Lainnya Teknologi

Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop Tanpa Aplikasi 1

Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop Tanpa Aplikasi – Kini pengguna Instagram tidak lagi membutuhkan aplikasi Instagram mobile untuk mengupload foto ke halaman profil Instagram. Perusahaan ini sekarang meluncurkan kemampuan untuk mengunggah foto melalui situs mobile-nya dengan browser. Tapi bila kamu menggunakan browser, maka kamu tidak bisa mengunggah video, menambahkan filter, mengunggah ke Instagram Stories, atau mengirim direct message (DM). Pengeditan foto pada umumnya terbatas – kamu hanya bisa memutar posisi foto atau crop dengan bentuk persegi atau mengatur lebar – namun tetap saja, kamu bisa mengupdate posting foto dan memberi caption pada halaman profil Instagram dari situs web.

kamu bisa mengakses situs Instagram dengan browser web biasa di pc desktop atau laptop, namun seperti kamu telah tidak meragukan lagi kalau cara upload foto Instagram di PC atau laptop sudah ditemukan, tutorial ini adalah versi yang paling lengkap dan telah diulas dengan rinci.

Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop Tanpa Aplikasi 2

Saat masuk ke akun melalui situs web Instagram di browser desktop, kamu bisa melihat foto, memberi like pada foto, dan bahkan mengomentari foto Instagram, namun satu hal yang tidak bisa kamu lakukan adalah mengunggah foto baru. Tidak ada cara untuk mengunggahnya karena tombol upload foto Instagram berbentuk ikon kamera yang biasa kamu temusi di browser mobile atau aplikasi Instagram tidak ada di sana.

Versi halaman situs Instagram instan yang dikondensasi juga tersedia di situs mobile, selain itu perusahaan telah menguji fungsi ini sejak beberapa bulan yang lalu. Situs mobile Instagram sebelumnya hanya membiarkan pengguna melihat pemberitahuan dan feed Instagram, namun kini situs mobile-nya terlihat hampir sama dengan aplikasi Instagram. Perusahaan tidak mendesain ulang atau memodifikasi versi desktop Instagram.com, walaupun demikian, foto upload hanya akan bekerja pada ponsel dan tablet untuk ketika ini.

Tapi ada cara untuk mengubah perilaku browser kamu supaya Instagram berpikir bahwa kamu mengaksesnya melalui perangkat mobile. Ini bisa dilakukan dengan cara mengambil celah keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari dua hal. Yang pertama adalah Instagram sekarang mempunyai versi khusus yang ditunjukkan untuk perangkat mobile yang menyertakan fungsi upload. Dan yang kedua adalah kamu bisa meyakinkan situs Instagram bahwa kamu mengaksesnya dari perangkat mobile walaupun kamu menggunakan browser web desktop. Ini menggunakan apa yang dikenal sebagai User-agent emulation atau spoofing User-agent Switcher (terkadang hanya disebut spoofing User Agent). ketika kamu mengakses situs dengan metode ini, tampilannya sangat mirip dengan browser mobile, namun kamu akan melihat bahwa pada akun Instagram kamu sekarang mencakup tombol ‘Share Photos’ untuk membuat posting baru. Baca juga: Cara Upload Foto dan Video Instagram Dengan PC Tanpa Software

Instagram baru-baru ini membuat beberapa perubahan pada situs mereka dan salah satunya sangat menarik, contohnya bila kamu membuka instagram.com di browser pada smartphone kamu, sekarang kamu bisa mengunggah gambar dari website Instagram versi mobile. Ini berarti kamu tidak perlu lagi mempunyai aplikasi Instagram itu sendiri.

Jadi, bila komputer atau laptop kamu bisa berpura-pura menjadi ponsel, maka kamu bisa mengupload gambar langsung dari hardisk komputer atau laptop juga. Bagaimana cara upload foto Instagram di PC atau laptop? Teruslah membaca!

supaya bisa mengunggah gambar ke Instagram dari komputer atau laptop kamu secara langsung, maka browser kamu (Mozilla Firefox, Opera, Chrome, Microsoft Edge, atau Safari) perlu mengidentifikasi dirinya sebagai browser mobile seluler dari smartphone atau tablet supaya versi situs web Instagram mobile bisa dimuat dengan benar pada browser komputer atau laptop.

Sebelum kita hingga pada bagian pembahasan tips dan trik upload foto Instagram untuk browser tertentu di PC atau laptop, perlu disebutkan beberapa keterbatasan metode ini. Metode ini mengemulasi perangkat mobile yang mengakses situs Instagram. Ini bukan hal yang sama dengan menggunakan sesuatu seperti aplikasi Bluestacks untuk meniru menjalankan aplikasi Instagram di dalam emulator.

Itu penting karena tidak semua fitur aplikasi Instagram tersedia melalui situs web Instagram mobile. kamu bisa mengupload foto dan menambahkan caption, namun ada beberapa fitur dasar Instagram yang tidak tersedia pada interface web. Di bawah ini adalah fitur-fitur Instagram yang tidak muncul bila kamu mengakses situs Instagram melalui browser mobile, pc, dan laptop:

  • Filter – kamu tidak mempunyai pilihan untuk menerapkan filter.
  • Posting multi-foto – Instagram baru saja menambahkan opsi untuk menyertakan beberapa gambar atau video dalam satu pos. Itu tidak tersedia melalui situs web, jadi kamu hanya bisa mengunggah satu gambar untuk setiap posting.
  • Pemberian tag dalam foto – kamu masih bisa menandai seseorang dan tagging di bagian komentar, namun kamu tidak bisa menandai seseorang di dalam foto.
  • Mengedit teks caption setelah mempublikasikan posting – Untuk mengedit judul atau deskripsi posting setelah dipublikasikan, kamu tetap harus menggunakan aplikasi seluler.

Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop

Pada dasarnya, user agent adalah sepotong kode yang dikirim browser ke situs web untuk memberitahukan informasi tentang browser dan sistem operasi yang kamu gunakan. bila kamu mempunyai situs web kamu sendiri dan telah menggunakan sebuah program seperti Google Analytics untuk melacak browser yang digunakan pengunjung situs kamu, dari situlah asal informasi itu. bila kamu tertarik, inilah contoh beberapa informasi yang dikirim ke situs web yang aku kunjungi ketika menggunakan Chrome di laptop Mac.

Mozilla/5.0 (Macintosh; Intel Mac OS X 10_12_5) AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko) Chrome/58.0.3029.81 Safari/537.36

Metode yang digunakan di tutorial ini bisa mengubah informasi tersebut supaya cocok dengan browser mobile di perangkat smartphoneatau tablet iOS dan Android. Dan itu juga bisa digunakan untuk memberitahu situs Instagram untuk menampilkan versi mobile barunya.

Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop Tanpa Aplikasi 3

Browser modern mempunyai cara untuk menguji seperti apa situs dengan berbagai perangkat dan browser. Ini dirancang terutama untuk bisa menguji desain mobile responsif untuk melihat tampilannya di perangkat mobile. Dan itu adalah fitur yang bisa digunakan di sini untuk membuat situs Instagram bisa ditampilkan pada browser desktop.

aku akan membahasnya dengan beberapa browser utama paling populer di bawah ini. Untuk melakukan semua ini, masuk ke akun Instagram kamu melalui browser web terlebih dahulu. Sebenarnya secara teknis tidak masalah apakah kamu login terlebih dahulu atau tidak, tapi lebih baik login sekalian karena tujuannya adalah mengupload dan mempublikasikan foto di Instagram.

1. Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop dengan Google Chrome

Ini menjadi cara tercepat dan termudah untuk menggunakan Instagram di komputer atau laptop kamu. Instagram sekarang menawarkan versi mobile dari situs mereka yang bisa kamu akses menggunakan tool developer pada Google Chrome. Berikut adalah panduan singkat tentang cara mengubah user-agent di browser Chrome yang memungkinkan kamu menggunakan fitur upload foto pada situs mobile Instagram.

  • Step 1 : Buka Instagram dan login ke akun Instagram
  • Step 2 : Masuk ke halaman profil Instagram
  • Step 3 : Klik kanan pada halaman tersebut, lalu pilih opsi Inspect’ untuk membuka Developer Tools.
  • Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop Tanpa Aplikasi 4
  • Step 4 : Setelah Developer Tools terbuka kamu bisa mengaktifkan mode mobile responsive dengan menekan tombol ‘toogle device toolbar’ seperti yang terlihat pada gambar ditampilkan di bawah ini.
  • Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop Tanpa Aplikasi 5
  • Step 5 : Setelah ini muncul, Jendela browser sekarang akan berubah ke dimensi smartphone atau tablet tertentu. kamu bisa memilih perangkat mana yang akan ditiru di browser Chrome, misalnya memilih iPhone 6 Plus.
  • Step 6 : Reload halaman profile Instagram. Setelah melakukan ini, kamu akan melihat situs Instagram Mobile yang menyertakan tombol ‘Share Photos’ untuk upload foto di bagian bawah.
  • Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop Tanpa Aplikasi 6
  • Step 7 : Silahkan upload foto yang ingin kamu publikasikan di Instagram. kamu bisa crop foto atau memutar posisinya, namun tidak menambahkan filter. Silakan klik Next, masukkan caption kamu, dan Share.
  • Step 8 : Close Developer Tools supaya halaman Instagram terlihat semua. Selesai!

Selain bisa crop foto, kamu juga bisa menambahkan caption, namun sebagian besar fitur yang muncul di aplikasi lengkap hilang.

Cara termudah untuk melakukannya di Chrome adalah dengan menggunakan ekstensi yang disebut User-Agent Switcher for Chrome, yang bisa kamu temukan di Chrome Web Store. Dengan menggunakan add-ons tersebut kamu hanya perlu mengaktifkan add-ons untuk merubah User-Agent browser Chrome.

2. Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop dengan Mozilla Firefox

Hal ini dimungkinkan untuk melakukan upload foto di Firefox, namun memerlukan sedikit persiapan dan pengaturan yang tidak jauh berbeda dengan browser lain. Jauh lebih mudah menggunakan salah satu browser lain yang tercantum di sini bila kamu bisa.

  • Step 1 : Buka situs Instagram dengan browser Firefox, lalu login dengan akun Instagram kamu.
  • Step 2 : Masuk ke dalam halaman profil Instagram
  • Step 3 : Buka tool ‘Inspector’ browser Mozilla Firefox dengan cara klik kanan dan pilih ‘Inspect Element’
  • Step 4 : lalu tekan tombol ‘Responsive Design Mode’ untuk mengubah tampilan dari mode desktop menjadi mode mobile.
  • Step 5 : Cari menu ‘No Device Selected’ dan pilih salah satu dari opsi pilihan device yang tersedia.
  • Step 6 : Refresh halaman Instagram supaya User Agent bisa terupdate dan tombol upload photo muncul
  • Step 7 : Silahkan pencet tombol ‘Share Photos’ untuk memulai upload foto

Cara termudah untuk spoofing user-agent Mozilla Firefox adalah dengan menggunakan plugin. Lakukan pencarian add-ons user-agent switcher seperti “firefox user agent overrider”

Firefox juga memungkinkan untuk melakukan spoof user-agent tanpa menggunakan plugin, tapi ini adalah opsi tersembunyi dan melibatkan pengeditan file konfigurasi browser. Tapi mengedit file konfigurasi mempunyai beberapa risiko yang bisa mengacaukan performa firefox, jadi kami tidak menyarankannya.

3. Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop dengan Safari

bila kamu menggunakan browser Safari di pc atau laptop Mac, spoofing user agent kamu sebenarnya secara default sudah tersedia di browser! kamu hanya perlu mengaktifkan menu Developer. bila sudah melakukannya, kamu bisa langsung membuka situs Instagram lengkap dengan fitur upload foto atau gambar.

  • Step 1 : Buka situs Instagram di browser Safari, lalu login ke dalam akun Instagram kamu
  • Step 2 : lalu buka menu pada navbar browser Safari, masuk ke Develop > User Agent > Safari – iOS 10 – iPhone.
  • Step 3 : Refresh halaman Instagram supaya tampilan berubah menjadi mode mobile responsive
  • Step 4 : Tekan tombol upload untuk mulai mengupload foto kamu ke Instagram

Jika kamu tidak melihat opsi “Kembangkan” di menu, kamu bisa mengaktifkannya dengan membuka Preferences> Advanced dan mencentang kotak di bagian bawah untuk menu “Tampilkan Kembangkan di bilah menu.”

If you don’t see the “Develop” option in the menu, you can enable it by going to Preferences > Advanced and checking the box at the bottom for “Show Develop menu in menu bar.”

4. Cara Upload Foto Instagram Lewat PC atau Laptop dengan Opera

Pada browser Opera belum tersedia user agent switcher secara default jadi kamu harus menginstal add-onse User Agent Switcher For Opera.

  • Step 1 : Buka Instagram di browser Opera, lalu sign-in ke dalam akun Instagram
  • Step 2 : Klik kanan pada halaman Instagram dan pilih ‘User Agent Switcher’
  • Step 3 : Aktifkan mode responsive design, lalu reload halaman Instagram
  • Step 4 : upload foto yang ingin kamu publikasikan di halaman profil Instagram

Upload Foto Instagram di Browser lainnya

Browser modern yang lebih baik mempunyai beberapa variasi dari jenis emulasi user agent development ini, namun aku belum mengujinya pada setiap browser. aku hanya fokus terutama pada browser yang paling populer digunakan di seluruh dunia. aku sangat mensyukuri adanya user agent pada browser, aku tahu bahwa 92 persen pengunjung ke situs aku menggunakan Chrome, Safari, Opera, atau Firefox, dengan sisa 8 persen terbagi di antara berbagai browser lainnya.

bila tidak bekerja pada browser kamu, Chrome mungkin adalah opsi multi-OS paling sederhana. Atau bila kamu menggunakan Mac, Safari juga bekerja dengan baik.

Penyelesaian masalah

Ini adalah daftar pemecahan masalah yang akan aku tambahkan ketika pengguna melaporkan adanya masalah dengan tombol upload (tombol dengan ikon kamera) tidak terlihat.

bila kamu menggunakan browser Firefox (atau browser lain yang tidak disebutkan di atas), pastikan kamu kamu memilih salah satu dari tipe smartphone dan tidak menggunakan fungsi Firefox yang hanya mengubah port display. Ini adalah proses dua langkah di Firefox, dan kamu harus mengubah User Agent dengan metode manual (tautan di atas) atau plugin spoofing user agent.

Setelah kamu mengubah User Agent, refresh halaman Instagram. Biasanya browser melakukan refresh secara otomatis, tapi mungkin saja hal itu tidak terjadi. Ini juga berpotensi memungkinkan cache browser menampilkan versi yang tidak disegarkan, sehingga kamu bisa mencoba membersihkan browser cache dan lalu me-reload.

bila kamu tidak melihat opsi “Develop” di menu navbar browser Safari, kamu bisa mengaktifkannya dengan membuka Preferences> Advanced dan mencentang kotak di bagian bawah untuk menu “Show Develop menu in menu bar.”

Semoga suatu ketika Instagram bisa lebih terbuka sedikit dan secara native memungkinkan posting atau upload foto dari desktop, jadi kita tidak lagi harus menggunakan trik kecil yang rumit ini. ketika ini, banyak pengguna mengeposkan gambar dari DSLR mereka sesering foto yang diambil dengan ponsel mereka. Selain itu, ini menghemat sedikit waktu dan usaha ketika mencoba mengirim foto yang ada di laptop atau komputer kamu.