Lainnya Teknologi

Cara Membuat Email Gmail Terbaru

Cara Membuat Email Gmail Terbaru 1

Cara Membuat Email Gmail Terbaru – Untuk bisa membuat sebuah alamat email Gmail yang baru, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun Google. Situs Email Gmail akan me-redirect halaman browser ke halaman registrasi akun Google. kamu harus memberikan beberapa data pribadi mengenai informasi biodata diri, antara lain: nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lokasi tempat tinggal. kamu juga akan perlu memilih sebuah nama username untuk alamat Gmail baru kamu. Setelah kamu membuat Google account, kamu akan bisa menambahkan daftar kontak alamat email keluarga, teman, rekan, atau relasi kamu, serta menyesuaikan pengaturan email Gmail kamu.

Akun email Gmail adalah akun email berbasis web di mana email disimpan di server milik Gmail yang terkoneksi dengan jaringan internet bukan pada komputer kamu. Email bisa menjadi pilihan yang fleksibel untuk menyimpan data-data penting yang kamu miliki karena kamu bisa mengakses dan membuka email dari komputer manapun yang terhubung dengan internet, misalnya: di kafe atau warnet internet langganan kamu. supaya kamu bisa sign in dan menggunakan sebuah akun Email Gmail, maka sebelumnya kamu harus melakukan register atau registrasi Email Gmail terlebih dahulu. Untuk itu kami telah membuat sebuah panduan mudah dan cepat sign up atau mendaftar akun Email Gmail pada artikel ini.

Dengan menggunakan email Gmail kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan ruang untuk penyimpanan semua dokumen dan data-data penting lainnya, karena tersedia 15 GB free storage dan bila akun kamu adalah untuk kepentingan kerja atau sekolah, maka kapasitas penyimpanan yang kamu bisakan adalah sebesar 30 GB. Untuk mengecek berapa sisa kapasitas penyimpanan email Gmail kamu, silahkan cek melalui akun Google Drive kamu. bila kapasitas penyimpanan kamu telah mencapai batas maksimal, kamu bisa melakukan upgrade sesuai dengan kebutuhan kamu. Masih ada banyak lagi kelebihan email Gmail dibandingkan dengan layanan email gratis lainnya, seperti aplikasi Gmail untuk smartphone atau tablet Android. Ini adalah keunggulan dan kelebihan Gmail yang mempunyai berbagai macam mode untuk mengaksesnya, karena tidak hanya berbasis web desktop, namun juga dalam bentuk aplikasi mobile Android, iOS, dan Windows Phone.

Kini hampir semua orang mempunyai setidaknya sebuah akun email gmail, apalagi bila mereka menggunakan smartphone atau tablet Android. Dengan sebuah akun Gmail atau akun Google, maka kamu bisa memanage sebuah HP Android yang kamu miliki. Dengan melakukan set up gmail pada ponsel Android, maka akan tersedia layanan untuk menerima email pada handset Android kamu. Selain itu akan lebih mudah untuk melakukan sinkronisasi data seperti kalender dan kontak ke ponsel Android kamu. Layanan email gratis Gmail telah mengalami jumlah peningkatan popularitas secara mengagumkan dan signifikan sejak pertama kali diperkenalkan ke pengguna internet pada tahun 2004.

Dengan menurunnya jumlah pengguna email Yahoo!Mail, AOL, dan Hotmail, maka semakin banyak orang yang beralih menggunakan layanan email Gmail yang merupakan salah satu produk dari Google. Membuat akun email Gmail sangat cepat dan mudah, selain itu akun Gmail terintegrasi dalam satu akun Google yang menyediakan kamu fitur untuk mengakses produk Google lain seperti Blogspot, Google Plus, Play Store, YouTube, Hangouts, Google Map, dan Google Drive. kamu juga tidak perlu cemas akan kehilangan akun Gmail karena dihapus atau expired setelah berbulan-bulan tidak login / sign in, karena email Gmail berlaku selamanya walaupun kamu tidak pernah membuka email Gmail selama bertahun-tahun lamanya.

Beberapa waktu yang lalu pendaftaran email Gmail hanya bisa dilakukan melalui invitation dari seseorang yang mempunyai akun web Google yang telah diverifikasi. Tapi aku ingin menyampaikan sebuah kabar baik bahwa aturan ini telah berubah, sehingga memungkinkan siapa pun juga untuk mendaftar Gmail secara langsung dengan beberapa fitur terbatas. Tenang saja, fitur email Gmail tetap sama, yang membedakan kamu tidak bisa mengakses akun Google lainnya dengan menggunakan satu alamat email.

kamu bisa membuat akun email Gmail melalui akun Google bila salah satu sudah ada, atau dengan menyelesaikan proses pendaftaran sederhana Gmail dengan cepat dan mudah. Di bawah ini adalah tutorial lengkap yang akan menunjukkan langkah demi langkah cara membuat akun Gmail dan memulai pengalaman baru kamu dalam dunia email berbasis internet.

Cara Membuat Email Gmail Terbaru 2

Cara Mudah dan Cepat Membuat Email Gmail Terbaru

Sekarang kita masuk ke tahap inti untuk membuat email Gmail. Sebelumnya siapkan dulu 1 buah nomor HP untuk memperoleh pesan SMS yang berisi kode verifikasi dari Gmail. Nomor telepon ini juga berguna bila sewaktu-waktu kamu membuka atau login melalui koneksi internet dengan IP yang berbeda. Pihak provider Gmail akan secara otomatis mengirimkan kode verifikasi bila kamu mengakses Akun Gmail kamu dari komputer, laptop atau ponsel yang tidak biasa kamu gunakan untuk login akun Email Gmail kamu. Untuk password, kami sarankan untuk membuat kombinasi dari karakter huruf besar, huruf kecil, simbol dan angka. Hal ini memiliki tujuan supaya akun email Gmail kamu lebih kuat dan aman dari tindakan peretasan yang ingin mencuri akun Email Gmail milik kamu. Satu lagi tips penting yang harus kamu lakukan adalah membuat 2 akun email gmail, sehingga kamu bisa mengisi fitur “Recovery Email” dengan email gmail lainnya. Cara ini sangat berguna bila kamu lupa password email Gmail kamu.

Cara mendaftar akun email Gmail:

  1. Pertama silahkan Kunjungi halaman Create Google Account.
  2. Cara Membuat Email Gmail Terbaru 3
  3. Masukkan nama pertama dan terakhir kamu pada kolom “Name”.
  4. Cara Membuat Email Gmail Terbaru 4
  5. Ketik username sesuai dengan yang kamu inginkan pada kolom “Choose your username”. Alamat email Gmail kamu akan menjadi username diikuti oleh “@gmail.com”. Contoh: bila username Gmail kamu adalah “contohusername”, maka alamat Gmail kamu akan menjadi “[email protected]”.
  6. Email Gmail memungkinkan kamu untuk mengecek dan mengetahui apakah nama pengguna yang kamu inginkan masih tersedia atau sudah digunakan orang lain, coba untuk memasukkan username yang diinginkan berbeda pada “Choose your username” atau klik salah satu proposal dengan notif “Available”.
  7. Kemudian Ketik password yang ingin digunakan untuk akun email Gmail kamu pada kolom “Create a password” dan setelah password kamu sesuai peryaratan silahkan isikan password yang sama pada kolom “Confirm password”.
  8. Pilih menu dropdown ada kolom “Birthday” dan masukkan tanggal lahir kamu.
  9. Selanjutnya pilihlah jenis kelamin kamu, pilih laki-laki atau perempuan.
  10. Opsional, masukkan nomor ponsel kamu yang masih aktif pada kolom “Phone Cell” untuk mendapatkan kode verifikasi akun dan otorisasi melalui pesan SMS. Sistem keamanan Gmail akan mengirimkan pesan teks atau SMS bila kamu membuka gmail pada koneksi internet yang tidak biasa. Hal ini memiliki tujuan untuk melakukan verifikasi dan konfirmasi pada pemilik akun Gmail yang asli, sehingga tidak terjadi penyalahgunaan akun email Gmail oleh orang yang tidak bertanggungjawab. walaupun ini penting tapi kamu tidak wajib mengisi kolom nomor telepon ini pada ketika mendaftar akun email Gmail.
  11. Opsional, berikutnya masukkan alamat email pada kolom “Your current email address”, alamat email sekunder atau cadangan ini bisa digunakan untuk mengembalikan password yang lupa. kamu bisa menggunakan alamat email selain Gmail untuk mengisinya. Tapi ini bukan sesuatu yang wajib kamu lakukan, kamu tidak harus mengisi kolom “Secondary Email Address” untuk membuat akun Gmail.
  12. Langkah berikutnya adalah mengetik karakter dalam gambar captcha pada bagian “Prove you’re not a robot”.
  13. Pilih negara atau lokasi pada bagian “Location”.
  14. Baca persyaratan Google untuk melayani Gmail.
  15. Pastikan untuk mencentang check box “I agree to Google Terms of Service and Privacy Policy”.
  16. Cara Membuat Email Gmail Terbaru 5
  17. Tekan Tombol “Next”
  18. Kemudian pencet tombol “Next” lagi.
  19. Terakhir klik tombol “Continue to Gmail”.

Sesaat setelah registrasi akun email Gmail selesai dilakukan, maka otomatis kamu akan sign in pada dashboard email Gmail. berikutnya kamu bisa mencoba untuk sign out dari Gmail, silahkan pencet menu yang berada pada pojok kanan atas dan tekan tombol sign out.

Tips Dan Trik Email Gmail Lengkap

Berikut ini adalah daftar tutorial, tips, dan trik panduan Email Gmail lengkap dan terbaru, supaya kamu semakin mudah untuk mencari tutorial yang kamu butuhkan. Indeks artikel tutorial email Gmail ini telah kami kelompokkan berdasarkan kategorinya masing-masing.