Cara Mudah Mengatasi Sariawan

Posted on
Cara Mudah Mengatasi Sariawan 1Mulut sariawan

Sariawan bukan penyakit keturunan tapi cukup mengesalkan, karena menjadi tidak enak makan, mulut terasa perih, lebih parah lagi bila sampai sulit berbicara. Penyebab sariawan mungkin karena kurang menjaga kebersihan mulut, kekurangan vitamin C, vitamin B, dan asam folat. Pada dasarnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya, tetapi cara berikut ini akan membantu mempercepat penyembuhannya.

1. Konsumsi Madu

Madu terkenal banyak manfaatnya untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan sariawan. Madu mempunyai antibakteri yang dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Caranya dapat dioleskan di permukaan yang terkena sariawan, atau diseduh langsung menjadi minuman.

2. Teh untuk menghilangkan rasa sakit

Kandungan tanin yang terdapat dalam teh hitam dapat membantu untuk menghilangkan rasa sakit karena sariawan. Tempelkan kantong teh hitam basah di atas permukaan sariawan untuk mendapatkan khasiatnya.

3. Baking soda

Gunakan baking soda untuk dikumur, bukan diminum ya. Baking soda dapat membunuh bakteri. Caranya campurkan 1 sendok teh baking soda dengan air, aduk, kumur lalu buang. Lakukan paling banyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Daun Kemangi

Daun kemangi beberapa helai dikunyah, lakukan tiga kali dalam sehari.

5. Air Kelapa

Air kelapa berkhasiat untuk mengobati sariawan yang disebabkan oleh terganggunya sistem pencernaan dan panas dalam.

6. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ini selain berkhasiat untuk mengobati sakit perut juga dapat mengobati sariawan. Caranya sederhana, kunyah beberapa helai daun jambu biji, kumur dengan air dan buang.

7. Kunyit

Kunyit mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit penceraan, menambah nafsu makan, dan juga menyembuhkan sariawan. Caranya haluskan kunyit secukupkan dengan satu sendok teh gloserin, lalu oleskan pada sariawan.