Cara Agar Populer di Instagram

Posted on
Cara Agar Populer di Instagram 1Instagram

Media Sosial ketika ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Posting sesuatu di media sosial sudah seperti kebutuhan hidup. Foto dan video apa saja diunggah, kegiatan apa saja ‘diumumkan’ di media sosialnya. Sampai ada yang menyiarkan langsung kegiatan bunuh dirinya di media sosial.

Masih segar di ingatan, ada selebgram (sebutan untuk selebriti yang terkenal di instagram) dengan nama sayan “Mimi peri” menjadi Duta Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Polres Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Entah apa yang menjadi alasannya, yang pasti pengangkatan Mimi Peri sebagai Duta Kamtibmas ini pun memunculkan reaksi pro kontra di kalangan netizen.

Banyak yang nyinyir dan menghujatnya, tidak sedikit juga yang memuji, ada juga yang menanyakan dasar keputusan pengangkatannya. Nasi sudah menjadi bubur, apapun reaksi netizen, mimi peri tetap menjadi duta kamtibmas. Satu hal yang menjadi perhatian kita adalah bagaimana popularitas di media sosial khususnya instagram (IG) memberikan efek. Tak heran banyak orang yang berusaha menjadi terkenal di IG, karena kalau sudah terkenal apapun bisa terjadi. Akun yang sudah terkenal bisa dipakai jualan dan hal lainnya yang bisa menghasillan rupiah.

Berikut ini beberapa cara supaya kamu bisa populer di instagram:

1. Buat User Name yang mudah diingat dan dikenali

User name (nama pengguna) adalah salah satu faktor utama supaya kamu bisa terkenal di instagram, terkecuali bila kamu sudah tenar sebelumnya seperti artis-artis masa kini. Nama akan mencerminkan konten yang akan kamu share di IG. Jika itu IG pribadi maka nama pengguna akan mencerminkan kepribadian kamu. User name yang unik dapat kamu pilih supaya menarik perhatian.

Jika kamu bingung menentukan username, coba berdayakan google search. Ketikkan “username generator” di pencarian google, maka akan muncul beberapa website yang dapat kamu gunakan untuk membantu menentukan user name di instagram. Setidaknya ada dua website yang dapat direkomendasikan yaitu:
http://spinxo.com/instagram-names dan http://namegenerators.org/username-generator/

Jika kamu menggunakan spinxo, kamu akan ditanyakan beberapa hal yang harus kamu input seperti nickname, kesukaan, hobi, kata-kata penting, dan angka favorit. Data-data ini akan digunakan sebagai acuan membuat username untuk kamu. Klik “SPIN” maka website akan memberikan 30 pilihan nama sekaligus. Klik lagi “SPIN” bila masih belum ada nama yang cocok.

2. Gunakan foto terbaik untuk profil kamu

Profile picture menjadi awal kesan pertama ketika orang lain melihat-lihat sayan kamu. Pastikan itu foto terbaik yang kamu punya, buatlah sekreatif mungkin dan semenarik mungkin. Kamu dapat menggunakan foto objek tertentu bila itu memang sesuai dengan tema konten IG kamu. Namun tetap disarankan untuk menggunakan foto wajah kamu sendiri, apalagi bila kamu cantik/ tampan. Gunakan kecantikan dan ketampanan kamu untuk menarik minat pengguna IG lain terhadap sayan kamu.

3. Pilih Tema Konten yang Spesifik

Pilih tema konten yang akan kamu share di IG, biasanya bila kamu punya tema spesifik akan lebih terkenal, di bidang tema tersebut. Akun gado-gado yang share konten apa saja biasanya tidak begitu menarik. Pikirkan terlebih dahulu, kenali diri kamu sendiri, apa hobi dan kegemaran kamu, dan yang penting kamu merasa senang ketika kamu share foto.

Misalnya kamu penggemar Airsoft Gun, pastikan foto dan gambar yang kamu upload sesuai dengan tema airsoft gun. Kontennya bisa apa saja selama masih berkaitan dengan tema. Kamu bisa upload foto dan video kegiatan sosialisasi airsoftgun di kampus kamu, kegiatan skirmish rutin, unit airsoft yang unik, unit airsoft yang akan rilis, dan sebagainya. Pastikan konsisten terhadap tema, sehingga ketika orang terpikirkan tentang airsoftgun, maka sayan kamu lah tujuannya.

Contoh lain bila kamu penggemar makanan dan gemar wisata kuliner, maka unggahlah foto yang berkaitan dengan makanan. Orang akan mengingat kamu sebagai culinary expert bila kamu konsisten mengunggah tentang makanan, dan akan mengunjungi sayan kamu bila teringat tentang makanan.

Cukup banyak contoh sayan tema yang populer, misalnya sayan penggemar atau pembenci selebritas tertentu, sayan gosip, sayan penggemar anime, sayan penggemar permainan tertentu, dan sebagainya. Jika kamu perhatikan sayan-akun tersebut mempunyai tema spesifik.

Satu hal yang harus kamu perhatikan, bila kamu memilih tema yang sudah populer, maka siap-siap untuk bersaing dengan sayan yang sudah terkenal lebih dulu.

4. Cantumkan keterangan yang relevan dengan konten yang kamu unggah

Ini terutama untuk video, biasanya orang enggan memutar video bila tidak dicantumkan caption yang menarik, karena hanya dianggap buang-buang kuota. Kamu bisa menggunakan kalimat-kalimat pemicu munculnya rasa ingin tahu orang. Gunakan kata-kata tertentu dan kombinasikan dengan penggunaan tanda baca dan penggunaan huruf kapital. Gunakan keterangan yang kreatif, unik, cerdik, dan relevan. Misalnya:

Contoh kalimat caption foto atau video spesifik dengan tema airsoftgun:

– Check this out! NEW release AEG KrissV! Bisa rof tinggi tanpa harus upgrade! 
– The MOST Expensive AIRSOFTGUN in the world! Harganya bisa setara moge!

Contoh kalimat caption foto atau video spesifik dengan tema makanan:

– ENAK BEEUD!! Soto ayam ini wajib kamu coba kalo kamu liburan di SURABAYA.
– Mie dilempar-lempar di tempat makan ini!! Tapi tetep aja banyak yang makan disini

5. Konsisten dengan tema spesifik

Beberapa kali disebutkan di atas supaya kamu menggunakan tema spesifik bila ingin terkenal di IG. Alasannya adalah untuk mendapatkan dan mengembangkan audiens dan komunitas khusus. Apalagi bila tema tersebut unik dan konten kamu tidak banyak dibagikan oleh sayan lain seperti kebanyakan tema populer. Buat para pengguna IG lain berpikir bahwa mereka tidak dapat menemukan konten yang kamu bagikan selain di sayan kamu, dengan begini mereka akan tetap setia menjadi follower kamu.


6. Gunakan kreativitas kamu

Instagram dilengkapi dengan filter-filter untuk memberikan efek-efek tertentu pada foto. Gunakan filter tersebut untuk membuat foto yang kamu unggah menjadi lebih menarik. Jika kamu tidak puas dengan filter yang tersedia pada instagram, kamu dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk edit foto. Cek Playstore atau App Store untuk mendapatkan aplikasi tersebut, atau gunakan aplikasi yang sudah ada di smartphone anda, seperti Photo Editor ataupun Studio.

Untuk membuat video pendek stop-motion kamu dapat menggunakan aplikasi “Boomerang from instagram”. Caranya sangat sederhana:
(1) Unduh dan install Boomerang from instagram
(2) Buka Aplikasi, semua kamera yang ada di smartphone kamu bisa digunakan.
(3) Tekan tombol shutter untuk memulai merekam video kamu, secara otomatis aplikasi akan mengambil 10 frame gambar dengan cepat.
(4) Video hasilnya bisa kamu share langsung ke Instagram.

Untuk membuat kolase foto kamu bisa menggunakan aplikasi Studio atau aplikasi “Layout form Instagram: Collage”. Caranya juga rata-rata sama, buka aplikasi, pilih beberapa foto atau ambil beberapa foto, lalu pilih gaya dan susunan kolase yang kamu suka. Selanjutnya hanya tinggal dibagikan di Instagram.

Jika kamu ingin membuat satu foto menjadi beberapa bagian, kamu bisa menggunakan aplikasi “Instagrid Grid for Instagram”. Caranya sebagai berikut:

(1) Unduh dan install Instagrids Grid for Instagram (Android)
(2) Buka Aplikasinya, lalu tap tombol gallery dan pilih gambar yang mau kamu potong.
(3) Selanjutnya akan muncul beberapa macam pilihan jumlah potongan (2×1, 2×2, 2×3, 3×1, 3×2, 3×3, 3×4, 3×5). Atur bagian mana yang akan dipotong dan sesuaikan supaya enak dipandang. Setelah selesai tekan Done.
(4) Untuk membagikan fotonya di Instagram, kamu harus upload foto tersebut sesuai dengan urutan yang diberikan oleh aplikasi supaya mendapatkan satu buah foto besar sempurna yang terdiri dari beberapa foto yang sudah kamu potong.

Cara Agar Populer di Instagram 2Instagrid

Untuk penyuntingan foto lebih lanjut, lebih rumit dan lebih berkualitas, kamu bisa menggunakan aplikasi Prisma, Aviary, Snapseed ataupun aplikasi di komputer seperti Photoshop, GIMP dan sebagainya. Foto edit memang bagus, tetapi pilihan tetap ada pada kreativitas kamu, kadang menggunakan foto natural tanpa edit bisa jadi lebih menarik.

7. Unggah Foto dan video terbaik kamu

Kamu dapat mengambil foto sebanyak mungkin, tetapi pilih yang terbaik yang akan diunggah ke Instagram. Tunjukan selesa seni kamu dan asah kemampuan fotografi kamu. Cobalah ambil foto dari berbagai sudut, kombinasikan dengan teknik zooming, kombinasikan warna dan pencahayaan, gunakan teknik foto makro atau gunakan latar belakang menarik.

Kamu harus fokus untuk menjaga kualitas konten yang diunggah, baik itu foto ataupun video. Lebih baik meluangkan waktu lebih banyak untuk membuat foto atau video yang memberikan kesan luar biasa, daripada unggah sebanyak-banyaknya konten tetapi biasa saja.

8. Buat Foto kamu bercerita

Gambar terkadang memberikan cerita yang lebih ketimbang tulisan. Kamu bisa menggunakan gambar kamu untuk bercerita. Tambahkan caption hanya untuk memberikan keterangan tambahan. Misalnya bila kamu seorang Wedding Planner, coba unggah beberapa foto dokumentasi persiapan acara pernikahan, mulai dari foto pasangan bertemu, persiapan pernikahan, foto ketika make-up, foto ketika ijab-kabul dan foto ketika berpesta.

Contoh lain adalah bila kamu perlu mendaki gunung, coba dokumentasikan petualangan kamu tersebut dan bagikan di Instagram. Sisakan sedikit sesuatu yang menarik supaya follower kamu penasaran kelanjutannya.

Demikian cara-cara supaya bisa populer di Instagram. Semakin unik dan menarik sayan kamu maka kamu akan mendapatkan lebih banyak follower. Semakin banyak unggahan kamu mendapatkan like maka follower kamu akan semakin setia dan bertambah.

Pada dasarnya untuk menjadi populer di Instagram membutuhkan waktu tertentu. Tidak semudah membalikan telapak tangan. Bersabarlah, bila kamu konsisten menjalankan cara-cara di atas jumlah follower kamu akan bertambah secara bertahap. Satu hal yang penting adalah kamu harus menyukai ‘bermain’ Instagram, merasa senang ketika bagian-bagian kehidupan pribadi tertentu menjadi konsumsi banyak orang.

Kamu dapat menambah follower sayan kamu dengan cara SFS, kependekan dari Shoutout for Shoutout, terkadang disebut dengan S4S. Shoutout for shoutout adalah ajang saling mempromosikan sayan Instagram diantara beberapa sayan Instagram.