Pengakuan adanya Tuhan Yang Maha Esa; menjamin penduduk untu memeluk agama

Bacalah kutipan berikut!

Pengakuan adanya Tuhan Yang Maha Esa; menjamin penduduk untu memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya; tidak memaksa warga negara untuk beragama, tetapi diwajibkan memeluk agama sesuai hukum yang berlaku; etheisme dilarang hidup dan berkembang di Indonesia; menjamin berkembang dan tumbuh suburnya kehidupan beragama, toleransi di Indonesia; menjamin berkembang dan tumbuh suburnya kehidupan beragama toleransi antarumat dan dalam beragama , dan negara memfasilitasi bagi tumbuh kembangnya agama dan iman warga negara dan menjadi mediator ketika terjadi konflik antaragama.

Diskusikanlah permasalahan berikut.

a.     Dalam berbagai berita yang bisa kita kutip dari media massa sering kita temui praktik intoleransi antarpenganut agama yang berbeda. Mengapa intoleransi masih sering terjadi dalam kehidupan masyarakat?

b.     Solusi apakah yang perlu ditetapkan agar intoleransi tidak berkembang dalam kehidupan masyarakat kita yang majemuk ini?

Jawab:

a.     Munculnya intoleransi disebabkan oleh empat faktor, pertama pandangan keagamaan sektarian, kedua populisme agama, ketiga politisi yang memanfaatkan agama. Dan yang terakhir, yaitu pendirian rumah ibadah yang dilarang atas dasar agama, sehingga menimbulkan intoleransi.

b.     Cara Menghindari Sikap Intoleransi

Dalam buku Pluralisme, Konflik, dan Perdamaian (2002) oleh Elga Sarapung, beberapa cara menghindari sikap intoleransi sebagai berikut:

  • Tidak memaksakan kehendak diri sendiri kepada orang lain
  • Peduli terhadap lingkungan sekitar
  • Tidak mementingkan suku bangsa sendiri atau sikap yang menganggap suku bangsanya lebih baik
  • Tidak menonjolkan suku, agama, ras, golongan, maupun budaya tertentu
  • Tidak menempuh tindakan yang melanggar norma untuk mencapai tujuan
  • Tidak mencari keuntungan diri sendiri daripada kesejahteraan orang lain

Jangan lupa komentar & sarannya

Kunjungi terus: blogpedia.web.id OK! 😁

Terimakasih sudah mencari jawaban tentang soal Pengakuan adanya Tuhan Yang Maha Esa; menjamin penduduk untu memeluk agama

Jangan lupa Blogpedia.web.id untuk menemukan jawaban soal-soal sekolah adek-adek ya…. Selamat Belajar.

Leave a Comment