Lainnya

Cara Lengkap Mengatasi Bau Kaki

Cara Lengkap Mengatasi Bau Kaki 1

Cara Lengkap Mengatasi Bau Kaki 2Sumber: pixabay.com

Bau kaki terkadang cukup menjengkelkan, dan sudah pasti membuatmu tidak percaya diri apalagi bila baunya menyengat dan tercium dari radius 5 meter. Penyebab bau kaki sebenarnya sederhana, yaitu kurangnya menjaga kebersihan kaki dan pengaruh bakteri. Kaki juga berkeringat, dan keringat ini menempel di kaus kaki yang mungkin kamu pakai selama berhari-hari tanpa ganti. Berikut ini cara-cara untuk menghilangkan bau kaki.

1. Ganti kaus kaki kamu

Jika kamu setiap hari memakai kaus kaki, sebaiknya sediakan kaus kaki agak banyak. Usahakan setiap hari ganti, dan jangan memakai kaus kaki yang sama selama berhari-hari. Jika tetap memaksakan pakai kaus kaki berhari-hari berarti kamu memberikan kesempatan kepada bakteri untuk berkembang di dalam kaus kaki kamu. Jika kamu punya tipe kaki yang selalu berkeringat, sebaiknya ganti kaus kakinya lebih sering, mungkin 3 kali sehari tergantung dari seberapa parah kaki kamu berkeringat.

2. Cuci kaki kamu setiap ada kesempatan

Kondisi lembab kaki di dalam kaus kaki ketika memakai sepatu akan mendukung berkembangnya bakteri. Inilah yang akan membuat kaki kamu bau busuk. Apalagi bila kaki kamu sering mengeluarkan keringat berlebih. Bayangkan saja, mungkin kamu bisa memakai kaus kaki lebih dari 12 jam setiap harinya. Mulai dari berangkat kerja pukul 7 pagi sampai pulang pukul 7 malam. Oleh karena itu, bila ada kesempatan lebih baik buka sepatu, buka kaus kaki dan cuci kaki kamu.

Bagi kamu yang muslim, setiap harinya ada kesempatan untuk mencuci kaki ketika mengambil air wudhu untuk Sholat. Saat kamu bekerja, setidaknya ada 4 kali kesempatan untuk sekalian membersihkan kaki dan mengeringkannya ketika akan sholat. Resiko kaki bau akan berkurang drastis bila kamu rajin membersihkannya.

3. Jangan memakai kaus kaki ketika kaki basah

Kaus kaki basah akan membuat kakimu bau. Bakteri akan berkembang lebih cepat, bau akan lebih menyengat bila kamu memakai kaus kaki ketika kakimu basah. Sebaiknya keringkan dulu kakinya baru lalu pakai kaus kaki.

4. Gunakan baking soda

Ada dua cara menggunakan baking soda, pertama adalah dengan menaburkan bubuk baking soda ke dalam sepatu kamu. Ini akan membantu mengurangi bau pada sepatu, dan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam sepatu.

Cara kedua adalah mengaplikasikan langsung bubuk baking soda untuk kaki kamu. Campurkan dua sendok baking soda dengan 1 liter air, lalu rendam kakimu selama 20 menit. Jika bau kaki sudah sangat parah, lakukan perendaman ini rutin selama 2 minggu, pada ketika sebelum tidur.

5. Teh celup

Ada dua cara menggunakan teh untuk menghilangkan bau kaki. Pertama dengan menghilangkan bau di sepatu kamu. Caranya cukup siapkan beberapa kantung teh celup, lalu masukan ke dalam sepatu untuk menyerap baunya. Cara kedua adalah dengan menyeduh teh tersebut, campurkan ke dalam 1 liter air, lalu tambahkan satu sendok garam, lalu rendamkan kaki selama 30 menit.

6. Cuka

Campurkan 100mL cuka ke dalam satu liter air hangat, lalu rendam kaki selama 15 menit untuk menghilangkan bau kaki. Cuka akan menghentikan pertumbuhan bakteri dan mencegah kaki berbau, Setidaknya dengan menggunakan cuka, akan secara instan menghilangkan bau kaki dengan menggantinya dengan bau asam.

7. Jahe

Siapkan beberapa ruas jahe, iris-iris Tips lalu didihkan di dalam air selama 30 menit. Lalu siapkan satu ember air, campurkan ekstrak jahe, dan rendam kaki bau selama 30 menit.

8. Gunakan kaus kaki berpori

Saat memilih kaus kaki sebaiknya gunakan yang berpori supaya kaki mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Ini juga menghindari keringat berlebih pada kaki.

9.  Jeruk nipis

Siapkan satu buah jeruk nipis ukuran sedang, gulir-gulirkan di permukaan keras, lalu belah dan peras, ambil sari jeruk nipisnya. Siapkan 1 liter air hangat lalu campurkan sari jeruk nipis tersebut, dan rendamkan kaki selama 20 menit. Jeruk nipis dapat menyingkirkan bau kaki dan juga mencegah infeksi jamur.

10. Deodoran

Kamu dapat menggunakan deodoran tidak hanya untuk ketiak tetapi juga untuk kaki. Deodoran mempunyai kandungan antiperspiran yang akan mengontrol keringat pada kaki. Namun sebaiknya tidak menggunakan deodoran bersamaan untuk ketiak juga untuk kaki, supaya tidak terjadi kontaminasi silang.

11. Ganti sepatu secara rutin

Sepatu juga harus dicuci dan dijaga kebersihannya. Jika perlu kamu dapat ganti sepatu setiap hari, karena bila memakai sepatu yang sama setiap hari, maka resiko bau kaki akan lebih besar.

12. Makan makanan yang mengandung zinc dan magnesium

Jika manusia mengalami defisiensi mineral zinc dan magnesium akan terjadi peningkatan bau di beberapa area tubuh. Nah untuk mencegahnya adalah dengan menjaga asupan mineral tersebut. Beberapa pilihan makanan yang mengandung zinc dan magnesium adalah daging sapi, yoghurt, ikan salmon, beras merah dan kacang almond. Namun sebelum mengonsumsi makanan tersebut sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah tubuh kamu alergi dengan itu.

13. Obat kumur

Obat kumur berguna untuk menghilangkan bau mulut dan mencegah bakteri berkembang di dalamnya. Nah atas dasar ini, obat kumur juga dapat digunakan untuk mencegah bau kaki dengan meredam perkembangan bakteri di kaki kamu. Caranya dengan mengoleskan kapas yang sudah direndam di dalam obat kumur.

Demikian cara untuk mengatasi bau kaki, semoga bermanfaat!
Klik label “health” untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan.