Salam semangat Siswa Hebat, kamu ada pekerjaan rumah dari sekolah? Nah di BlogPedia kalian dapat menemukan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 189 – 192 Uji Kompetensi Bab 3. baca pembahasan berikut ini hingga tuntas. Semoga PR kalian benar semua.
Bab 3 Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Bab III Hal 189 – 192
Nomor 1 – 10 PG dan 1 – 10 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu
mengerjakan soal ips bagi kelas 8 di halaman 189 – 192. Semoga dengan adanya
pembahasan serta kunci jawaban Uji Kompetensi bab 3 ips kelas 8, adik-adik
kelas 8 dapat menyelesaikan tugas Keunggulan dan Keterbatasan
Antarruang Kelas 8 Halaman 189 – 192 yang diberikan oleh bapak
ibu/guru. Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab III IPS Kelas 8.
Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 189 – 192 Uji Kompetensi Bab 3
A. Pilihan Ganda
1. B. memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang cara-cara memanfaatkan
sumber daya laut dengan cara yang bijaksana
2. C. memberikan
kebebasan kepada kapal asing
3. D. gaji
4. B. pembagian
pendapatan nasional
pemerintah, dan rumah tangga luar negeri
6. B. menjadikan laut satu-satunya sumber pendapatan nasional
7. A. regulator, konsumen, dan produsen
8. A. redistribusi vertikal
9. D. perpindahan data tentang pangsa pasar dari luar negeri
10. C. keuletan importir untuk memenangi pangsa pasar
B. Esai
Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas!
produsen dengan bagan siklus perekonomian dua sektor!
– RTP memberikan barang atau jasa pada konsumen, sebagai imbalannya RTK memberikan sejumlah uang kepada RTP.
– RTK berperan sebagai penyedia faktor produksi, sedangkan RTP berperan sebagai pengguna faktor produksi. RTP memberikan imbalan atas faktor produksi yang diberikan oleh RTK. Imbalan ini berupa sewa, upah/gaji, bunga, dan keuntungan

– Regulator
Pemerintah berperan sebagai pengatur perekonomian, agar dapat mensejahterakan rakyat
– Konsumen
Guna menjalankan fungsinya sebagai regulator, pemerintah otomatis membutuhkan sarana dan prasarana penunjang, yang dibeli dari rumah tangga perusahaan ataupun produsen.
– Produsen
Dalam menjalankan perannya sebagai produsen, pemerintah memproduksi barang atau jasa.
dalam meningkatkan ekonomi maritim?
Pemerintah dapat mengalokasikan sebagian besar dan dalam pembangunan ke sektor kelautan. Hal ini ditujuan untuk membangun pelabuhan-pelabuhan maupun tambak-tambak agar dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengeksplor laut Indonesia lebih mudah lagi.
pemerintah dalam meningkatkan sektor agrikultur di Indonesia?
Pemerintah harus lebih adil dalam pengelolaan dana desa, dana desa ini nantinya disalurkan kepada masyarakat untuk meningkatkan sektor agrikultur. Dana desa ini dapat berupa pupuk, alat traktor, pembangunan irigasi, dan lainnya.
perekonomian!
1. Pembangunan berbasis kelautan (ocean-based development)
2. Memacu percepatan pengembangan infrastruktur dan ketersambungan maritim
3. Melakukan pembangunan konektivitas maritim
4. Pemerintah menyiapkan pelabuhan yang besar
5. Menyiapkan kerangka regulasi yang sesuai dengan semua negara di ASEAN
Jawaban :
Pendistribusian pendapatan masyarakat yang dimiliki oleh kelompok kaya kepada masyarakat kelompok miskin baik yang berasal dari pajak ataupun pungutan-pungutan lain.
antarnegara!
– Perbedaan sumber daya alam yang dimiliki setiap negara
– Perbedaan iklim yang menyebabkan barang langka dibeberapa negara
– Suatu negara memiliki kelebihan atau kekurangan produksi suatau barang
8. Jelaskan manfaat perdagangan antarpulau!
Jawaban : Memenuhi kebutuhan barang yang tidak dimiliki dipulau tersebut, selain itu memperluas lapangan kerja.
Jawaban : Rendahnya nilai tukar rupiah, selain itu rendahnya informasi untuk melakukan import dan ekspor.
negara-negara ASEAN!
Jawaban : Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat kaya, akan tetapi Indonesia masih belum dapat sepenuhnya dapat mengekstrak kekayaan tersebut untuk digunakan bagi masyarakat.
Terimakasih sudah menemukan terkait Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 189 – 192 Uji Kompetensi Bab 3