Seorang remaja yang tumbuh dan berkembang dari keluarga yang biasa-biasa saja dalam

Seorang remaja yang tumbuh dan berkembang dari keluarga yang biasa-biasa saja dalam menjalankan ajaran agama, namun kemudian ia memisahkan diri dari keluarga dan masuk ke dalam organisasi keagamaan yang beraliran keras dan radikal. Organisasi ini memiliki standar nilai dan norma yang berbada dari organisasi keagamaan lainnya.



Perilaku menyimpang yang terjadi pada diri remaja tersebut disebabkan oleh faktor….

  A.   sosialisasi yang tidak sempurna

  B.    sosialisasi sub budaya yang menyimpang

  C.    adanya nilai dan norma sosial yang umum

  D.   lingkungan sosial budaya yang berbeda 

  E.    anggota organisasi keagamaan tertentu

Pembahasan:

Perilaku remaja yang masuk ke dalam organisasi keagaman yang bersifat keras dan radikal merupakan akibat dari proses sosialisasi yang tidak sempurna sejak ia memahami agama dari lingkungan keluarga. Apabila dalam lingkungan keluarga pemahaman agamnya baik maka ketika ia masuk ke dalam lingkungan sosial yang baru maka ia akan memahami ajaran yang baik dan buruk. Akibat dari proses sosialisasi yang tidak sempurna dari keluarga terhadap pemahaman agama maka ia terjerumus pada organisasi keagamaan yang radikal. Perlu diketahui bahwa proses sosialisasi seorang individu pertama kali yakni dari lingkungan kelurga maka lingkungan keluarga memegang peranan penting terhadap perilaku dan pemahaman individu yang kemudia berkembang berinteraksi dengan lingkungan diluar keluarga.

Jawaban: A

Jangan lupa komentar & sarannya

Terimakasih sudah mencari jawaban tentang soal Seorang remaja yang tumbuh dan berkembang dari keluarga yang biasa-biasa saja dalam

Jangan lupa Blogpedia.web.id untuk menemukan jawaban soal-soal sekolah adek-adek ya…. Selamat Belajar.

Leave a Comment