Cara Partisi SD Card Android Yang Benar

Posted on

Cara Partisi SD Card Android Yang Benar – Halaman tutorial ini akan menunjukkan kepada kalian bagaimana cara partisi kartu SD Android yang benar dengan software partisi EASEUS. Cobalah tips dan trik ini untuk menghemat penggunaan memori internal perangkat Android kamu atau membuat ruang penyimpanan untuk recovery. ketika ini, semakin banyak pengguna Android yang ingin membuat partisi kartu SD smartphone atau tablet Android karena alasan yang berbeda, misalnya menghemat memori internal. Jadi di sini kita ingin memperkenalkan tutorial step by step untuk menunjukkan bagaimana cara partisi SD Card HP Android di Windows.

Bagaimana caranya supaya bisa membuat partisi kartu SD untuk Android? Seperti kebanyakan orang, aku mempunyai Samsung Galaxy Tab 3 dengan ratusan aplikasi yang menghabiskan ruang memori internal. aku telah sukses meroot smartphone Android aku tapi sekarang ingin menggunakan aplikasi Link2SD untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD aku. Jadi aku bisa membebaskan beberapa ruang memori internal. Tapi masalahnya adalah bahwa aku tidak tahu tentang bagaimana cara partisi kartu SD aku. Apakah ada yang punya petunjuk langkah demi langkah tentang cara untuk melakukan pekerjaan ini?

Partisi hanyalah sebuah divisi logis dari storage atau memori ke dalam subdivisi terisolasi. Hal ini biasanya dilakukan untuk membantu mengurangi beban penyimpanan internal pada perangkat. Bila kamu menggunakan ponsel Android yang kekurangan ruang memori internal, kamu mungkin perlu melakukan partisi kartu memori SD dalam perangkat untuk menghemat lebih banyak ruang pada penyimpanan internal. kamu bisa melakukannya dengan tool partisi kartu SD terpercaya. Hal ini memungkinkan kamu untuk membuat partisi pada kartu SD untuk menyalurkan aplikasi perangkat yang telah diroot ke kartu SD. Dalam hal ini, kamu bisa menginstal dan menjalankan program kamu dari kartu SD.

Cara Partisi SD Card Android Yang Benar 1

Cara Partisi SD Card di PC Dengan Menggunakan Software Partisi EaseUS

Software partisi EASEUS adalah tool manajemen disk yang handal dan bisa membuat pekerjaan mem-partisi kartu SD menjadi lebih cepat dan mudah. Di sini partisi pertama kamu harus FAT 32 Primary yang akan digunakan sebagai “Kartu SD” kamu. Sedangkan untuk partisi kedua kamu akan menjadi EXT 2, partisi primer yang akan menjadi “Memori internal” baru kamu. Sekarang kamu bisa belajar bagaimana melakukannya langkah demi langkah.

  • Download dan instal EaseUS partition software di PC atau laptop kamu.
  • Hubungkan kartu SD ke komputer kamu dan buka software partisi EaseUS. Klik kanan pada judul untuk kartu SD kamu dan pilih “Wipe Disk”. Catatan: Ini akan menghapus semua data pada kartu tersebut, pastikan bahwa kamu telah membuat backup semua file penting yang ada di kartu SD kamu.
  • Set jumlah wipe dalam menu Wipe Disk (10 kali paling banyak), dan lalu klik “OK” untuk menambahkan disk wipe ke pending actions queue.
  • Klik “Apply” untuk Wipe atau menghapus kartu SD dan mempersiapkannya untuk partisi.
  • Klik kanan pada judul kartu SD dan pilih “Unallocated” dan pilih “Create partition”. Dan lalu ketik nama label untuk partisi di bidang “Partition Label” bila diinginkan.
  • Pilih opsi “Primary” dari menu drop-down “Create as”.
  • Pilih “FAT” dari menu File System drop-down bila kamu menggunakan kartu SD dengan kapasitas penyimpanan 2GB atau kartu yang lebih kecil; pilih “FAT32” bila kartu SD kamu mempunyai kapasitas penyimpanan 4GB atau lebih besar.
  • Set jumlah ruang yang ingin dialokasikan untuk penyimpanan file biasa dari menu “Partition Size” dan klik “OK” untuk menutup menu.
  • Klik tombol “Create” adan pilih “Primary” dari menu drop-down “Create as”.
  • Pilih “EXT2” dari daftar opsi bila kamu membuat partisi untuk menyimpan file instalasi aplikasi Android melalui App2SD, atau pilih “FAT” atau “FAT32” bila kamu membuat partisi untuk penyimpanan data.
  • ketika langkah diatas telah selesai, Klik “Apply” untuk memulai pembuatan partisi.

Seperti yang kamu lihat, membuat partisi kartu SD adalah cara terbaik untuk menghemat memori internal. Hal ini membantu untuk mempercepat sistem operasi Android. Jadi kamu bisa mendapatkan kinerja yang lebih baik dari ponsel kamu. Dan kecuali untuk keuntungan ini, kartu partisi SD juga memungkinkan kamu untuk membuat ruang penyimpanan untuk recovery data. Hal ini berguna ketika kamu ingin mengembalikan file sistem dan data kamu bila terjadi error pada OS Android.

Cara Partisi SD Card Lengkap