Cara Terbaik Menemukan Arsip Gmail

Posted on
Cara Terbaik Menemukan Arsip Gmail 1gmail

Fitur “arsip” atau “archive” di google mail (gmail) adalah salah satu cara untuk membersihkan inbox tanpa menghapus email-email tersebut. Ketika sebuah email kamu arsipkan, maka email tersebut dipindahkan dari inbox ke “All Mail”. Email akan kembali lagi ke inbox bila ada seseorang yang mereply email tersebut. Saya sendiri sempat mengalami kebingungan, email diarsipkan tapi hilang dari inbox. Rupanya sistem pengarsipan di gmail agak berbeda dari ekspektasi saya dan orang kebanyakan.

Mengarsipkan email cukup mudah, hanya dengan ceklis emailnya lalu klik tombol “archive”, tetapi untuk menemukannya kembali dari ribuan email memerlukan sedikit usaha. Untuk itu sebelum mengarsipkan email, kamu lebih baik mengingat keyword dari email tersebut supaya mudah mencarinya. Pada bagian “All Mail”, kamu harus memasukan keyword di bagian searching tools yang posisinya ada di bagian atas email.

Berikut ini caranya lebih detail:
1. Klik “All Mail” label, di bagian kiri halaman.
2. Semua email ada disini, belum dikategorikan seperti di inbox. Jika di inbox email secara otomatis dikategorikan menjadi “primary”, “social” dan “promotions”. Maka di “all mail” semua email dibiarkan “raw” tanpa kategori, dan disortir secara default dari yang paling baru ke paling lama.
3. Ketikan keyword email yang telah kamu arsipkan sebelumnya pada bagian “search”.
4. Jika emailnya sudah kamu temukan, lebih baik kamu pindahkan kembali ke inbox.

Fitur “archive” dalam gmail ini cukup merepotkan, karena email malah akan lebih sulit ditemukan ketika diarsipkan ketimbang tidak diarsipkan. Cara yang lebih mudah untuk menandai email yang penting adalah dengan memberinya label bintang “starred”. Dengan cara seperti ini, “starred email” akan lebih mudah ditemukan karena posisi labelnya tepat berada di bawah inbox.

Sumber:
https://support.google.com/mail/answer/6576?co=GENIE.Platform%3DDesktop&hl=en&oco=1