7 Penyebab Hardisk Menjadi Cepat Rusak

Posted on

Hai sob, pada kesempatan ini nih, mumpung ada waktu buat nulis, aku akan membagikan informasi beberapa penyebab hardisk rusak pada laptop maupun koputer desktop, nah untuk jelasnya sobat bisa lanjut menyimak artikel ini:

Penyebab Hardisk Menjadi Cepat Rusak
Penyebab Hardisk Menjadi Cepat Rusak

 

1. Panas Berlebih (Over Heat)

Semua perangkat elektronik, pastinya memakai tenaga listrik sebagai sumber tenaga utama agar dapat beroperasi sebagaimana mestinya, tenaga listrik tersebut dialirkan pada komponen logam yang terdapat pada perangkat elektronik tersebut. Hal itu terbilang sangat efektif, namun efek samping yang akan dialami oleh logam tersebut adalah perubahan energi listrik ke energi panas (kalor).

Panas pada perangkat elektronik dapat menyebabkan penurunan kinerja, bahkan dapat merusak komponen didalamnya, karena panas memberikan efek memuai sesampai komponen menjadi tidak seperti semula. oleh karena itu beberapa perangkat elekronik seperti proyektor dan PC desktop memakai kipas (cooling pad) untuk membantu menstabilkan suhu didalamnya.

 

2. Penggunaan yang Berlebihan

Komputer ataupun laptop yang digunakan secara terus menerus dan dalam waktu yang lama, akan berimbas pada komponen komponen yang terdapat didalamnya menjadi cepat rusak. Termasuk hardisk, setiap perangkat elektronik setidaknya membutuhkan ‘istirahat’ untuk mendinginkan suhu. oleh karena itu jangan menggunakan PC sobat terlalu lama ya?.

 

3. Terjatuh atau Terbentur

Seperti namanya, hardisk merupakan perangkat yang komponen utamanya berbentuk ‘disk’ (cakram). Posisi cakram tersebut sangat sensitif, apabila terjatuh atau terbentur, maka kemungkinan besar akan terjadi kerusakan pada cakram didalamnya dan akhirnya hardisk menjadi rusak, oleh karena itu hardisk hendaknya ditangani dengan sangat hati-hati.

 

4. Usia Hardisk

Setiap benda pasti mempunyai masa usang, tidak terkecuali hardisk, saat komputer dirasa sering mengalami hang, lemot atau lag, dan re-install sistem operasi tidak dapat menyelesaikan masalah, maka pertimbangkan untuk mengganti hardisk baru.

 

5. Pasokan Listrik yang Tidak Stabil

Pasokan listrik yang tidak stabil akan mempengaruhi kemampuan putaran hardisk, karena cakram di dalam hardisk yang berputar dengan kecepatan yang tidak stabil. Pada beberapa kasus, bad sector terjadi dikarenakan tidak stabilnya pasokan listrik.

 

6. Komputer Sering Mati Seketika

Saat komputer maupun laptop hang (not responding), pengguna biasanya akan mematikan perangkat dengan cara menekan tombol power dan menahannya agak lama sampai laptop mati, sesampai bisa dikatakan force shutdown.

Saat komputer maupun laptop mati seketika, cakram didalam hardisk yang tadinya berputar dengan sangat cepat sampai 10.000 putaran per menit, tiba-tiba berhent, otomatis hardisk dipaksa berhenti, dan tentu saja apabila hal tersebut terjadi sampai berkali-kali akan berpotensi merusak hardisk beserta file-file ksayangan sobat disana.

 

7. Installasi yang Berlebihan

Installasi yang dimaksud adalah installasi perangkat lunak atau sistem operasi atau sering disebut dengan OS (Windows, Linux, Mac dll.), saat proses penginstallan dilakukan, hardisk akan bekerja sangat keras, karena proses install membutuhkan write dan read yang cukup besar.

Terlebih lagi, apabila komputer maupun laptop digunakan untuk menjalankan perangkat lunak yang membutuhkan sumber daya yang besar seperti Photoshop, Corel Draw ataupun Game Berat, kemungkinan besar hardisk akan cepat panas dan mungkin berpotensi mengalami kerusakan.

 

Nah itu dia Beberapa Penyebab Hardisk Rusak, semoga artikel ini bermanfaat ya sob, sampai jumpa di artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image