Lainnya

Cara Memindahkan Aplikasi ke External Storage

Cara Memindahkan Aplikasi ke External Storage 1

Bagi kamu yang mempunyai smartphone dengan spesifikasi pas-pasan tentu berang bila internal storage kamu cepat sekali penuhnya, belum lagi ditambah dengan lelet karena internal storagenya terlalu penuh. Berikut ini cara untuk memindahkan aplikasi ke external storage di HP android.

1. Masukan SD card/ mini SD card ke smartphone anda. Jika sudah ada maka langsung ke langkah yang kedua.

2. Buka menu setting seperti di bawah ini, dan pilih “application”. Lokasi setting dan application ini tergantung dari HP anda. Ada beberapa yang menyediakan langsung application manager.

Cara Memindahkan Aplikasi ke External Storage 2Cara Memindahkan Aplikasi ke External Storage 3
3. Pilih menu “application manager”, maka akan muncul berbagai macam aplikasi yang telah kamu install. Langsung geser ke kanan, ke menu “SD Card”. Di sini berisi beberapa aplikasi yang dapat dipindahkan ke SD Card (External Storage). Jika tidak ada di menu “SD Card”, maka aplikasi tersebut tidak dapat dipindahkan ke external storage.

Cara Memindahkan Aplikasi ke External Storage 4Application Manager di android

4. Pilih salah satu aplikasi yang akan dipindahkan ke external storage, akan muncul “application info”. Jika dapat dipindahkan ke external storage maka tulisan “MOVE TO SD CARD” akan muncul dan jelas, tetapi bila tidak dapat dipindahkan tulisan “MOVE TO SD CARD”-nya akan terlihat abu-abu, tidak jelas.

Cara Memindahkan Aplikasi ke External Storage 5File masih berada di device storage
Cara Memindahkan Aplikasi ke External Storage 6File sudah berada di sc card/ external storage

5. Jika sudah selesai memindahkan aplikasi, kamu bisa mengecek ukuran aplikasi tersebut. Saat belum dipindahkan, total aplikasinya 45.69MB dengan detail 44.75MB + 0.91MB di internal storage, dan 32KB di SD Card. Setelah dipindahkan ke SD Card, sebesar 34.69MB telah dipindahkan ke SD Card, sementara sisanya tetap di internal storage karena walau bagaimana pun, beberapa system file vital tidak dapat dipindahkan ke external storage supaya aplikasi tersebut tetap bisa berjalan.

Demikian cara memindahkan aplikasi ke external storage, semoga bermanfaat.