Cara Menghemat Quota Pada Aplikasi WhatsApp

Posted on
Cara Menghemat Quota Pada Aplikasi WhatsApp 1Aplikasi WhatsApp pada smartphone

Sepertinya kita semua pernah mengalami kondisi ketika smartphone mendadak tidak bisa menerima atau mengirim pesan, dan nyaris semua aplikasi berhenti karena koneksi data tidak ada. Cukup menyebalkan karena ketika dicek ternyata quota data habis. Tambah menyebalkan ketika mengecek internal storage ternyata sudah nyaris penuh karena banyak sekali data yang menumpuk dari aplikasi chatting anda, salah satunya WhatsApp. Setelah kamu telusuri ternyata sangat banyak gambar dan video yang dibagikan anggota chat di Chatting Group yang kamu ikuti, dan semuanya autodownload.

Berikut ini cara setting dalam aplikasi WhatsApp supaya file media tidak langsung di download. Anda dapat memilih untuk mengunduhnya melalui chat room. 
Cara Menghemat Quota Pada Aplikasi WhatsApp 2WhatsApp Setting

Masuk ke Setting lalu Data Usage, kamu akan menemukan menu seperti di bawah ini:
Cara Menghemat Quota Pada Aplikasi WhatsApp 3Setting Data Usage

Pada Menu Data Usage ini, kamu dapat mengatur apa saja yang dapat diunduh secara otomatis oleh WhatsApp, apakah itu Photos, Audio, Videos, atau Documents. Ada 3 pilihan, ketika menggunakan mobile data (menggunakan paket data dari provider), ketika disambungkan ke WiFi dan ketika roaming. Lebih baik tidak ada media yang diunduh secara otomatis, selain untuk menghemat quota, juga menghemat source storage. WhatsApp menggunakan internal storage sebagai tempat penyimpanan default. Jika kamu memilih untuk auto-dowload maka internal storage kamu akan cepat penuh, apalagi bila internal storage kamu hanya 8GB.
Pengaturan data usage ini cukup berguna, apalagi bila kamu tergabung ke beberapa chatting group, dimana anggota di dalamnya dapat dengan bebas sharing media. Foto-foto dan video-video yang kadang tidak penting akan memenuhi internal storage bila kamu tidak mengaturnya.