Cara Membuat Privacy Policy dengan Mudah

Posted on

Privacy Policy adalah sebuah dokumen yang menjelaskan beberapa informasi mengenai pengelolaan blog atau situs, karena itulah laman privacy policy ini wajib dipunyai oleh blogger/ pemilik situs yang berniat masuk ke bisnis online. Privacy policy ini dapat kamu buat sendiri sesuai dengan ketentuan, tetapi karena cukup merepotkan, banyak yang memakai jasa pembuatan privacy policy secara online dan gratis.

Jika kamu menemukan banyak privacy policy di blog/ situs lain menggunakan bahasa inggris, artinya blogger/ pemiliki situs tersebut menggunakan jasa pembuatan privacy policy berbahasa inggris. Seperti yang akan dijadikan contoh berikut ini, yang menggunakan situs privacypolicyonline untuk membuat privacy policy.

Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Buka web privacy policy online, dan isi form seperti di bawah ini:

Cara Membuat Privacy Policy dengan Mudah 1Privacy Policy 

Isi semua yang dibutuhkan untuk privacy policy:
– Your Site Title, isi  dengan nama blog Anda
– Your Site URL, isi dengan alamat blog Anda dibawahnya
– Contact link, isi dengan halaman Contact Us yang telah Anda buat. Oleh karena itu, ada harus membuat Laman Contact Us terlebih dahulu sebelum membuat ptiva
– Email address, isi dengan alamat email Anda (email yang kamu gunakan untuk blog)
– Cookies, pilih “Yes, My Site uses cookies”
– Advertisers on your site, pilih layanan iklan yang kamu pakai, bila awal-awal cukup Google Adsense, seandainya kamu sudah deal dengan suatu advertiser tertentu, tinggal ditambahkan.

2. Klik Generate Policy, maka akan muncul privacy policy anda, seperti berikut ini contohnya:

Cara Membuat Privacy Policy dengan Mudah 2Generated Policy

3. Setelah kamu mendapatkan skrip privacy policy, kamu dapat langsung copy-paste ke laman privacy policy blog kamu (menu compose), tetapi biasanya agak sedikit berantakan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk “generate HTML for this page”, setelah itu kamu akan mendapatkan privacy policy dalam bentuk HTML, ini yang sebaiknya kamu copy.

4. Selanjutnya, buka dashboard blog anda, masuk ke Laman Baru, beri judul “Privacy Policy” atau judul lain yang sesuai. Pilih yang bagian HTML, lalu paste privacy policy yang tadi kamu copy. Jika kamu mendapatkan notifikasi, “Laman ini berisi sumber daya HTTP yang dapat….“, untuk mengatasinya, cara termudah adalah save privacypolicyseal.png di drive kamu lalu upload secara manual.

Cara Membuat Privacy Policy dengan Mudah 3Notifikasi kesalahan karena adanya campuran HTTP dan HTTPS

5. Langkah berikutnya tinggal kamu publikasikan.

Terima kasih, demikian cara membuat privacy policy dengan mudah.
Semoga bermanfaat