4 Cara Mengatasi Tombol CTRL Aktif Terus pada Komputer

Posted on

Fungsi CTRL pada keyboard merupakan sebuah jalan pintas atau shortcut yang dapat memunculkan perintah tertentu. Contohnya saja, ketika kita menekan tombol CTRL + C pada keyboard, maka itu merupakan shortcut untuk melakukan copy atau menyalin baik kata-kata, data, file, dan lain sebagainya.   Tentunya akan sangat merepotkan apabila tombol CTRL terus aktif terus-menerus. Bisa kita bayangkan ketika kita sedang melakukan ketika, tiba-tiba, kita justru membuka atau menutup perintah yang tidak diinginkan akibat tombol CTRL yang terus aktif. Hal tersebut bisa jadi ciri-ciri keyboard mulai rusak. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yakni ikutilah tips berikut ini.

4 Cara Mengatasi Tombol CTRL Aktif Terus pada Komputer
4 Cara Mengatasi Tombol CTRL Aktif Terus pada Komputer

 

1. Bersihkan tombol CTRL

Bisa jadi tombol CTRL-nya terdapat benda asing yang menyebabkan tombolnya tertekan terus-menerus. Untuk dapat melakukan pembersihan keyboard, haris dipastikan Anda sudah cukup ahli dalam membongkar komponen-komponen komputer. Sebab, jika tombol keyboard mengalami keretakan atau patah, maka harus mencari tombol penggantinya atau harus mengganti keyboard baru.   Cara melakukannya adalah, pastikan keyboard tidak terhubung dengan CPU. Setelah itu, bongkar tombol CTRL dengan menggunakan obeng atau menggunaka balpoint. Perlu diperhatikan bahwa Anda benar-benar harus hati-hati saat mencongkelnya. Setelah tercongkel, segera bersihkan terutama pada bagian karet dengan kapas atau cotton bud. Setelah dibersihkan, langkah selanjutnya adalah masukan kembali tombol CTRL dan tekan hingga berbunyi “klik”. Setelah itu, sambungkan kembali pada CPU dan lihat hasilnya.   Jika Anda merasa tidak berani mencongkel karena takut rusak atau tidak berpengalaman, ada cara yang cukup aman. Pertama copot sambungan keyboard pada bagian CPU. Setelah itu, balikanlah keyboardnya seperti tengkurap pada satu tangan. Tangan satunya lagi bertugas untuk memencet tombol CTRL terus-menerus. Hal ini dimaksudkan untuk mengeluarkan kotoran pada keyboard, terutama pada tombol CTRL. Setelah kotorannya sudah keluar semua, langkah berikutnya adalah balikan kembali dan cobalah apakah keyboard sudah berjalan normal atau tidak.

2. Cek adanya virus pada komputer

Kemungkinan selanjutnya apabila tombol CTRL terus aktif adalah kemungkinan adanya virus di dalam komputer. Bahaya virus pada komputer memang bisa membuat beberapa komponen menjadi tidak sesuai dengan perintahnya. Hal ini jga bisa menimpa pada keyboard.   Sebelum melakukan pembersihan virus, pastikan dulu apakah terdapat ciri-ciri komputer terkena virus. Jika sudah ditemukan gejalanya, baru kita bersihkan dengan software antivirus yang sudah diinstal pada komputer. Setelah anntivirus sudah mengecek dan menghapus berbagai jenis virus pada komputer, saatnya kembali mencoba keyboard-nya. Cobalah dicek apakah tombol CTRL masih bermasalah atau tidak.

3. Restore Windows

Cara selanjutnya adalah melalui sistem komputer. Dengan menggunakan sistem restore, maka berbagi fungsi yang terdapat pada komputer akan dikembalikan seperti semula. Jika dilihat-lihat, konsepnya sama dengan restart. Untuk cara melakukan restore Windows, berikut langkah-langkah yang benar.

  1. Pertama-tama masuklah ke dalam “Control Panel”. Caranya adalah dengan mengeklik “Start” lalu pilih “Control Panel di bagian kanan.
  2. Jika sudah, selanjutnya adalah klik “System and Security” yang terdapat di dalam Conrol Panel.
  3. Setelah menemukannya, pilih “Backup and Restore”.
  4. Jika berhasil, Anda kan masuk ke dalam halaman dari Backup, di sana carilah “Recover System Settings or Your Computer” lalu klik saja.
  5. Setelah itu, pada bagian “Confirm your Restore Point” akan muncul beberapa Drive pada komputer. Anda hanya klik “Finish” saja.
  6. Jika berhasil, maka komputer akan melakukan restart secara otomatis. Tunggulah sampai proses restart selesai.

Setelah proses restart selesai, cobalah kembali hubungkan keyboard pada CPU dan lihat hasilnya.

4. Upgrade Driver Keyboard

Keyboard memiliki sistem drivernya sendiri layaknya kita menggunakan mouse, CD ROM, Harddisk, dan berbagai perangkat lainnya.  Dengan driver ini, keyboard dapat digunakan sebagaimana kita menggunakan keyboard. Untuk melakukan upgrade keyboard, berikut caranya.

  1. Pergi ke Control Panel seperti langkah di poin sebelumnya.
  2. Masuk ke “System and Security” dan masuk ke bagian “Device Manager”.
  3. Di bagian “Device Manager” itulah Anda akan menemukan banyak driver yang diinstal pada komputer.
  4. Carilah driver pada keyboard yang bentuk iconnya menyerupai keyboard lalu klik.
  5. Setelah itu, Anda akan menemukan berbagai macam driver keyboard yang terpasang pada komputer.
  6. Carilah apakah ada driver keyboard yang mendapatkan tanda seperti peringatan atau tanda berwarna kuning.
  7. Jika sudah menemukan tanda tersebut, catatlah naman driver keyboard yang bermasalah tersebut.
  8. Langkah selanjutnya Anda tinggal mencari upgrade pada driver keyboard melalui internet. Carilah di google dengan mengetik nama drivernya lalu upgradenya.
  9. Jika sudah menemukannya, Anda unduh dan instal seperti aplikasi pada umumnya.

Apabila semua cara di atas tidak ada perubahan apapun, maka sebaiknya Anda membeli keyboard yang baru. Meskipun memang harus mengeluarkan uang yang cukup besar, namun itu bisa menjadi solusi terakhir. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.