Cara Aman Ngecas HP di Mobil Menggunakan Soket USB

Posted on

Mengecas hp di mobil akan memberikan dampak untuk hp atau smartphone itu sendiri memang tidak secara langsung namun berangsur-angsur, entah sobat mau charger hp di mobil avanza atau brio.

Cara Aman Ngecas HP di Mobil Menggunakan Soket USB
Cara Aman Ngecas HP di Mobil Menggunakan Soket USB

Bahaya lain sebagai akibat ngecas hp di dalam mobil ataupun motor dan sobat ngecas di samping tape yang sobat pasang dari rumah sebelumnya. Terasa kontradiktif apabila ternyata lighter sebagai tempat menaruh alat buat ngecas hp dalam mobil yang akan dipasang disamping tape beredar luas dan dijual dengan harga yang murah di konter-konter dekat rumah anda. Apalagi bila selain ngecas di mobil, sobat pun juga sering ngecas di laptop dengan cara menggunakan kabel USB sebagai soketnya.

Namun, ada beberapa pendapat dari teknisi yang paham tentang kelistrikan di dalam mobil, bahwasanya selama kelistrikan di dalam mobil tetap stabil maka tidak akan memberikan pengaruh apapun terhadap baterai ponsel, yang memberikan pengaruh ternyata dari alat yang digunakan untuk ngecas. Setelah dilakukan penelitian singkat tentang rangkaian cas hp di mobil bahwa terdapat perbedaan bila ngecas perangkat menggunakan lighter charger dan soket usb melalui pengujian dengan menggunakan mobil yang dihidupkan pada posisi idle dan 2.500 rpm. Pengujian sendiri menggunakan multimeter digital. Justru rentang perubahan arus listrik terjadi paling besar saat menggunakan lighter charger di putaran mesin idle yakni 110 mA, sedangkan pada soket USB perubahan arus listriknya tidak terlalu besar yakni berada diantara 40-60 mA saja.

Dari pengujian di atas dapat disimpulkan bahwa memilih charger mobil terbaik charger untuk hp ialah Soket USB. Saat sobat menggunakan Soket USB untuk ngecas smartphone, pastikan aki mobil sebagai sumber kelistrikan terawat dengan baik dan bekerja normal, pastikan pula smartphone sobat tidak overheat akibat overcharge. Berikutnya jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung karena paparan sinar matahari mampu meningkatkan suhu smartphone sobat dengan cepat, jangan sambil menelpon saat ngecas dengan soket USB, serta pastikan untuk melepaskan smartphone sobat dari soket USB bila mobil telah mati. Sekian Cara Aman Ngecas HP di Mobil Menggunakan Soket USB. Semoga Bermanfaat!