Cara Setting Android Anda Agar Tetap Kencang Part 1

Posted on
Cara Setting Android Anda Agar Tetap Kencang Part 1 1Home Screen Interface

Android kamu masih terasa lelet? Simak berikut ini caranya supaya android kamu kencang. Beberapa setting harus dibuka terlebih dahulu melalui developer option.

1. Cara Mengaktifkan Developer Option
Sebelum kamu dapat melakukan penyesuaian pada setting android, sebelumnya harus mengaktifkan terlebih dahulu Developer Options. Caranya yaitu dengan menekan kurang lebih 7 kali pada Build number di menu About Phone. Berikut ini screen-shot-nya:

Setting – About Phone/ About Device

Cara Setting Android Anda Agar Tetap Kencang Part 1 2About Device

Lalu sentuh tombol Back
Maka kamu akan menemukan menu baru pada Setting, yaitu Developer Options

2. Jika menu developer options sudah muncul, kamu dapat mengatur beberapa setting yang dapat meringankan kinerja android anda, yaitu Windows Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animator Duration Scale.

Cara Setting Android Anda Agar Tetap Kencang Part 1 3Developer Option Android

Anda dapat melakukan pengurangan menjadi 0.5 atau off (tidak ada animasi sama sekali, atau juga penambahan menjadi beberapa kali (bisa sampai 10x). Namun, semakin besar angkanya maka akan semakin berat kerja android anda. Pengaturan yang lain juga dapat disesuaikan tetapi yang aman adalah tiga pengaturan di atas.

3. Kurangi Widget yang Aktif
Widget adalah aplikasi tambahan yang biasanya ditempatkan di area homecreen, sehingga dapat diakses tanpa secara langsung membuka aplikasinya. Beberapa widget dapat menguras baterai karena terus menerus membutuhkan koneksi internet dan mengakses lokasi anda, seperti widget jam dan cuaca.

Cara mengurangi dan menambahkan widget bisa jadi berbeda di tiap merk smartphone, tetapi biasanya adalah dengan menyentuh bagian yang kosong di home screen selama 2-3 detik, lalu akan muncul pilihan widget, seperti berikut ini:

Cara Setting Android Anda Agar Tetap Kencang Part 1 4Pilihan Widget

Untuk mengurangi widget, kamu dapat cukup menyentuh widget yang akan dihapus selama 2-3 detik sampai muncul pilihan “remove” atau “trash” atau apapun namanya, tapi biasanya berbentuk icon tempat sampah/ recycle bin. Setelah muncul pilihan remove tersebut maka kamu tinggal drag and drop widget itu ke tempat sampah.

Cara Setting Android Anda Agar Tetap Kencang Part 1 5Drag and drop widget

Sementara untuk menambahkan widget, adalah dengan menyentuh bagian kosong di home screen selama 2-3 detik, pilih widget, lalu akan muncul beberapa pilihan widget yang dapat kamu tempatkan di home screen. Pilih widget yang kamu mau, kemudia drag and drop di home screen.

4. Gunakan Wallpaper Biasa/ Diam untuk Home Screen
Live wallpaper memang tidak akan menjadi masalah untuk smartphone dengan spesifikasi tinggi, tapi tetap akan membuat smartphone lelet seiring berjalannya waktu. Walaupun indah dipandang mata, live wallpaper juga menguras baterai (karena layar lebih aktif) dan membuat lelet.
Cara setting yang cepat sama dengan sebelumnya yaitu dengan menyentuh bagian yang kosong selama 2-3 detik di home screen, lalu pilih wallpaper. Bisa juga diakses melalui Menu – Setting – Wallpaper.

Cara Setting Android Anda Agar Tetap Kencang Part 1 6Wallpaper Setting

5. Singkirkan Aplikasi-aplikasi yang Tidak Terpakai

Cara Setting Android Anda Agar Tetap Kencang Part 1 7Application manager on android device

Setiap orang mempunyai tentu minat yang berbeda terhadap aplikasi. Tidak perlu semua aplikasi diinstall, gunakan seperlunya saja, karena setiap aplikasi yang diinstall akan memakan memory, apalagi nyaris semua aplikasi running di background. Misalnya: bila teman-teman kamu hanya menggunakan satu aplikasi chat saja, sebaiknya aplikasi chat yang lain dihapus. Anda tidak perlu khawatir akan sulit kembali menginstall aplikasi-aplikasi tersebut, karena biasanya ada di Playstore.

Sekian Cara Setting Android supaya tetap kencang part 1…