Parenting

Super Tips Belajar Efektif! Siswa Silahkan Baca . . .

Super Tips Belajar Efektif! Siswa Silahkan Baca . . . 1

SuperTipsBelajarEfektif-Siswadalamkesehariannyatidakhanyaterfokuspadapembelajarannyasajatetapimerekajugadipaksauntuk bergulatdenganberbagaimasalahdalamkehidupanmerekadankarenahal-haltersebutlahakhirnyamerekamenjadisulituntukberkonsentrasidalambelajar.Namundemikian,tidakadaalasanbagikamuuntuktidakbelajar.Jikakamuberadadisekolah,andasetidaknyaharustetapbelajarsedikitdemisedikituntuksuatukemajuan.Tapiingat,kunciuntukbisamendapatkankeefektifandalambelajaradalahbukandenganmenjejalkanmaterisecaramembabibuta,belajarlagibelajarlagi,tapiyangdiperlukanadalahbelajarsecaracerdas.Andadapatmulaibelajarcerdasdengansepuluhkebiasaaniniyangterbuktiefektifdalambelajar.


 

1.BagaimanaPandangankamuterhadapKegiatanBelajar

Banyaksekaliorangyangmenganggap(polafikir)bahwabelajarsebagaisesuatuyangteramatsangatpenting,pastimelelahkandanmenyiksa,bukandianggapsebagaikenikmatanataukesempatandalambelajar.Yaitutidakmasalahsih,namunparapenelititelahmenemukanbahwabagaimanapandangankamuterhadapsuatuhalmakaakanhampirsamasepertiapayangkamulakukan,″andaberfikirtersiksayapastibelajarakanterasatersiksa”.Beradadipolapikiryangtepatadalahhalyangpentingsupayabelajarkamulebihefektifdancerdas.

Terkadangkamutidakdapat″melawan”dirikamusendiriuntukbisaberadadipolafikiryangbenardaniniadalahwaktuyangsangattidaktepatuntukdipergunakanuntukkegiatanbelajar.bilakamutergangguakibatmasalahhubungan,adagamebaruyangsangatmenarikatauharusmenyelesaikanurusanorganisasi,makamemaksakanuntukbelajarhanyaakanmenjadilatihanyangmenimbulkankesengsaraandankeprustasian.Fikirannyapastitidakbisakonsendanakanterfokuskeyanglain,bukankebelajarnyasendiri.bilainiterjadilebihbaikkerjakanduluyangmenjadipermasalahankamu,apabilasudahselesaisilahkanmulailagiuntukbelajar.

Carasupayapolafikirkamuterhadapbelajarmenjadilebihbaikdanpositif:

  • Cobalahuntukberfikirpositifsaatbelajardaningatkandirisendiriakankemampuandanketerampilanyangdimiliki.
  • Hindaripemikiranyangmelemahkanhati.Sepertiberfikir,″AkuHancurr,sayasudahtidakpunyawaktulagiuntukbelajar!”,lebihbaikgantipemikiransepertiinidengan,″Mungkinsayasedikitterlambatdalambelajar,tetapipalingtidaksayasudahmulaibelajardanakanmendapatkanilmuyangpastinyabermanfaatbagiku”
  • Hindaripemikiranmutlak.Daripadaberpikir“Akuselalumengacaukansegalanya,”pandanganyanglebihobjektifadalah,“Sayatidakmelakukannyadenganbaiksaatitu,bagaimanayacaranyasupayasayabisamemperbaikihaltersebut?”
  • Hindarimembandingkandirikamudenganoranglain,karenaAndabiasanyahanyaberfikirkeburukanyangkamumilikisaja.

BacaJuga:NasehatuntukSiswayangMenganggapMataPelajarankamuSulit

2.DimanaAndabelajar?

Banyakorangmembuatkesalahandenganbelajarditempatyangbenar-benartidakkondusifuntukberkonsentrasi.Sebuahtempatdenganbanyakgangguanmembuatkualitasbelajarkamumenjaditeramatburuk.Jikakamumencobabelajardikamarkosyangbanyaktemanlagingobrol,Andapastiakanterganggukonsentrasinyabahkanmungkinakanlebihtertarikuntukikutnimbrungdaripadamembacabuku.

Perpustakaan,ruangbelajar,atautempatyangasrinantenangadalahtempatyangbaikuntukbelajar.Pastikanuntukmemilihtempatyangtenang,tidakbisingdanjauhdarikeramian.Selidikibeberapatempatdisekolahdandiluarsekolah,tapiingatjangantempatyangterkategorikan“cukup”.Tapicariyangbenar-benarnyamandanideal.Menemukantempatbelajaryangidealadalahpenting,karenaitusalahsatucarasupayakamubisabelajarsecaralebihefektifdanbisamenjadikamulantempatuntukbelajardilaluhari.

3.Bawasemuayangkamubutuhkan,yangtidakpentingjangan!

Sayangnya,ketikakamumenemukantempatyangidealuntukbelajar,kadang-kadangmerekamembawahal-halyangtidakdibutuhkan.Sebagaicontoh,kitaberanggapanbahwalaptopadalahalatyangsangatpentingdanharusdibawakemanapun,tapisadaratautidaklaptopadalahgangguanyangkuatdanhebatbagibanyakorangkarenamerekadapatmelakukanbanyakhaldengannya.Bermaingame,facebook-an,chating-anadalahgangguanyangnampakindahdansangattidakadahubungannyadenganbelajar.Jaditanyakanpadadirikamuapakahkamubenar-benarmembutuhkanlaptopuntukkegiatanbelajarkamu? 


Janganlupauntukmembawaalat-alatyangsekiranyasangatdibutuhkan,khususnyasaatberadadikelaspembelajaran.Terlebihlagisaatulangan.Tidakadayanglebihmemakanwaktudanborosdaripadaharusberjalanbolak-balik,tanyasanatanyasitu,hendakmeminjampensiluntukmengerjakansoal.Selainmembuatdiritersiksa,inijelasakanmenghambatkesuksesannyadalambelajar.

5.MenulisUlangCatatan

Kebanyakanorangmenulisgarisbesaryangsamapersisdenganoranglainakanmembantumerekamenyerapinformasisecaralengkapdanmendasar.Merekaberanggapandenganmenghubungkankonsepserupasecarabersama-samaakanmenjadikankonsepmenjadilebihmudahdiingat.Halyangperludiingatdalammenulisgarisbesaradalahbahwagarisbesarhanyasebuahruntuyankata-katasebagaisaranabelajar.Setiaporangmemlikicaraberfikiryangunikdanberbedadalamcaramerekamenempatkaninformasi(disebut″chunking”olehpsikologkognitif).Jadisaatkamusedangmenyalincatatanataugarisbesaroranglain,pastikankamumenerjemahkancatatantersebutdanmenguraikandalamkata-katakamusendiri.Gagalmelakukanhaliniakanmenyebabkanbanyaksiswakesulitandalammengingatkonseppenting.


Menulisulangcatatanpastiakanmemaksapelakunyauntukmenggunakanindrayangdimilikinya,denganmelibatkanindratersebutakansangatmembantudalamkemudahanmenyerapinformasi.Itulahkenapakegiatanmenuisiniditempatkandiposisipertama,setidaknyainiakanmenjadikaninfromasiyangdidapatdiubahmenjadidalambentukkalimatdanakhirnyamembuatparasiswafaham.Mengucapkankata-kataberisiinformasidanmeludahkannyakedalamlembarankertasakanmenjadimetodeyangsangatbaikuntukditerapkan.

5.GunakanMemoryGames

Gamememorimerupakanmetodeuntukmengingatpotonganinformasidenganmemanfaatkanhubungankata-katayangbersifatumum.Kebanyakanorangyangmempergunakanmetodeinimembuatsebuahkalimatyanganehnamunmudahdiingat.Contohpalingmudahadalahpadasaatseorangsiswainginmengingatunsur-unsurpadasuatugolongankimia,misalkangolonganpertama,yangterdiriatas:H,Li,Na,K,Rb,Cs,Fr.Denganmenggunakanmemorygamesmakaakandihasilkan,:HerLiNaKawinRobertoCarlosFrustasi.Carainibisajugadibarengidenganmusiklataryangakanmembuatkegiatanmenghafalmenjadilebihmenyenangkan.


Kunciutamadarimetodeiniadalahpraseataukalimatbaruyangkamuciptakanharusmudahdiingat.Tapiingatinibisajaditidakbegitubekerjauntuksebagianorang,apalagibilakata-kataanehyangdibuathasildaripemikiranoranglain.Sebaiknyadirisendirilahyangmembuatnyasupayamenjadilebihmudahdiingatdanberkesan. 

6.Prakteksendiriataudenganteman-teman

Pepatahlamamengatakan,″PRACTICEMAKEPERPECT”,Praktekakanmenjadikanluarbiasa.bilakamuinginmenjadikanbelajarmenjadiefektifdanmaksimalperbanyaklahpraktik,sendiripuntidakmengapa.kamudapatmelatihkemampuankamudenganmengerjakansoal-soal,melatihdiridenganflashcard(jikamemungkinkan)danlainsebagainya.Denganbanyakberlatihmakaakanmembuatkamusemakinterasahdalammemahamimateridanpastinyamahirdalammengerjakanberbagaijenistes.
 

Beberapaorangsangatsenangmelakukankegiatanbelajardalambentukkerjakelompok.Metodebelajarsepertiiniakanmaksimalketikaanggotanyatidakterlalubanyak(sekitar4atau5orang),dengananggota-anggotadaribakatakademikyangsamadankelasyangsama.Dalamkerjakelompokparaanggotanyaakanmembahassuatutemasecarabersama-sama,bertanyaantarasatutemandengantemanyanglainnyabilaadasesuatuyangdikirasulit.Kerjakelompokbisasajaefektifbagibeberapasiswa,namuntidaksemua.

7.BuatAgendaBelajar

Kebanyakansiswabelajarketikamerekamemilikikesemapatanatauwaktuluangsaja.Tapitidaksedikitpulayangsamasekalitidakbelajar.Itubisasajaterjadikarenakesulitandalammemanagewaktu,bilakamuselakusiswamenemukanhalini,cobalahuntukmembuatjadwaluntukkeperluanbelajardirumah.Jadwalbelajarsetidaknyaakanmembuatlebihmudahdalammenopangkegiatan-kegiatanyanglainnya.Cobakamuperhatikan,jadwalsekolahdimulaidarijam07.00-14.00.Daniniadalahjadwalyangsudahpastidanterstrukstur,yangmembuatkamusudahpastibelajarpadawaktuitu.Demikianjugabilakamumembuatsendirijadwalbelajardirumah,misalkanjam16.00sampaijam18.00.kamuakanterbiasauntukbelajardijamtersebut.Olehkarenanyatidakadaalasantidakpunyawaktu,biladiusahakanpastiada.


bilakamulebihsukabelajarsecaraberkelompokmakapenjadwalanmerupakanhalyangsangatpenting.Jikahanyasetengahdarianggotakamuyangberkomitmenuntukmematuhijadwalbelajar,makakamuperlumencarianggotakelompokstudilainyangmemilikikomitmendalammematuhijadwalbelajarberkelompok.

8.BerikanRewardsterhadapdirisendiri 

Karenabegitubanyakorangyangmemandangbelajarsebagaitugasdanhalyangpastimelelahkan,kebanyakanmanusiaakhirnyamenghindarinya.Namun,bilamerekadiiming-imingisebuahrewards,kemalasanmerekaakansirnadanakantumbuhsemangatlagiuntukbelajar.Inibisasajamenjadisesuatuyangpositifbiladilakukansecarabijakdanbenar.


Sayainginbertanyakepadakamuselakusiswa,apayangkamurasakanbilabelajar4jamnonstopdiRumahuntukmempelajarisuatumateri?Pastimenyiksabukan.Cobalahkamubagiwaktutersebutmenjadisesuatuyangmeringankan.Misalkansetiapjamberistirahatdandibarengidengancemilanyangsetidaknyamampumerefreshkanotak.Teruslakukaninisampai4jambelajarterpenuhi.Tapiingat,4jaminikamuharusberhasilmemperlajarisatumateriyangsekiranyabisamasukdiakaluntukdipelajaridenganwaktutersebut.

Buatlahperjanjiandaridalamdiri,bahwabilasayaberhasilmelakukaninidanmampumemperlajarimateritersebut,sayaakanmemberihadiahterhadapdirisendiri,″Sayaakanmendownloadgamemenarikdiplaystore”,″sayaakanmenontonbioskopbesokbersamateman-teman”danlainsebagainya.  

9.HiduplahSeimbang

Memangakanterasasangatsulituntukbisahidupseimbang,apalagisaatmasihsekolah.Tetapiingatlah,bilakamuberusahapastiadajalan.Semakinkamumampumenyeimbangkankehidupan,makasemakinmudahbagikamudalammenjalanikomponen-komponenkeidupan.Cobakamuperhatikan,bilakamuselaludanselaluterfokusbermaingames,tentuinibisamenjadisebuahketimpangandanketidakseimbanganhidup.kamuakansangatsulituntukmemulaikebiasaanbelajar.Begitupunbelajar,bilakamuterusdanterusbelajartanpamemperhatikanurusanlain,akanadasesuatuketimpanganyangkamurasakan.Misalkansulituntukbersosialisasi,sulitmenjalinhubungandanlainsebagainya.Olehsebabitulah,biasakanhidupseimbangsupayakamuenjoymenjalanikehidupanini.

10.TahuHarapanGuruterhadapSiswa

Setiapgurumemikicarapandangtersendiriterhadapsiswanya.bilaseorangguruberharapA,makaguruyanglainbisasajaberharapBterhadapmuridnya.Karenakitatahusendribedaguruberartibedajugapelajaran,yangdidalamnyamelibatkanpulatingkatkesukaranmateri. Nahhalyangperludilakukanolehseorangmuridadalahmengetahuiharapansertaekpektasidarigurupengajarnya.Bagaimanacaranya?kamubisalangsungngobrolataubertanyaberkaitandenganmateri,lebihbaiknyasebelumpertemuandimulai.Artinyakamusudahbelajarlebihduludantahubahwamateritersebutdiperkirakansulit.


Nahpadasaatpembelajaranberlangsung,perhatikandancatatdenganseksamaapayangdijelaskanolehguru.Jangansebatasapayangditulisdidalampapantulissaja,melainkanucapan-ucapanyangditerangkannyapunharuskamucerna.bilakamumelupkanini,sungguhkerugianbesarbagikamu.Tidaksedikitguruyangmenjadikanhaltersebutsebagaibahanulangan,lhamisalkamutidakmencatatnyabagaimana?Yakamucumanbisamelongosaja. 


Dengankamumengetahuiharapanguru,kamutahutujuandarimateriyangdisampaikan.Dengankamutahutujuanmateri,kamuakanlebihmudahdalammempelajarinyadantentuakanmenjadikankegiatanbelajarkamumenjadilebihefektif.

— 

Source: 

http://psychcentral.com


Grohol,J.(2013).10HighlyEffectiveStudyHabits.PsychCentral.RetrievedonDecember31,2015,fromhttp://psychcentral.com/lib/top-10-most-effective-study-habits/


Share this: