Perhatikan artikel berikut! Masalah masyarakat Indonesia yang multikultural sangat rumit. Dengan

Perhatikan artikel berikut!

Masalah masyarakat Indonesia yang multikultural sangat rumit. Dengan bentuk multikulturalisme, menurut Anwar Efendi, masyarakat Indonesia harus memiliki kebudayaan yang coraknya seperti sebuah mosaik. Konsep multikulturalisme bukan hal baru di Indonesia. Kesadaran multikultur sudah muncul sejak Indonesia mulai tumbuh pada masa Kebangkitan Nasional. Akar kata dari multikulturalisme adalah kebudayaan. Integrasi sosial yang mengikat kita tidak menghapus kondisi sosial yang berbeda-beda, termasuk terhadap perbedaan budaya. Untuk menghindari konflik atas perbedaan tersebut, Jurgen Habermas menganjurkan, negara dipersatukan oleh mutual respect terhadap hak-hak orang lain yaitu menerima perbedaan dengan sikap terbuka dan lapang dada. Masalah yang dihadapi oleh masyarakat saat ini adalah meski sudah ada konsep dan perwujudan mengenai multikulturalisme sejak lama, serta memiliki dasar negara Pancasila yang mengandung cita-cita untuk mengakomodasi keberagaman Indonesia tanpa berusaha untuk menyatukan dengan pemaksaan; persoalan konflik antarsuku, pertikaian antaragama, dan merosotnya penghargaan terhadap budaya orang lain masih terjadi di Indonesia. Selain itu, globalisasi juga menjadi masalah lain. Disorientasi dan krisis sosial budaya yang terjadi pada masyarakat semakin bertambah akibat proses ekspansi dan penetrasi budaya Barat sebagai akibat dari globalisasi yang tak terbendung. Banyak ekspresi sosial budaya yang bisa diamati pada anak-anak muda dan juga orang tua mencerminkan tidak adanya fondasi kultural. Masyarakat semakin banyak menganut gaya hidup yang tidak selalu positif dan kondusif bagi budaya bangsa.

Sumber : http://sophialover.wordpress.com/2010/02/06/pancasila-sebagai-jalan-keluar-tantangan-multikulturalisme-di-indonesia/

Berdasarkan artikel tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.     Apakah konsep dasar multikultural yang harus diketahui oleh masyarakat?

2.     Uraikan permasalahan yang muncul dalam masyarakat multikultural!

3.     Apakah pegangan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk menghadapi masalah tersebut?

4.     Sikap seperti apakah yang seharusnya dimiliki oleh masyarakat untuk menghindari konflik akibat kemajemukan masyarakat?

Jawab:

Tugas ini untuk mengasah pemahaman siswa terhadap materi masyarakat multikultural secara menyeluruh. Berikut alternatif jawaban siswa.

1. Konsep dasar multikultural yang harus diketahui oleh masyarakat adalah konsep kesederajatan. Dalam konsep kesederajatan tidak ada budaya satu mengungguli budaya lain karena setiap kebudayaan memiliki karakteristik unik dan berbeda.

2. Masalah yang dihadapi oleh masyarakat multikultural adalah persoalan konflik antarsuku, pertikaian antaragama, dan merosotnya penghargaan terhadap budaya orang lain masih terjadi di Indonesia. Selain itu, globalisasi juga menjadi masalah bagi masyarakat multikultural karena membuka jalan bagi persebaran gaya hidup yang tidak selalu positif dan kondusif bagi budaya bangsa.

3. Pegangan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk menghadapi masalah tersebut adalah Pancasila yang mengandung cita-cita untuk mengakomodasi keberagaman Indonesia tanpa berusaha untuk menyatukan dengan pemaksaan.

4. Sikap yang seharusnya dimiliki oleh masyarakat untuk menghindari konflik akibat kemajemukan masyarakat adalah dengan mengedepankan sikap toleransi dan saling menghargai. Kedua sikap tersebut sangat dibutuhkan untuk menghindari konflik. Sikap toleransi dan saling menghargai tecermin dari perilaku masyarakat yang bergaul dengan orang lain secara wajar tanpa memandang perbedaan sebagai masalah, tetapi sebagai anugerah.

Jangan lupa komentar & sarannya

Kunjungi terus: blogpedia.web.id OK! 😁

Terimakasih telah menemukan jawaban terkait soal Perhatikan artikel berikut! Masalah masyarakat Indonesia yang multikultural sangat rumit. Dengan

Jangan lupa Blogpedia.web.id untuk menemukan jawaban soal-soal sekolah adek-adek ya…. Selamat Belajar.

Leave a Comment