Lainnya

Cara Mengganti Template Blog #blogger.com

Cara Mengganti Template Blog #blogger.com 1

Cara Mengganti Template Blog #blogger.com 2ilustrasi kode html

Template Blog merupakan salah satu hal yang vital dalam membangun sebuah blog. Template blog menentukan bagaimana tampilan blog tersebut di mata para pembaca. Template yang berat, bertele-tele, kebanyakan aksesoris tentu akan sangat mengganggu. Tampilan blog yang bagus, enak dipandang, nyaman dilihat, akan mempengaruhi jumlah pengunjung blog, dan turut menentukan seberapa lama pembaca jalan-jalan di blog anda. Blog ini juga sempat mengalami beberapa kali perubahan template. Seiring berjalannya waktu, mempelajari hal baru dalam hal blogging akhirnya menemukan juga template yang cocok.

Template dalam blog merupakan dasar pembentukan tampilan pada blog, yang terdiri dari serangkaian kode-kode html/ script/ javascript dan CSS. Extension file untuk template ini adalah .xml. 
“XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.” (wikipedia.com)
Template blogger sangat banyak sekali sumbernya, kamu bisa googling dengan keyword “free template blogger” akan muncul beberapa web penyedia template blog, dengan jumlah pilihan template ratusan atau bahkan ribuan. Anda bisa juga menggunakan template bawaan dari blogger.com, tergantung selera. 
Berikut ini cara mengganti template blog di blogger.com:
1. Download template blog yang kamu inginkan, bila baru diunduh biasanya tidak mempunyai extension xml, tapi masih berbentuk file compact (.rar, .zip.). Gunakan winzip, winrar, atau 7zip untuk mengekstraknya. Cari file yang mempunyai extension .xml, (misalnya coolbangettemplet.xml) file ini yang akan di upload ke blog anda.

2. Login ke blogger.com, di dashboard kamu pilih menu Template, lalu langsung ke menu Cadangkan/ Pulihkan, atau Backup/ Restore (tergantung bahasa yang kamu pakai dalam settingan blog)

Cara Mengganti Template Blog #blogger.com 3Backup and restore

3. Langkah di nomor 1, terlebih dahulu lakukan back up template yang ketika ini kamu pakai. Pilih Unduh Template/ Download Template, kemudian simpan dengan aman template kamu ini sebagai cadangan. Seandainya template baru nanti malah bikin berantakan, kamu bisa restore template memakai template terakhir kamu ini.

Cara Mengganti Template Blog #blogger.com 4pilih cadangan terlebih dahulu Cara Mengganti Template Blog #blogger.com 5pilih file yang berekstensi .xml

Selanjutnya, langkah di nomor 2, klik Choose File, pilih template yang akan kamu pakai dan pastikan filenya berextension .xml. Setelah itu, baru klik Unggah.

4. Setelah diunggah maka tampilan blog kamu akan langsung berubah. Untuk melihatnya, kamu dapat langsung menekan tombol Lihat Blog, yang berada di pojok kiri di bawah nama blog anda.

Cara Mengganti Template Blog #blogger.com 6tampilan blog dengan template baru 

5. Apabila kamu baru saja memulai membuat blog, tampilan tidak akan berubah drastis. Namun apabila kamu sudah pernah melakukan beberapa perubahan, pernah menambahkan widget, maka setiap ganti template baru, kemungkinan besar akan berantakan. Maka perlu kamu rapikan di menu Tata Letak.

6. Anda harus benar-benar membaca dan memahami template yang akan kamu pakai. Apabila templatenya sudah responsive maka kamu lebih baik menonaktifkan tampilan di perangkat seluler, karena akan lebih baik menggunakan tampilan berdasarkan template yang telah kamu upload. Namun, apabila ternyata template-nya belum responsive maka lebih baik tampilan di perangkat seluler tetap aktif. Berikut ini caranya:

Cara Mengganti Template Blog #blogger.com 7Template di perangkat seluler

Anda jangan terjebak dengan kalimat di dua opsi tersebut, pilihan Ya dan Tidak seolah-olah tidak ada bedanya. Pada intinya, maksud Ya pada opsi pertama adalah, kamu menggunakan template standar seluler dengan menggunakan template dari blogger untuk tampilan di perangkat seluler (bukan dari template yang kamu upload). Sementara maksunya Tidak pada opsi kedua adalah kamu menggunakan template yang telah kamu upload untuk tampilan di seluler. Baik di PC ataupun perangkat seluler kamu memakai template yang telah kamu upload.

Demikian Cara Mengganti Template Blog, semoga bermanfaat. Pembahasan lain mengenai cara merapikan blog akan di bahas di artikel lain.