Cara Tepat Root HP Android Oreo 8.0 Tanpa PC

Posted on

Cara Tepat Root HP Android Oreo 8.0 Tanpa PC – Android Oreo yang banyak ditunggu pengguna smartphone dan tablet Android sekarang sudah tersedia untuk didownload dan diinstal untuk berbagai macam merek dan jenis hp Android, antara lain Samsung, Pixel, Sony, HTC, Sharp, LG, Nokia, Nexus, Asus, MotoDroid, Honor, Motorola, Lenovo, Oppo, OnePlus, Kyocera, Advan, Vivo, Huawei, dan Xiaomi. Pembaruan ini hadir dengan OS Android versi 8.0/8.1 Oreo dan telah diuji sejak beberapa bulan terakhir dengan nama Android Oreo.

Google merilis 4 developer preview builds Android Oreo, yang terakhir dirilis sekitar tiga bulan yang lalu, dan untungnya Android Oreo dengan mudah bisa di-root dengan menggunakan aplikasi SuperSU dan Magisk. Sekarang ketikanya rilis final dan publik Android Oreo supaya bisa diuji coba untuk root tanpa PC atau laptop.

ketika menggunakan ponsel Android v8.0 Oreo, operator dan pembuat ponsel masih bisa mengunci banyak pembatasan, kulit, dan preloaded software yang tidak kamu inginkan. Untuk pengguna yang lebih berani dan hemat teknologi mungkin tertarik untuk me-rooting smartphone Android Oreo 8.0 mereka untuk membuat perangkat tidak mempunyai batas limit atau kadang-kadang perlu secara termporer untuk melakukan root perangkat Android.

Cara Tepat Root HP Android Oreo 8.0 Tanpa PC 1

Android Oreo versi Beta dengan mudah bisa di-root. Namun update Android Oreo versi final terbaru pada tahun 2018 telah membawa cukup banyak kesulitan dalam proses rooting smartphone Android Oreo v8.0. Dan sejak rooting Android Oreo kini telah menjadi tugas yang berat sehingga kami telah mengumpulkan beberapa tips dan trik untuk root Android 8.0 Oreo. Ya dalam artikel ini kami akan memberi tahu kamu 2 cara untuk melakukan root Android Oreo 8.0 menggunakan SuperSU dan Magisk dengan mudah dan cepat.

Seperti yang kamu ketahui, ketika ini hanya ada dua solusi aman untuk me-root perangkat Android kamu. Salah satunya adalah SuperSU root by Chainfire, aplikasi lain untuk me-root Android v8.0 Oreo adalah Magisk yang telah mendapatkan popularitas belakangan ini. Versi terbaru dari kedua metode root ini dilaporkan berfungsi dengan baik pada pratinjau pengembang Android O, dan untungnya rilis final Android Oreo mendukungnya juga.

Ada berbagai alasan bagi kamu untuk memutuskan untuk melakukan root pada Android Oreo kamu:

  • Manfaat utamanya adalah menghapus aplikasi dan game yang tidak diinginkan yang dibuat oleh operator dan pembuat ponsel kamu. Rooting bisa memberi kamu akses untuk penghapusan instalasi lengkap.
  • Alasan utama lainnya adalah mengaktifkan update platform yang lebih cepat. Waktu yang diperlukan Google untuk mengumumkan versi baru Android hingga operator ponsel kamu mengirimnya ke perangkat kamu bisa menjadi waktu yang lama. Setelah di-root, kamu bisa mendapatkan beberapa fitur platform baru melalui ROM kustom dalam waktu singkat.
  • Alasan lain, seperti: mencadangkan semua aplikasi dan data kamu secara otomatis, memblokir iklan sepenuhnya, membuat tunnel aman ke Internet, melakukan overclock process, dan menjadikan perangkat kamu sebagai hotspot nirkabel, dll.

Ada beberapa potensi risiko rooting Android kamu:

  • Membatalkan garansi ponsel Android: Beberapa produsen atau operator akan menganggap rooting sebagai alasan untuk membatalkan garansi kamu. Namun, mem-flash ROM stock bisa mengembalikan kembali ke kondisi semula.
  • Jika kamu tidak mengikuti langkah-langkah dengan benar, kamu bisa membuat perangkat kamu menjadi error. Ini sangat penting bahwa kamu harus cukup berhati-hati ketika mencoba untuk me-rooting telepon kamu.
  • Risiko keamanan: Rooting bisa menciptakan kerentanan keamanan. Misalnya, Google menolak untuk mendukung layanan Google Wallet untuk perangkat yang di-rooting.

Meskipun berisiko, mendapatkan akses root penuh ke Android kamu sangat menarik. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengalaman penuh dari handset Android kamu.

Root Android v8.0 Oreo

Android Oreo adalah sistem operasi Android terbaru yang dirilis Google tahun ini dengan membawa sejumlah fitur dan peningkatan dengan frame. bila ponsel Android kamu tidak mendapatkan update Android Oreo secara otomatis, maka kamu bisa melakukan upgrade OS ke Android v8.0 Oreo secara manual dengan mengikuti panduan Cara Download dan Install Update Android Oreo 8.0. bila kamu merasa ragu ponsel Android kamu kompatible dengan Android Oreo, silahkan baca Daftar HP Android Oreo dan Fitur Terbaru Android 8.0 Oreo.

Seperti yang kamu ketahui, rooting adalah salah satu modifikasi tertinggi yang bisa dilakukan pada sistem operasi Android. Dan cara untuk root Android Oreo pun tidak jauh berbeda. Bahkan, Android yang di-root bisa menjalankan Custom ROM, aplikasi hanya-root, dan bisa melakukan banyak hal serupa untuk tujuan modifikasi tertinggi sehingga mendapatkan akses superuser. namun bagaimana itu bisa dilakukan tanpa melakukan root smartphone atau tablet Android Oreo kamu? Jadi bila kamu berpikir inilah giliran kamu untuk Root Android Oreo 8.1 dan 8.0, maka ini adalah panduan lengkap untuk root hp Android Oreo tanpa komputer atau laptop.

Cara Tepat Root HP Android Oreo 8.0 Tanpa PC 2

Catatan: Untuk bisa melakukan root Android 8.0 Oreo dengan menggunakan SuperSU atau Magisk, sebelumnya kamu harus mempunyai custom recovery seperti TWRP Recovery yang diinstal pada perangkat Android Oreo kamu. Selain itu pastikan bootloader ponsel Android kamu sudah diunlock.

Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum masuk ke tahap rooting ponsel Android Oreo. kamu harus membaca dulu tahap-tahap persiapan di bawah ini dengan teliti dan terapkan pada ponsel Android 8.0 Oreo kamu.

  1. Pertama, pastikan daya baterai ponsel Android masih tersisa setidaknya 70 %, sehingga proses root tidak akan terhenti dan gagal karena kehabisan daya baterai.
  2. Kedua, Aktifkan OEM Unlocking dan Unlock Bootloader. OEM memberikan izin yang diperlukan bagi pengguna untuk memodifikasi atau mengakses bootloader, sedangkan bootloader yang telah di-unlock berfungsi untuk flash factory images.
  3. Selanjutnya download dan install custom TWRP Recovery (Team Win Recovery Project) yang cocok dengan merek dan tipe ponsel kamu. kamu mungkin bertanya bagaimana metode ini berbeda dari yang biasa. Nah, jawabannya adalah “Android Oreo” sendiri. Versi baru Android Oreo membawa beberapa perubahan dalam kode, yang tidak memungkinkan TWRP reguler untuk bermain bersama. Jadi kamu wajib untuk menginstall custom TWRP Recovery
  4. Lakukan backup semua data yang ada pada ponsel Android Oreo kamu.

Cara Root Android 8.0/8.1 Oreo dengan SuperSU

Rooting perangkat Android seringkali bisa membingungkan bagi mereka yang baru pertama kali mencobanya. Misalnya, akses root yang tidak dikelola bisa mengizinkan aplikasi / layanan apa pun untuk melakukan tindakan di perangkat Android kamu. Izin ini bisa dimanfaatkan untuk menyuntikkan malware atau mencuri informasi pribadi. Namun, itu tidak terjadi ketika kamu menginstal SuperSU ZIP di Android dan menggunakannya untuk manajemen izin root yang efektif.

SuperSU adalah salah satu solusi root paling terkenal dan efisien untuk Android dan dibuat oleh Chainfire. Itu diperkenalkan sebagai aplikasi utama untuk mengelola hak akses root. Pengembang berfokus untuk membuat GUI yang unik bagi pengguna akhir untuk menangani hak akses root dengan mudah. Tidak hanya itu, ia juga menawarkan beberapa fitur lain untuk membuat proses rooting keseluruhan menjadi lebih kuat dan efisien. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk root hp Android Oreo dengan aplikasi SuperSU.

Cara root Android Oreo dengan SuperSU :

  1. Download dan transfer file zip SuperSU ke memori penyimpanan pada ponsel Andoid Oreo kamu.
  2. Boot perangkat kamu ke dalam mode TWRP recovery.
  3. Tekan instal dan pilih file zip SuperSU yang tadi kamu transfer ke memori perangkat kamu.
  4. Setelah memilih file .zip, lalu lakukan ‘Swipe to Confirm Flash’ di bagian bawah layar untuk memulai proses flashing.
  5. Setelah SuperSU selesai di-flash, kamu akan mendapatkan opsi ‘Reboot System’, silahkan pilih opsi tersebut.
  6. Setelah direboot maka ponsel kamu sudah sukses diroot.
  7. Cara Tepat Root HP Android Oreo 8.0 Tanpa PC 3
  8. langkah terakhir, instal aplikasi SuperSU untuk memodifikasi pengaturan akses SuperUser pada semua aplikasi yang terinstal pada ponsel Android Oreo.

Cara Root Android Oreo dengan Magisk

Magisk adalah cara baru untuk melakukan root pada ponsel Android Oreo 8.0/8.1 serta menambahkan program khusus yang disebut modul ke perangkat Android kamu. Ini memungkinkan menginstal program kecil untuk men-tweak fungsionalitas ponsel android kamu, mengubah antarmuka dan menambahkan opsi customization.

Manfaat nomor satu menggunakan Magisk adalah memasang mod yang melakukan satu atau dua hal khusus. Jadi bila kamu ingin mengubah bilah notifikasi, menambahkan kecepatan lalu lintas; Magisk adalah hal yang kamu butuhkan. kamu tidak perlu melakukan perubahan seluruh sistem, cukup pasang mod dan itu akan melakukan pekerjaan yang kamu cari.

Magisk installer adalah aplikasi yang harus kamu instal setelah mem-flash frameworknya menggunakan custom TWRP Recovery. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya untuk mencari (dan menginstal) mod kecil (atau katakan program) secara individual. Jenis mod ini melakukan hal-hal tertentu, beberapa di antaranya memodifikasi akses root yang berikutnya memungkinakan kamu untuk mengubah interface, menginstall aplikasi yang membutuhkan root permission, menambahkan tombol soft-nav, menunjukkan kecepatan lalu lintas pada bilah status, menyembunyikan jam, dan banyak lainnya.

Cara root Android Oreo dengan Magisk :

  1. Download dan transfer file zip Magisk installer dan Magisk Manager apk ke memori internal perangkat kamu.
  2. Boot perangkat kamu ke dalam mode TWRP Recovery.
  3. Tap Instal dan pilih file zip Magisk yang kamu transfer ke perangkat kamu di langkah 1.
  4. Setelah memilih file .zip, lakukan Swipe to Confirm Flash di bagian bawah layar untuk memulai proses flashing.
  5. Setelah Magisk diflash, maka pada layar ponsel akan muncul opsi Reboot System, pilih opsi tersebut.
  6. Setelah perangkat kamu melakukan reboot ulang, buka aplikasi file manager. berikutnya buka folder tempat mentransfer file Magisk Manager APK di dan instal.
  7. Buka aplikasi Magisk Manager dan periksa status root perangkat kamu.

Cara Tepat Root HP Android Oreo 8.0 Tanpa PC 4

Baca Juga Cara Root Android lainnya:

Semoga kamu bisa menjalankan perangkat di Android Oreo yang di-root dengan panduan Cara Tepat Root HP Android Oreo 8.0 Tanpa PC di atas. Hanya itu yang kami miliki untuk kamu dan berharap metode ini bekerja untuk kamu tanpa masalah apa pun, namun tetap saja, bila kamu memerlukan bantuan, jangan ragu untuk menanyakan keraguan kamu di bagian komentar.