Cara Mengatasi Perut Buncit

Posted on
Cara Mengatasi Perut Buncit 1Sumber : pixabay.com

Perut buncit disebut juga obesitas sentral, terkadang bagian tubuh lain normal/ kecil tetapi hanya perutnya saja yang buncit. Penyebabnya adalah penumpukan lemak pada bagian perut. Ini tentu cukup memalukan karena bila hanya perutnya saja yang buncit jadi seperti orang yang cacingan.

Cara mengatasi perut buncit sebenarnya sederhana yaitu dengan olahraga teratur, kurangi kebiasaan makan makanan berlemak dan ngemil malam hari, kurangi porsi makanan tertentu nasi misalnya. Walaupun caranya sederhana tetapi agak sulit dilakukan karena butuh komitmen yang kuat.

Beberapa kebiasaan buruk dapat menyebabkan perut buncit, maka sebaiknya rubah kebiasaan-kebiasaan tersebut, yaitu dengan cara:
1. Kurangi ngemil pada malam hari sebelum tidur.
2. Jangan makan malam lebih dari jam 7 malam.
3. Jangan langsung tidur setelah makan besar, karena makanan akan tidak dapat tercerna dengan baik.
4. Hindari mengonsumsi alkohol.
5. Cuci tangan dulu sebelum makan, untuk menghindari buncit karena cacingan.
6. Kurangi porsi nasi, terkecuali bila Anda bekerja dengan mengandalkan fisik dan membutuhkan karbohidrat dalam jumlah besar.
7. Kurangi minuman dingin, sebaiknya perbanyak minuma hangat, termasuk air putih hangat.
8. Olahraga teratur khususnya olahraga yang fokus terhadap otot perut.

Olahraga tertentu dapat memfokuskan untuk mengecilkan perut, beberapa gerakan di bawah ini mudah untuk dilakukan di rumah dan tidak perlu keluar biaya tambahan. Lakukan secara teratur dan rutin setiap hari.

1. Sit up

Cara Mengatasi Perut Buncit 2Sit up

Gerakan sit up akan membentuk otot pada perut semakin kencang, sedikit demi sedikit akan menghilangkan lemak di perut buncit. Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk menahan kaki ketika Anda berusaha menarik tubuh ke depan. Jika tidak memungkinkan untuk meminta bantuan, coba tekuk kaki Anda ketika sit up. Lakukan beberapa variasi gerakan sit up, misalnya dengan menyimpan tangan di depan dada, atau meluruskan tangan ke atas.

2. Back-up

Gerakan ini kebalikannya dari sit up, tetapi sama-sama fokus pada perut. Lakukan back up dengan posisi tengkurap, posisikan tangan di belakang kepala. Kemudian angkat badan bagian atas dengan tumpuan perut. Lakukan beberapa kali hitungan.

3. Sikap lilin

Sikap lilin ini biasanya dilakukan ketika yoga. Baringkan tubuh kamu di lantai datar, lalu angkat kaki kamu ke atas dengan menggunakan otot di bagian bawah, pertahankan supaya kaki tetap lurus. Lalu angkat sampai bagian perut Anda juga terangkat, tahan pinggang dengan kedua tangan, sehingga siku tangan membentuk segitiga. Tahan selama 8-30 hitungan, lakukan beberapa kali. Jika sulit melakukan sikap lilin, minta bantuan orang lain untuk mengangkat kaki Anda.

4. Abs crunch

Gerakan ini seperti sit up, tetapi tidak sampai mengangkat penuh tubuh bagian atas. Baringkan badan, posisikan tangan seperti angka 11 di depan dada. Kemudian angkat badan bagian atas dengan tumpuan perut sampai setengah terangkat. Lakukan beberapa kali hitungan dalam 1 set, sekuatnya. Istirahatkan otot perut diantasa beberapa set hitungan tersebut.

5. Plank

Cara Mengatasi Perut Buncit 3Plank

Plank ini mirip seperti push up tetapi tidak digerakan. yaitu dengan berbaring tengkurap di permukaan lantai datar, tahan badan dengan menggunakan lengan. Kepalkan tangan dan posisikan sejajar dengan siku, ini yang menjadi tumpuan badan Anda. Kemudian posisikan badan lurus, dan tahan posisi tersebut selama 30 hitungan atau sekuatnya. Istirahat diantara set hitungan.

Gerakan-gerakan olahraga di atas ini terlihat cukup sederhana, tetapi bila dilakukan maksimal akan memberikan hasil yang maksimal juga. Lakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan-gerakan di atas ini. Jangan lupa juga untuk konsultasi kepada personal trainer atau dokter terlebih dahulu (bila Anda mempunyai riwayat kesehatan tertentu), ini untuk menghindari cedera ketika latihan.

Olah raga di luar rumah juga dapat menjadi pilihan untuk mengatasi perut buncit, jogging, bersepeda, dan sebagainya. Ingat bahwa untuk mengurangi lemak tidak ditandai dengan banyaknya keringat, tetapi ditandai dangan napas Anda. Singkatnya kalau Anda ngos-ngosan berarti lemak Anda sedang terbakar.

Demikin cara untuk mengatasi perut buncit, semoga bermanfaat! Klik label “Health” untuk mendapatkan artikel seputar kesehatan, dan bagikan ke teman Anda bila bermanfaat.