Cara Membersihkan Airsoft Gun dengan Mudah

Posted on
Cara Membersihkan Airsoft Gun dengan Mudah 1Keep calm airsoft is nor a crime, hobbies and games only

Airsoft gun sama seperti alat perlengkapan olahraga kamu lainnya, harus dibersihkan dan dirawat secara teratur. Ini untuk menjaga sayarasi, mengurangi resiko macet ketika dipakai, dan supaya tahan lama. Airsoft atau barang apapun akan cepat rusak bila tidak dirawat. Menurut beberapa referensi website, bila airsoft sudah melebihi 1000 tembakan BB maka harus dibersihkan.

Untuk AEG yang bisa menghabiskan setengah kantong BB setiap sukir, mungkin harus dibersihkan setiap selesai bermain, khususnya pada bagian laras. Sementara untuk GBB, maksimal dibersihkan setelah 3 kali sukir, atau setiap selesai bermain.

Berikut ini cara membersihkan airsoft gun dengan mudah, tidak perlu menjadi tuner, tidak perlu menjadi ahli terlebih dahulu untuk merawat airsoft gun kamu di rumah.

Bersihkan Bagian Luar

Siapkan kain yang lembut dan tidak ‘berambut’, biasanya kain katun, jangan memakai kain yang menyisakan ‘rambut-rambut’ halus ketika digunakan untuk melap airsoft. Kain pembersih khusus bisa dibeli di toko-toko peralatan. Sebelum di lap, lepaskan terlebih dahulu magazine, tempat baterai. Untuk bagian luar yang tidak terjangkau kain, bisa gunakan stik kapas (cotton buds).

Bersihkan Magazine

1. Cabut magazine dari unit dan bersihkan dengan kain pembersih yang tidak menyisakan rambut-rambut halus.
2. Gunakan cotton buds untuk menjangkau area-area sempit.
3. Teteskan pelumas silicon (pure) yang tidak mengandung petrol ke bagian-bagian yang bergerak.
4. Hati-hati ada beberapa jenis pelumas yang mengandung minyak bumi/ petrol karena dapat membuat bagian karet rusak. Ada juga beberapa jenis pelumas yang dapat merubah warna polymer/ ABS.

Bersihkan Laras (Barrel)

1. Saat akan membersihkan laras, maka hop-up harus diturunkan, bisa diintip dari lubang barel bila masih ada karet hop-up yang nongol berarti masih belum turun. Ini untuk mencegah karet hop-up sobek ketika dibersihkan karena terkena cleaning rod.
2. Siapkan cleaning rod, pastikan bersih dari debu dan pasang kapas/ kain pembersih.
3. Lalu teteskan sedikit pelumas pada laras, masukan cleaning rod dan mulai bersihkan laras.
4. Bersihkan laras (inner barrel) dengan gerakan maju-mundur serta memutarkan cleaning rod.
5. Keluarkan cleaning rod setelah dirasa cukup bersih, lalu ganti dengan kapas/kain pembersih baru.
6. Ulangi proses membersihkan laras ini 3-6 kali tergantung sebanyak apa kotoran yang ada pada inner barrel. Kalau saya biasanya membersihkan inbar setiap selesai bermain, jadi 3-4 kali juga cukup.
7. Kebersihkan laras ini sangat penting karena ratusan/ ribuan BB keluar dari inbar ini. Kotor sedikit maka sayarasi tembakan akan tidak karuan dan inbar akan lebih cepat tergores/ rusak.

Bagian-bagian paling mudah untuk dibersihkan hanya bagian luar unit, magazine serta laras. Bagian dalam seperti gearbox, dinamo, dan sebagainya membutuhkan pengalaman. Jika berani, Anda bisa bongkar sendiri, coba bersihkan sendiri, tapi lakukan dengan resiko sendiri,