11 Tips & Cara Membuat Taman Minimalis di Lahan Rumah yang Sempit

Posted on
11 Tips & Cara Membuat Taman Minimalis di Lahan Rumah yang Sempit 1
Tips & Cara Membuat Taman Minimalis di Lahan Rumah yang Sempit — Ada langkah-langkah atau tahapan yang mesti kamu lakukan dalam membuat desain taman minimalis di rumah, terutama pada lahan sempit. kamu harus paham cara menata bunga atau tanaman, pemilihan tanaman yang tepat, termasuk layout taman; apakah di depan rumah atau di samping rumah atau di belakang rumah.
Nah, semua pembahasan telah disediakan pada artikel berikut ini. Pastikan kamu memahami artikel ini dengan baik. Tanpa panjang lebar, berikut 11 Tips & Cara Membuat Taman Minimalis di Lahan Rumah yang Sempit.

1. Merancang dan Menentukan Tema Taman

Dalam menentukan tema taman, ada baiknya kamu menyesuaikan dengan desain rumah kamu. Jangan hingga menimbulkan ketidakserasian. Selain itu, dalam membuat taman minimalis di lahan sempit atau kecil, ada baiknya kamu memilih tema yang paling sesuai dengan desain rumah kamu. Ada beberapa tema yang bisa kamu pilih, seperti modern, klasik, tradisional, dan sebagainya. Ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghasilkan keindahan.

2. Menentukan Tata Letak Taman yang Tepat

Dalam menentukan desain dan tata letak (layout) untuk taman minimalis, kamu harus sadar bahwa kamu mempunyai lahan sempit. Dengan demikian, kamu bisa mencari cara yang bijak dalam membuat layout taman. Misalnya, kamu mempunyai lahan kosong di depan rumah atau di belakang rumah atau di samping rumah, maka kamu bisa membuat taman di sana. Yang terpenting, sesuaikan dengan kondisi rumah kamu.

3. Membuat Spot atau Lokasi Taman di Tempat Terpisah

Inilah cara membuat taman minimalis di lahan sempit berikutnya. Khusus bagi rumah yang tidak mempunyai ruang besar untuk taman dan hanya mempunyai spot-spot kecil, baik di depan rumah, samping rumah, atau belakang rumah, maka kamu bisa memanfaatkan spot ruang yang kecil tersebut untuk taman.
Misalnya, di depan rumah kamu spot ruang dengan ukuran 2×2 meter, maka buat taman minimalis di sana. Begitu juga dengan halaman belakang rumah atau samping rumah. Jadi, jangan jadikan keterbatasan sebagai hambatan untuk menciptakan keindahan.

4. Lengkapi dengan Jalan Setapak

Jalan setapak sangat baik digunakan untuk mengubungkan suatu titik ke titik lain antar area sekitar. Misalnya, bisa untuk teras yang membelah tengah taman atau juga bisa dengan menghubungkan antara dua atau lebih tanaman. Cara ini bisa menciptakan kesan luas pada suatu ruang secara visual.
Nah, untuk membuat jalan setapak, kamu bisa mengombinasikan berbagai macam bahan. Bisa dengan menggunakan lempeng batu alam, cetakan semen, potongan kayu, paving grass block, dan sebagainya. Tentu saja, dalam pemilihan bahan, kamu juga mesti menyesuaikan dengan konsep dan desain rumah kamu supaya menciptakan keserasian.

5. Kolaborasikan Pagar dan Tanaman, Jangan Pagar Makan Tanaman! 😀

Lahan mungil memang memberi kesan sempit pada suatu ruang. tetapi, itu bisa diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan tidak membuat banyak batasan-batasan. Pagar, merupakan salah satu batasan yang bisa membuat kesan sempit pada suatu ruang, apalagi bila ruang tersebut di jadikan sebagai taman minimalis. Nah, ruang yang dijadikan sebagai taman tersebut, tentu saja akan diisi dengan berbagai macam tanaman, bukan?
Lalu, bagaimana dengan pagar pembatas? Di sinilah poinnya. Ya, kamu harus mencari cara bagaimana pagar pembatas tersebut terlihat tersamarkan, seolah-olah tidak ada pembatas. Cara terbaik yaitu dengan menanam tanaman semak atau menjalar (berdaun kecil) pada pagar tersebut. Akan jauh lebih menarik bila kamu memperhatikan jarak antar tanaman dan juga komposisi warna tanaman.

6. Memadukan Pola Horizontal & Vertikal

Cara membuat taman minimalis di lahan sempit selanjutnya yaitu dengan memadukan pola horizontal & vertikal pada tanaman. Ini merupakan siasat yang sangat bijak mengingat kamu hanya mempunyai lahan kecil. Nah, untuk pola vertikal, tanaman yang biasa digunakan yaitu yang menjulang ke atas, seperti vertical garden, misalnya. Sedangkan pola horizontal menggunakan tanaman yang melebar ke samping. Lakukan perpaduan dengan proporsional.

7. ketikanya Memilih Tanaman yang Tepat

Selain memilih konsep, desain, layout taman, kamu juga perlu menentukan jenis tanaman sehingga bisa menciptakan keindahan. Banyak jenis tanaman dan jenis bunga yang bisa kamu manfaatkan, tetapi sebaiknya pilih tanaman atau bunga dengan ukuran sedang atau kecil. Pastikan juga kamu menata bunga atau tanaman dengan baik.
Ruang yang kecil dan sempit tidak cocok untuk tanaman atau bunga berukuran besar karena sangat memakan ruang. Selain itu, gunakan juga berbagai macam tanaman atau bunga sehingga bisa terlihat penuh warna, tapi jangan hingga berlebihan; harus proporsional.

8. Menyesuaikan Kuantitas Tanaman

Sesuai dengan konsep minimalis, maka luas dan dimensi tanaman juga harus disesuaikan. Nah, untuk membuat taman minimalis di lahan sempit, maka tanaman yang paling cocok digunakan yaitu yang berukuran kecil dengan kuantitas yang ideal. Artinya, jangan hingga menimbulkan kesemerawutan dan memberi kesan berlebihan. Ingat, konsep minimalis lebih menonjolkan kesederhanaan dan keindahan.

9. Padukan dengan Batu Alam

Taman minimalis yang berada di lahan sempit akan terlihat modern dan elegan dengan menambahkan batu alam. Cara seperti ini bisa membuat nilai lebih pada taman rumah kamu, apalagi bila dipadukan dengan bunga-bunga atau tanaman yang indah. Selain itu, batu alam juga mampu memberikan efek natural (alam) dan bisa memberi kesan sehat pada taman rumah.

10. Cek Drainase (Saluran Air)

Dalam membuat taman minimalis di rumah kamu, apalagi pada lahan sempit, maka kamu mesti memastikan bahwa drainase tersedia. Hal ini memiliki tujuan supaya ketika debit air hujan cukup besar, maka dengan adanya drainase, taman kamu tidak tergenang secara berlebihan. Tidak hanya taman, sudah semestinya setiap rumah wajib mempunyai saluran air. Menyediakan drainase merupakan cara ampuh supaya rumah menjadi sehat.

11. Kerjakan dengan Ikhlas dan Penuh Cinta

Nah, inilah tips dan trik pelengkap sebagai salah satu cara membuat taman minimalis di lahan sempit. Kenapa ini aku masukkan? Ya, ketika kamu mendesain atau mengerjakan taman rumah dengan ikhlas & penuh cinta, maka kamu tidak akan merasa terbebani dalam mengerjakannya. Kalau sudah cinta dan ikhlas, apa pun yang dikerjakan, hasilnya pasti akan maksimal. Sebab, kamu pasti melakukannya dengan sepenuh hati.
Kesimpulan: Dalam membuat taman kecil atau minimalis di rumah yang notabene mempunyai lahan sempit, ada beberapa cara dan tahapan yang mesti kamu lakukan. kamu harus paham mengenai kesesuaian teman dengan desain rumah, tata letak taman (layout), cara menata bunga, penentuan model taman (modern, klasik, tradisional, dst), posisi taman (depan rumah, samping rumah, atau belakang rumah), dan seterusnya.
Bagaimana sobat? Apakah informasi ini bermanfaat untuk kamu? Ya, itulah langkah-langkah dan tahapan yang mesti kamu lakukan untuk menciptakan taman minimalis di lahan sempit. 11 tips dan cara di atas bisa menjadi pertimbangan kamu dan akan lebih baik bila kamu mengimplementasikan semuanya supaya mendapatkan hasil terbaik. Semoga artikel ini bisa membuat kamu terinspirasi. Aamiin.