Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 57

Selamat datang Teman seperjuangan, kamu memiliki pekerjaan rumah dari ibu guru? Nah disini kamu dapat menemukan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 57. baca pembahasan dibawah ini sampai tuntas. Semoga tugas kalian benar semua.

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Semester 1
Halaman 57 Bab 1 Pancasila. Hal 57 Uji Pemahaman Nomor A – E Esai. Kunci
jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 11 di
semester 1 halaman 57.

kunci jawaban ppkn kelas 11 halaman 57

Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 57

a. Kemajuan teknologi memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan
berbangsa, terutama dalam penerapan Pancasila, jelaskan! 

Jawaban :

Teknologi dapat memiliki dampak positif dalam penerapan Pancasila karena dapat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, seperti dengan menyediakan akses informasi yang lebih cepat dan mudah, meningkatkan efisiensi dalam berbagai bidang, dan membantu dalam pembangunan ekonomi. Namun, teknologi juga dapat memiliki dampak negatif dalam penerapan Pancasila, seperti menimbulkan ketimpangan sosial dan ekonomi, meningkatkan polarisasi opini, dan memperkuat perbedaan yang ada. Selain itu, teknologi juga dapat mempermudah dalam penyebarluasan informasi yang tidak benar atau hoax, yang dapat menimbulkan kerusakan dalam masyarakat, sehingga harus diatur dengan baik dan diterapkan dengan bijak dalam penerapan Pancasila.

b. Sebagai warga negara Indonesia, bagaimana sebaiknya kita menyikapi
perkembangan teknologi? 

Jawaban :

– Menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab. Ini termasuk menghindari penyalahgunaan teknologi dan memastikan bahwa kita tidak menyakiti orang lain atau merusak lingkungan melalui penggunaan teknologi.
– Memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan teknologi dengan efektif.
– Memperhatikan aspek etika dan hukum dalam penggunaan teknologi.
– Memperkuat dukungan untuk pembangunan teknologi yang berkelanjutan dan inklusif

c. Sebagai pelajar, apa saja yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan
peluang penerapan Pancasila dalam kehidupan global? 

Jawaban :

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang penerapan Pancasila dalam kehidupan global antara lain:

1. Belajar dan memahami Pancasila sebagai dasar negara dan filosofi hidup bangsa Indonesia.

2. Mengembangkan kompetensi dalam ilmu dan teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan berkelanjutan sesuai dengan Pancasila.

3. Berpartisipasi dalam kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang Pancasila di kalangan teman sebaya dan masyarakat luas.

4. Belajar dan mengenal budaya dan norma sosial yang beragam di dunia dan menghormati perbedaan-perbedaan tersebut sesuai dengan Pancasila.

d. Apa saja tantangan yang dihadapi dalam penerapan Pancasila dalam
kehidupan global, serta bagaimana menghadapi tantangan tersebut? 

Jawaban :

Tantangan
Beberapa tantangan yang dihadapi dalam penerapan Pancasila dalam kehidupan global antara lain: Perbedaan budaya dan norma sosial di berbagai negara. Kendala dalam komunikasi dan pemahaman yang berbeda tentang Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Tekanan dari negara lain atau organisasi global untuk mengikuti norma dan standar yang berbeda. Munculnya perbedaan pendapat dan konflik dalam masyarakat dalam menerapkan Pancasila.

Cara Menghadapi
Untuk menghadapi tantangan tersebut, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain: Meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang Pancasila di kalangan masyarakat luas. Mengembangkan komunikasi yang efektif dan kerja sama dengan negara lain atau organisasi global untuk menyebarluaskan Pancasila. Menciptakan forum untuk diskusi dan dialog yang konstruktif untuk mengatasi perbedaan pendapat dan konflik. Mendorong partisipasi aktif dari masyarakat dalam proses penerapan Pancasila.

e. Sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia, bagaimana sebaiknya
sikap kita dalam menghadapi tantangan kehidupan global?

Jawaban :

Sikap yang baik dalam menghadapi tantangan kehidupan global adalah dengan melakukan tindakan yang bertanggung jawab dan berperan aktif dalam mengatasi masalah global, seperti perubahan iklim, pengungsi, dan kesenjangan ekonomi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi pemakaian sumber daya alam, mendukung program-program sosial, dan ikut serta dalam kampanye global untuk meningkatkan kesadaran akan masalah-masalah tersebut. Selain itu, juga penting untuk memperhatikan dan menghormati hak-hak asasi manusia dan menghormati perbedaan budaya.

Terimakasih telah membaca tentang Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 57

Leave a Comment