Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 190 – 192 Kurikulum Merdeka

Salam semangat Pelajar hebat, kamu memiliki tugas dari sekolah? Nah di blog ini kamu dapat menemukan Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 190 – 192 Kurikulum Merdeka

baca penjelasan dibawah ini hingga tuntas. Semoga pekerjaan rumah kalian betul semua.

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Semester
2 Halaman 190 – 192 Kurikulum Merdeka Bab 5 Bangun Datar Hal 190 – 192 Soal
Ringkasan Nomor 1 – 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu
mengerjakan soal matematika bagi kelas 7 di semester 2 halaman 190 – 192.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 190 – 192 Kurikulum Merdeka

Gagasan Utama

1. Perhatikan jajargenjang ABCD di bawah ini, jawablah pertanyaan berikut
ini.

Jawaban :

(1) AB//DC, AD//BC
(2) Lihat gambar di bawah ini.
(3) Ambil titik P pada sisi BC, tarik garis
tegak lurus BC yang melewati P, jika titik
perpotongan dengan AD dijadikan Q,
segmen garis PQ menjadi tinggi jajargenjang
ABCD. (Bisa juga menggunakan cara lain)

kunci jawaban matematika kelas 7 halaman 190 www.blogpedia.web.id
2. Gambar di bawah ini menunjukkan sinar garis AB yang ditarik dari titik
A yang terletak di garis XY. Jawablah pertanyaan berikut ini. 

Jawaban :

(1) 

kunci jawaban matematika kelas 7 halaman 190 www.blogpedia.web.id

(2) ∠PAQ = ∠PAB + ∠BAQ
= 1/2 ∠BAX + 1/2∠BAY
= 1/2 x (∠BAX + ∠BAY)
= 1/2 x 180°
= 90°

3 ∆DBE merupakan bangun geometri yang dihasilkan ketika ∆ABC diputar 90°
berlawanan jarum jam dengan titik B sebagai pusat, seperti ditunjukkan
pada gambar di bawah ini. Gambarlah ∆FGH yang merupakan hasil refleksi
∆ABC terhadap garis l sebagai sumbu pencerminan. 

Jawaban :

kunci jawaban matematika kelas 7 halaman 190 www.blogpedia.web.id
4. Empat segitiga siku-siku sama dan sebangun diberikan pada gambar di
bawah ini. Titik O adalah titik tengah segmen garis AC, dan garis l
merupakan bisektor tegak lurus dari segmen garis CD. Jelaskan bagaimana
transformasi berikut ini dilakukan. 

Jawaban :

(1) Rotasi simetri titik dengan titik O sebagai
titik pusat putaran.

(2) Refleksi dengan garis l sebagai sumbu
releksi.

(3) Translasi dengan arah dari A ke F dengan
panjang AF, lalu releksi dengan FD sebagai
sumbu pencerminannya.

5. Sebuah ∆ ABC yang teletak pada bidang kartesius dengan koordinat
titik sudut A(1, 2), B(4, 1), C(3, 3).

Jawaban :

(1) Koordinat ∆DEF adalah D(-2,4), E(1,3), dan F(0,5).
(2) Koordinat ∆GHI adalah G(-2,1), H(-1,4), dan I(-3,3).

Penerapan

1. Lukis sudut dengan ukuran berikut ini. (1) 15° (2) 135°
(3) 105° 

Jawaban :

Silahkan lukis menggunakan cara yang telah diajarkan atau menggunakan busur.

2. Titik A berada pada keliling lingkaran yang berpusat di O,
seperti ditunjukkan pada gambar di samping kanan. Lukislah persegi ABCD
yang titik-titik sudutnya berada pada lingkaran. 

Jawaban :

1) Tariklah diameter yang melewati titik A,
kemudian titik perpotongannya dengan
lingkaran diberi nama C.
2) Tarik garis tegak lurus terhadap diameter
AC melalui O, dan jadikanlah titik
perpotongannya dengan lingkar menjadi B
dan D.
3) Hubungkanlah 4 titik A, B, C, D secara
berurutan. 

kunci jawaban matematika kelas 7 halaman 190 www.blogpedia.web.id

3. ∆DEF merupakan bentuk geometri yang dihasilkan ketika ∆ABC
dirotasi. Temukan titik pusat rotasi O dengan cara melukisnya.

Jawaban :

Jika menarik garis garis sumbu terhadap garis
BE dan CF yang menghubungkan dua titik yang
berkorespondensi, titik perpotongannya akan
menjadi titik pusat rotasi O.

kunci jawaban matematika kelas 7 halaman 190 www.blogpedia.web.id

Penggunaan Praktis

Tomi sedang bercerita tentang letak rumahnya sambil melihat peta berikut
ini bersama Yuni. Bacalah pembicaraan mereka, kemudian jawablah
pertanyaan.
(1) Temukan posisi rumah Tomi dengan cara melukis, dan tandai
posisi tersebut pada peta. 
(2) Dua kemungkinan letak rumah Yuni dapat
ditemukan. Kondisi apa yang perlu ditambahkan agar dapat ditemukan letak
rumah Yuni sebenarnya? Berikan contoh kondisi tersebut.

Jawaban :

(1) Jika menggambar garis tegak lurus
pada segmen garis AC dan BC,titik
perpotongannya adalah posisi rumah
Tomi (Bisa juga menggunakan AB, BC atau
segmen garis AB, AC)

(2) Jika mencari posisis rumah Yuni dengan
dengan cara melukis, maka seperti gambar
berikut, kemungkinan berada di dua titik Q
dan R. Oleh karenanya, misalnya, jika ditambahkan
kondisi seperti di bawah ini, maka dapat
ditentukan ke satu jalan.

– Lebih dekat ke SD dibandingkan SMP
→ titik Q

– Berada dalam jarak di bawah 1 KM dari
stasiun A

– Lebih dekat ke stasiun B dibanding
stasiun A → Titik Q

kunci jawaban matematika kelas 7 halaman 190 www.blogpedia.web.id

Terimakasih telah menemukan tentang Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 190 – 192 Kurikulum Merdeka

Leave a Comment