Rumah

16 Tips & Cara Menata Rumah Kecil supaya Terlihat Luas, Rapi, Sehat & Menarik

16 Tips & Cara Menata Rumah Kecil supaya Terlihat Luas, Rapi, Sehat & Menarik 1

16 Tips & Cara Menata Rumah Kecil supaya Terlihat Luas, Rapi, Sehat & Menarik 2

Cara Menata Rumah Kecil supaya Terlihat Luas, Rapi, Sehat, dan Menarik mempunyai rumah adalah idaman, mungkin bagi semua orang, karena tidak semua orang mampu mempunyai rumah, dan cukup banyak yang memilih untuk menyewa kontrakan. Beruntunglah bagi kamu yang sudah mempunyai rumah pribadi, walaupun berukuran kecil dan terlihat sempit.
Sebenarnya, rumah mungil, kecil, sempit, bukanlah suatu hambatan supaya rumah bisa terlihat rapi, luas, sehat, nyaman, dan menarik, asalkan kamu tahu bagaimana cara mengoptimalkannya. Tidak rumit, kok. kamu bisa mengoptimalkan rumah kecil supaya terlihat luas, rapi, sehat, & menarik, dengan cara-cara yang sederhana dan murah! Bagaimana caranya? Berikut tips & cara menata rumah kecil supaya terlihat luas, rapi, sehat, dan menarik.

Cara Menata Rumah Kecil supaya Terlihat Luas

Apakah bisa rumah mungil, kecil, sempit menjadi luas? Bisa! Asalkan kamu tahu cara menata yang benar. Nah, berikut cara sederhana supaya rumah kecil kamu bisa terlihat luas.

1. Perhatikan Pemilihan Warna Dinding

Inilah tips pertama cara menata rumah kecil supaya terlihat luas. Ya, kamu harus memperhatikan pemilihan warna pada dinding. Warna seperti apa yang bisa memberi efek luas pada rumah? Gunakanlah warna cat yang cerah sehingga rumah kamu bisa terlihat lebih luas dan lapang. Cara ini cukup efektif dan kamu bisa mencobanya. Umumnya, banyak orang yang memilih warna putih sebagai dominasi pada dinding rumah mereka, dan ini juga sesuai dengan rekomendasi para arsitektur.

2. Gunakan Cermin Berukuran Besar pada Dinding

Pertama kali aku meyakini bahwa cermin mampu memberi efek luas pada ruangan yaitu ketika mendatangi sebuah toko yang notabene berukuran kecil. Ya, pemilik toko menempatkan cermin berukuran besar pada dinding tokonya sehingga toko yang mungil dan kecil tersebut bisa terkesan luas. Cara sederhana ini juga bisa dilakukan pada rumah berukuran kecil, dan hasilnya sangat efektif. Ruangan kamu akan terlihat seolah-olah mempunyai dua sisi jendela, karena itulah ruangan akan terasa lebih luas.

3. Manfaatkan Furnitur Multifungsi

Cara menata rumah kecil yang tepat supaya bisa terlihat luas salah satunya yaitu dengan mengoptimalkan penggunaan furnitur. Ya, kamu bisa memanfaatkan furnitur multifungsi sehingga itu bisa meminimalisasi kuantitas, dan pastinya lebih efisien, baik dari segi biaya maupun ruangan. Terlalu banyak furnitur bisa membuat rumah kecil terkesan semakin sempit. Itulah perlunya mengoptimalkan fungsi furnitur.

4. Jangan Berlebihan Menggunakan Furnitur

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bila kamu terlalu banyak menggunakan furnitur pada rumah yang mungil dan kecil, itu akan memberikan efek sempit pada ruangan. karena itulah, jangan berlebihan menggunakan furnitur dan kamu bisa memanfaatkan furnitur multifungsi.  Caranya ini memang sederhana, tapi dampaknya sangat besar.

5. Beri Motif yang Tepat pada Lantai Rumah

Cara menata rumah kecil biar terlihat luas selanjutnya yaitu dengan memperhatikan motif lantai rumah. Ya, kamu bisa memberikan motif yang bisa memberi efek luas pada rumah. aku cenderung lebih suka bila lantai rumah tidak terlalu banyak motif. Cukup dengan motif yang sederhana. Tapi ini juga tergantung selera. Asalkan itu tetap mendukung supaya ruangan terkesan luas secara natural, apalagi dengan hadirnya efek cermin pada dinding.

6. Hindari Menggunakan Banyak Sekat

Selain terlihat tidak rapi dan tidak menarik, penggunaan sekat yang berlebihan pada ruangan juga bisa membuat rumah mungil terkesan semakin sempit. Rumah berukuran kecil sangat disarankan untuk tidak menggunakan banyak sekat, kalau bisa ditiadakan dan diganti dengan furnitur yang bisa menggantikan fungsi sekat.
Sebagai contoh, bila kamu ingin membantasi antara ruang dapur dan ruang keluarga, maka kamu bisa memberikan lemari atau cukup dengan gorden saja. Selain lebih sederhana, ini juga terkesan lebih efisien dan rapi.

Cara Menata Rumah Kecil supaya Terlihat Rapi, Nyaman, dan Menarik

Setelah kamu memahami cara menata rumah kecil supaya terlihat luas, kini ketikanya kamu bisa menyimak cara menata rumah kecil supaya terlihat rapi, nyaman, dan menarik. Dengan demikian, rumah kamu akan terlihat lebih baik.

7. Perhatikan Penempatan Barang

Apa yang ada dipikiran kamu ketika melihat barang-barang berserakan di dalam rumah? Ya, terkesan kumuh, tidak rapi, dan tidak nyaman. Nah, itulah kamu perlu memperhatikan penempatan barang-barang kamu, baik mainan anak, tas, sepatu, dan sebagainya. Ingat, rumah kecil mungil bisa terlihat menarik dan rapi asalkan kamu sudi menata barang-barang di rumah dengan tepat.

8. Simpan Barang pada Tempat yang Tepat

Ruangan yang tidak luas atau kecil, bukan berarti kamu tidak bisa leluasa menyimpan banyak barang. kamu hanya perlu tahu cara menata barang yang tepat. Misalnya, di rumah banyak mainan anak, supaya terlihat rapi, kamu bisa membuat wadah khusus untuk mainan anak, apakah itu kardus, lemari, atau lainnya. Jangan biarkan rumah terlihat sempit (tidak luas) karena kamu tidak mau menyimpan barang pada tempat yang tepat.

9. Pasang Wallpaper dengan Benar

Tak bisa dipungkiri bahwa dinding merupakan salah satu elemen penunjang dalam menata rumah. Pemilihan warna dinding yang benar dapat memengaruhi keindahan sebuah ruangan ketika menata rumah. supaya rumah kecil dapat terlihat luas, pilihlah warna-warna terang seperti yang dijelaskan sebelumnya.
Kemudian, jangan alpa untuk menyesuaikan warna cat dengan warna furnitur. Kenapa? Hal ini memiliki tujuan supaya mempermudah kamu dalam menata rumah supaya menjadi rapi dan menarik. Selain memperhatikan warna cat dinding, kamu juga bisa menata rumah menjadi lebih menarik dan indah dengan dengan menggunakan wallpaper. Ini tergantung selera, yang terpenting pilihlah corak yang bervariasi dan elegan sehingga bisa membuat ruangan menjadi sempurna.

10. Membuat Ruangan Multifungsi

Nah, inilah cara menata rumah kecil supaya terlihat rapi, nyaman, dan menarik selanjutnya. Apa yang dimaksud dengan ruangan multifungsi? Ya, sebuah ruangan yang bisa dijadikan atau berfungsi untuk berbagai macam ruangan. Sebagai contoh, kamu bisa menggabungkan ruang makan dengan dapur, serta bisa juga menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Selain bisa menghemat ruang dan memberikan efek luas, ini juga bisa membuat rumah kamu efisien terhadap penggunaan furnitur sehingga rumah bisa terlihat lebih nyaman.

Cara Menata Rumah Kecil supaya Terlihat Sehat

Setelah kamu memahami cara menata rumah kecil supaya terlihat luas, rapi, nyaman, dan menarik. Kini, ketikanya kamu membuat rumah menjadi lebih sempurna dengan memahami cara menata rumah kecil supaya terlihat bersih dan sehat.

11. Perhatikan Pencahayaan Rumah

Pencahayaan merupakan elemen penting yang bisa membuat sebuah ruangan terlihat sehat. Bagaimana pandangan kamu terhadap ruangan yang redup dan cenderung gelap? Ya, kesannya kotor dan tidak sehat. karena itulahlah kamu sebaiknya menggunakan pencahayaan yang tepat. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan warna lampu putih dan terang. Kenapa? Banyak orang yang meyakini bahwa warna putih bisa memberikan efek bersih sedangkan warna terang bisa memberikan efek lapang pada sebuah ruangan.

12. Konsisten untuk Membersihkan Rumah

Tips menata rumah kecil supaya terlihat sehat yaitu dengan rutin membersihkan rumah. Tidak harus setiap hari, bisa sekali tiga hari, atau minimal sekali seminggu (jika kamu sibuk). Jangan biarkan rumah tidak dibersihkan selama berminggu-minggu apalagi berbulan-bulan. Selain bisa membuat rumah menjadi berdebu dan kotor, kamu pun bisa repot bila harus membersihkannya karena kotoran yang sudah menumpuk. aku tahu, rumah mungil (tidak luas) akan lebih mudah dalam hal pengurusan, tapi kalau dilakukan pembiaran, bisa saja semuanya terlihat rumit.

13. Tambahkan Tanaman

Tanaman merupakan salah satu elemen yang identik dengan keindahan. Nah, bila kamu ingin menata rumah kecil supaya terlihat indah, maka jangan lupa memberi tanaman pada rumah kamu. Selain indah, tanaman juga memberi kesan sehat pada rumah. Itulah alasan kenapa banyak orang yang menempatkan banyak tanaman di sekitar rumahnya.

14. Perhatikan Aliran Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara merupakan salah satu faktor penting dalam menata rumah supaya menjadi sehat. Jangan hanya membuat rumah yang indah, luas, cantik, rapi, bersih, tetapi tidak sehat. Nah, cara sederhana yang bisa kamu lakukan supaya rumah kecil tersebut bisa menjadi sehat yaitu dengan membuka jendela rumah setiap pagi. Kenapa? Itu memiliki tujuan supaya cahaya matahari dan perputaran udara bisa masuk ke dalam rumah kamu.

15. Cek Sanitasi dan Drainase

16. Cegah Hal-Hal yang Bisa Mengotori Rumah

Nah, itulah informasi mengenai cara menata rumah kecil supaya terlihat luas, rapi, sehat, dan menarik. Ingat, walaupun rumah kamu hanya kontrakan, kos, atau apapun, tetaplah menjaga kerapian, keindahan, dan kesehatan rumah. Yang terpenting, rumah atau hunian yang kamu tempati bisa membuat kamu nyaman dan aman. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Bravo!