Lainnya

Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anda

Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anda 1

Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anda 2Learning is a Never Ending Process

Belajar adalah sebuah proses tanpa akhir, Einstein bahkan mengatakan “once you stop learning, you stop dying”. Ini menunjukan pentingnya belajar, supaya dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki masing-masing individu. Salah satu potensi terbesar adalah dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa kita, termasuk bahasa inggris.

Di era komunikasi global ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi syarat mutlak supaya kita dapat berkembang di dalamnya. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang menjadi penghubung komunikasi setiap bahasa di dunia. Misalkan kamu jalan-jalan ke luar negeri dan tidak bisa bahasa lokal, maka kamu dapat menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi.

Dalam sudut pandang karir dan pekerjaan pun dibutuhkan kemampuan bahasa ini. Berbisnis tidak hanya melulu dengan orang lokal. Jika ingin berkembang maka harus melebarkan sayap jaringan pertemanan. Banyak perusahaan di dunia, terutama yang sudah berkala internasional, menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa utama untuk berkomunikasi di dalamnya.

Tidak heran, ketika ini banyak orang yang beranggapan bila bisa menggunakan bahasa inggris dapat meningkatkan kehidupan pribadi dan karir. Kemampuan menguasai bahasa inggris secara profesional dapat memberikan nilai positif ke dalam berbagai aspek dalam kehidupan anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, supaya tidak hanya mengerti tulisan juga dapat mengerti lisan, dan berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan lancar.

Belajar Berbahasa Inggris dengan Menggunakan Berbagai Sumber

Saat ini internet adalah sumber terbaik untuk mempelajari bahasa inggris, nyaris tidak terbatas. Koran elektronik, majalah elektronik, audio learning, grammar learning, film, game, website belajar bahasa inggris tertentu, dan sebagainya. Carilah sumber terbaik, dan pilih yang paling cocok dan bermanfaat untuk anda. Hebatnya semua sumber tersebut bisa kamu dapatkan secara gratisan. Anda bisa memilih tidak hanya satu sumber bila ada waktu luang.

Biasakan keseharian kamu bersentuhan dengan bahasa inggris, misalnya atur bahasa smartphone dalam bahasa inggris, install aplikasi kamus di smartphone, membaca berita berbahasa inggris, dan sebagainya.

Sumber lainnya adalah buku dan kamus, kamu bisa mempelajarinya otodidak ataupun mengambil kursus tertentu. Mengambil kursus bahasa inggris juga dapat menjadi pilihan terbaik. Walaupun membutuhkan biaya, tetapi cara ini merupakan cara mudah dan efektif untuk bersosialisasi dengan menggunakan bahasa inggris. Namun tetap jangan tergantung hanya dengan pelajaran di kelas saja, asah juga kemampuan dari sumber-sumber lain.

Kesempurnaan Bahasa dengan Latihan

Berbagai cara dapat kamu lakukan untuk melatih kemampuan bahasa inggris anda. Misalnya dengan membiasakan ‘ngobrol’ bahasa inggris dengan teman atau rekan kerja anda, atau membiasakan ngobrol di keluarga dengan bahasa inggris. Lebih jauh kamu dapat mencari teman chatting dari luar negeri, atau join sebuah forum yang kamu sukai tetapi dengan basis bahasa inggris.

Tingkatkan Vocabulary

Vocabulary adalah kumpulan kosakata dalam bahasa inggris, tidak hanya tahu tulisannya tapi juga harus tahu cara membaca dan paham artinya. Vocabulary kamu dapat disebut meningkat bila semakin banyak kata dalam bahasa inggris yang dapat kamu tulis, sebutkan dan pahami. Maka pelajari minimal satu kata setiap harinya, satu kata tersebut dapat mempunyai banyak sinonim dengan perbedaan kapan dan dimana kata tersebut lebih cocok digunakan. Semakin meningkat vocabulary kamu maka bahasa inggris kamu akan semakin bagus

Tonton Film Berbahasa Inggris atau Bermain Game

Film dan game adalah cara yang menyenangkan untuk belajar berbahasa inggris, dengan catatan tetap serius belajar meskipun santai. Sediakan kamus ketika menonton film ataupun bermain game. Pilihlah film yang menggunakan bahasa inggris yang berkualitas dan memang bisa menjadi sarana untuk belajar, bukan film dengan banyak faktor “f” ataupun film dengan minim dialog.

Anda dapat menggunakan fungsi subtitle berbahasa inggris bila masih tahap awal. Untuk tahap lebih sulit matikan fitur subtitle dan coba dengarkan dan pahami dialog di dalamnya. Sesekali pause film lalu coba mengucapkan dialog-dialog dalam film tersebut. Ini berguna untuk meningkatkan kemampuan listening dan speaking bahasa inggris anda.

Tidak semua game dapat kamu jadikan tempat untuk belajar bahasa inggris. Untuk pemula (misalnya untuk anak anda) dapat belajar dari game-game kecil yang melatih pemahaman vocabulary. Sementara untuk kamu yang sudah cukup umur dapat mencoba game RPG (Role Playing Game) ataupun game dengan banyak dialog berbahasa inggris. Coba pahami jalan ceritanya, dan coba juga mengucapkan dialog yang ada dalam game tersebut. Namun, untuk metode ini kamu harus bijak menjalaninya, jangan sampai malah keasikan bermain game dan lupa tujuan sebenarnya.

Biasakan Menulis dalam Bahasa Inggris

Anda dapat membiasakan menulis bahasa inggris dalam buku diary anda. Tuliskan dalam bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Suatu ketika kamu akan menemukan evolusi perkembangan kemampuan bahasa inggris anda. Tidak menutup kemungkinan kamu akan tersenyum-senyum sendiri ketika membaca ulang diary kamu ketika sudah mahir berbahasa inggris.

Jika cukup percaya diri dengan kemampuan bahasa inggris anda, cobalah membuat tulisan dan publikasikan langsung dalam blog. Anda dapat menuliskan apapun yang bermanfaat bagi pembaca blog anda, tetapi jangan menuliskan hal-hal pribadi dan sensitif. Kelebihannya menulis dalam blog kamu akan mendapatkan feedback bila ada kesalahan penulisan tertentu.

Jangan Malu untuk Mempraktekan Bahasa Inggris Anda

Praktek adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan apapun, termasuk kemampuan berbahasa inggris. Cobalah berbicara dengan bule, ataupun ngobrol dengan orang-orang tertentu dengan menggunakan bahasa inggris. Jangan malu dan jangan takut salah. Justru itu menjadi pertanda baik, ketika kamu melakukan kesalahan dan ada orang yang mengoreksinya. Itu akan menjadi ilmu baru yang akan kamu ingat terus-menerus.

Demikian cara-cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda, tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Semoga bermanfaat!