik itu gratis atau berbayar.
Freenom menyediakan opsi perpanjangan otomatis untuk freedomain yang fungsinya mencegah pembajakan domain terjadi.

 

Domain Termasuk Kategori Spesial

Freenom menyediakan 3 kategori domain yaitu gratis , berbayar dan khusus . Anda mungkin telah menemukan sebuah domain yang bagus yang bisa didaftarkan secara gratis namun karena domain tersebut dipandang masuk kedalam kategori spesial domain akhirnya ditarik oleh pihak freenom dan sobat diharuskan untuk membayar.

Tidak semua domain tk cf ga ml bisa sobat daftarkan secara gratis, beberapa diantaranya dianggap spesial dengan kriteria panjang urlnya kurang dari 5 karakter dan mengandung kata kunci umum sesampai dianggap spesial dan ditarik dari dashboard anda. Misal: carstore.tk, insurance.tk dll.

 

Konten Melanggar Kebijakan

Perlu sobat ketahui, bahwa domain gratisan dari freenom banyak disalahgunakan oleh penggunanya untuk kegiatan spamming atau penipuan. Ekstensi domain yang dianggap spam oleh google dan tidak diterima oleh beberapa forum termasuk facebook adalah domain .tk.

Apalagi sekarang aku lihat banyak pendaftar google adsense mendaftarkan blog dummy nya menggunakan domain TLD gratisan dari freenom , bisa dipastikan konten yang ada diblog mereka hanyalah artikel hasil AGC berarti domain gratisan freenom tk ml ga cf akan lebih sering terkena pelanggaran DMCA dan diwaspadai oleh tim adsense.

Freenom mempunyai kebijakan terhadap pelanggan mereka baik gratisan ataupun berbayar, sobat tidak boleh menggunakan domain freenom untuk website yang melanggar hukum baik terkait pornografi, jebakan betmen (phising), advokasi, pelecehan, ujaran kebencian, kekerasan, kelompok agama, orientasi menyimpang, spamming, konten hoax, pencurian data dll freenom berhak membatalkan domain anda.

 

Dibeli orang Lain

Lho kok bisa? ya bisa dong namanya aja ente user gratisan, pastinya freenom akan mengutamakan yang bayar. dan mendaftarkan domain gratis difreenom bukan berarti sobat sebagai pemilik domain yang legal lho ya, freenom memberikan kesempatan bagi sobat untuk menggunakan nama domain yang sobat pilih dalam jangka waktu 1-12 bulan secara gratis diawal saat sobat tidak memperpanjang masa domain dalam kurun waktu 15 hari terakhir maka domain sobat akan ditarik atau bila situs sobat tidak segera dipasang domain otomatis domain akan dibatalkan dan sobat harus membayar untuk mengaktifkanya kembali.

Nah gimana sob, sudah jelaskan apa saja yang dapat menyebabkan domain kita difreenom dihapus, bila ada pengalaman lain silahkan sobat tulis di komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image