Daftar HP Android Oreo dan Fitur Terbaru Android 8.0 Oreo

Posted on

Daftar HP Android Oreo dan Fitur Terbaru Android 8.0 Oreo – Google merilis versi baru Android setiap tahunnya. Pada 2017, OS terbaru yang baru dirilis itu adalah Android 8.0 Oreo, namanya terungkap pada tanggal 21 Agustus 2017 ketika gerhana matahari di AS. Seperti pada update Nougat 2016, Android Oreo pada awalnya diluncurkan sebagai developer preview seperti Android O sebelum peluncuran resmi pada pembukaan konferensi Google I/O 2017, sehingga beberapa menggunakan Oreo untuk beberapa waktu dalam bentuk versi beta.

Daftar HP Android Oreo dan Fitur Terbaru Android 8.0 Oreo 1

Android 8.0 Oreo telah resmi tersedia untuk beberapa waktu, dengan Google mengkonfirmasikan pada 21 Agustus 2017 bahwa kode sumber telah didorong ke Android Open Source Project )AOSP). Bahkan Android 8.1 Oreo telah diluncurkan ke perangkat Google juga.

Mulai tanggal ini dan seterusnya, banyak pengujian yang harus dilakukan – pengujian carrier / jaringan, serta pengujian pada perangkat yang berbeda. Bagi pabrikan, ini adalah awal dari proses pengujian untuk mengintegrasikan versi Android terbaru ke perangkat mereka. kamu bisa mencoba mengikuti tips Fitur Terbaru HP Android 8.0 Oreo

Daftar HP Android Oreo dan Fitur Terbaru Android 8.0 Oreo 2

Android Oreo: Fluid Experiences

Google Assistant dari setiap aplikasi: Kode yang ditemukan di situs Android Developers telah mengungkapkan bahwa Android Oreo akan membiarkan kamu membuka GoogleAndroid Developers dari aplikasi pihak ketiga, menghapus kebutuhan untuk membukanya secara terpisah. Hal ini mungkin hanya bekerja pada aplikasi yang didukung, tidak untuk semua aplikasi pihak ketiga pada awalnya, namun ini telah meningkatkan kemampuan fitur multitasking Android Oreo, dan menunjukkan dorongan signifikan Google untuk mempromosikan AI-nya.

Picture-in-picture: salah satu perkembangan paling signifikan di Android Oreo, fitur ini difokuskan pada multitasking. Ini memungkinkan kamu menmbuka satu aplikasi foto viewer lainnya, misalnya Netflix di jendela kecil yang floating pada ketika memeriksa email kamu (atau hal lain yang kamu suka) di fullscreen.

Autofill: Fitur Android Oreo ini membuat mengisi kolom secara otomatis tersedia di aplikasi Android. Artinya, dengan seizin kamu, Autofill akan mengingat login kamu untuk Twitter, Facebook, dan lainnya.

Smart Text Select: Fitur ini secara otomatis mengenali item seperti nomor telepon, nama tempat dan alamat, sehingga memudahkan untuk memilih yang kamu butuhkan dengan cepat dengan sekali tekan di Android Oreo.

Notification Dots: Fitur baru di Android Oreo ini memungkinkan kamu melihat notifikasi baru dengan cepat dan mudah, serta untuk menghapusnya dengan cara menggeseknya.

Android Instant Apps: Android Oreo ini memungkinakan kamu untuk langsung masuk ke aplikasi baru dari browser kamu tanpa perlu menginstalnya terlebih dahulu.

Android Oreo: Vitals

Runtime: Perubahan utama di bawah payung Vitals adalah perbaikan menyeluruh pada Android runtime environment. Apa artinya ini dan apa fungsinya? Terutama fitur ini membuat kinerja lebih cepat, waktu booting lebih cepat dan aplikasi yang diluncurkan lebih cepat juga. Google mengatakan perangkat Android akan meningkat dua kali lebih cepat, yang merupakan bonus bagus untuk masa-masa sulit yang dibutuhkan handset kamu untuk restart.

Google Play Protect: Dengan Android Oreo, kamu bisa memindai aplikasi yang baru saja diunduh di ponsel untuk menghindari ancaman keamanan sistem. Fitur Android Oreo ini juga akan memberi pengembang sejumlah tool baru untuk membantu mereka menghasilkan aplikasi yang membuat penggunaan sumber daya lebih efisien seperti penggunaan CPU, memori dan data dalam upaya meningkatkan masa pakai baterai.

Background limits: Android Oreo telah dirancang untuk membantu meminimalkan aktivitas latar belakang di aplikasi yang paling jarang kamu gunakan.

Kekuatan sinyal dan kecepatan

Android 8.1 memperkenalkan fitur yang memungkinkan kamu melihat seberapa kuat sinyal Wi-Fi, dan seberapa cepat koneksi internet di jaringan internet publik sebelum kamu terhubung.

Android Oreo: Google Lens, Assistant, Photos, dan banyak lagi

Di tempat lain di Android Oreo, ada banyak pembaruan yang terkait dengan Google Asisten dan Google Photos: kedua bagian utama dari pengalaman Android.

Google Lens: Tool ini adalah tentang menganalisis gambar live daripada yang statis, menafsirkan benda sehari-hari seperti bangunan, bunga dan rambu dan memberikan informasi tentang mereka ketika kamu mengarahkan kamera ke arah benda tersebut. Lensa akan bisa mengenali apa yang sedang dibidik kamera dan tawaran kamu untuk melakukan tindak lanjut terhadap informasi tersebut.

Google Assistant juga bisa menafsirkan kueri teks bebas dan juga kata-kata yang diucapkan serta memproses tindakan terkait pembayaran, sehingga membuatnya setara dengan Amazon Alexa.

Google Photos: Aplikasi foto built-in mendapatkan sejumlah fitur baru di Android Oreo, termasuk tool untuk membantu kamu berbagi foto dengan teman dan kerabat, serta kemampuan untuk mencetak foto langsung dari aplikasi Photos di smartphone kamu. Layanan photo books hanya akan tersedia di AS pada awalnya, walaupun lalu juga tersedia di lebih banyak negara akhir tahun ini.

Daftar HP Android Oreo dan Fitur Terbaru Android 8.0 Oreo 3

Emoji: Android Oreo mendapatkan set emoji yang didesain ulang sepenuhnya, termasuk lebih dari 60 emoji baru.

Tombol Accessibility: Tombol yang didesain ulang ini akan memberi kamu akses cepat dari fitur akses bar navigasi, seperti pembesaran dan fungsi dalam layanan aksesibilitas, seperti Select to Speak.

Layar Ambient: Fitur ini membuat highlight pada notifikasi masuk dengan font lebih besar, menyoroti nama aplikasi dan memberikan akses langsung ke tindakan.

Find my device: Android Oreo hadir dengan fitur yang memungkinkan kamu menemukan, mengunci atau menghapus dari jarak jauh file dan data ponsel atau tablet kamu bila hilang atau dicuri – mirip dengan fitur Find my iPhone di iOS.

Fitur untuk developer Android Oreo

Bagi pengembang, Android Oreo menyertakan alat baru untuk pembangun aplikasi:

Autosizing textview: Alat ini secara otomatis mengisi TextView dengan teks, berapa pun jumlahnya.

Font in XML: Font sekarang merupakan jenis sumber daya yang didukung sepenuhnya di Android Oreo. Pengembang bisa menggunakan font dalam tata letak XML dan menentukan font families dalam XML.

Font dan emoji yang bisa di-download: Dengan font yang bisa diunduh, pengembang bisa memuat font dari penyedia bersama alih-alih memasukkannya ke APK mereka.

Adaptive icons: Di Android Oreo, pengembang sekarang bisa menyediakan “ikon berbentuk persegi panjang shaped”.