Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 109

Salam semangat Pelajar cerdas, kamu ada pekerjaan rumah dari ibu guru? Nah di blog ini kamu dapat menemukan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 109. baca penjelasan berikut ini hingga tuntas. Semoga PR kalian benar semua.

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 1
Halaman 109 Bab 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Hal 109 Uji Pemahaman Nomor A – C Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk
membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 10 di semester 1 halaman 109.

kunci jawaban ppkn kelas 10 halaman 109 www.kosingkat.id

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 109

a. Tulislah tanggapan kalian terkait dengan hubungan antarproduk
perundangundangan yang ada di Indonesia! 

Jawaban :

Hubungan antarproduk perundang-undangan di Indonesia sangat erat dan saling berkaitan. Beberapa produk perundang-undangan dapat mengatur hal-hal yang sama atau saling berhubungan satu sama lain. Misalnya, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) mengatur dasar-dasar Negara dan sistem pemerintahan, sementara undang-undang lainnya seperti UU Pendidikan Nasional, UU Keolahragaan Nasional, dan UU Persaingan Usaha mengatur bidang-bidang tertentu yang merupakan bagian dari sistem pemerintahan yang diatur dalam UUD 1945.

b. Berdasarkan pengalaman kalian, apakah hubungan berbagai jenis
perundangundangan saling mendukung, tumpang tindih, atau bahkan saling
menafikan? 

Jawaban :

Hubungan antar produk perundang-undangan dapat berbeda-beda, tergantung pada produk perundang-undangan yang dibahas. Ada produk perundang-undangan yang saling mendukung dan memperkuat satu sama lain, ada juga yang tumpang tindih dan menimbulkan konflik, dan ada juga yang saling menafikan.

Contohnya, produk perundang-undangan yang mendukung satu sama lain adalah UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Keduanya saling mendukung dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas di Indonesia.

c. Apa yang bisa kalian lakukan untuk mendorong hubungan antar
perundangundangan agar sinkron atau saling mendukung?

Jawaban :

– Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap produk perundang-undangan yang telah diterbitkan, untuk mengetahui apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan produk perundang-undangan lainnya.

– Menyelenggarakan musyawarah dan konsultasi publik sebagai mekanisme untuk mendapatkan -masukan dari masyarakat dan pihak terkait lainnya dalam proses pembuatan produk perundang-undangan.

– Membuat koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pembuatan produk perundang-undangan.

– Menyediakan akses yang mudah bagi masyarakat untuk mengetahui dan memahami produk perundang-undangan yang ada, melalui media sosial, website pemerintah, atau melalui program-program edukasi.

Terimakasih telah menemukan tentang Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 109

Leave a Comment