Terangkan daerah-daerah yang berhasil dikuasil Dapunta Hyang!

Salah satu raja yang pernah berkuasa di Kerajaan Sriwijaya adalah Dapunta Hyang. Pada sekitar abad ke-7, Dapunta Hyang banyak melakukan usaha untuk perluasan daerah. Terangkan daerah-daerah yang berhasil dikuasai Dapunta Hyang!

Jawab:

Berikut daerah-daerah yang berhasil dikuasai Dapunta Hyang.

  1. Tulang Bawang terletak di daerah Lampung.
  2. Daerah Kedah terletak di pantai barat Semenanjung Melayu. Daerah Kedah tersebut sangat penting artinya bagi usaha pengembangan perdagangan dengan India. Penaklukan Sriwijaya atas kedah menurut I-Tsing berlangsung antara tahun 682–685 M.
  3. Pulau Bangka yang terletak di pertemuan jalan perdagangan internasional (merupakan daerah yang sangat penting). Berdasarkan Prasasti Kota Kapur, Pulau Bangka dapat dikuasai Sriwijaya pada tahun 686 M. Diceritakan juga Sriwijaya berusaha menaklukkan Bhumi Java yang tidak setia kepada Sriwijaya. Bhumi Java yang dimaksud adalah Jawa (khususnya Jawa bagian barat).
  4. Jambi yang terletak di tepi Sungai Batang hari. Jambi memiliki kedudukan yang penting terutama untuk memperlancar perdagangan di pantai timur Sumatra. Penaklukan Jambi dilakukan kira-kira pada tahun 686 M (Prasasti Karang Berahi).
  5. Tanah Genting Kra. Penguasaan Tanah Genting Kra ini dapat diketahui dari Prasasti Ligor yang berangka tahun 775 M. Kedudukan Tanah Genting Kra sangat penting. Hal itu karena jarak antara pantai barat dan pantai timur di Tanah Genting Kra sangat dekat sehingga para pedagang Cina berlabuh terlebih dahulu di pantai dan membongkar barang dagangannya untuk diangkut dengan pedati ke pantai barat. Selanjutnya mereka berlayar ke India.
  6. Kerajaan Kalingga dan Kerajaan Mataram Kuno. Menurut berita Cina, diterangkan bahwa adanya serangan dari barat sehingga mendesak Kerajaan Kalingga pindah ke sebelah timur. Diduga yang melakukan serangan tersebut adalah Sriwijaya. Sriwijaya ingin menguasai Jawa bagian tengah karena pantai utara Jawa bagian tengah juga merupakan jalur perdagangan yang penting.

Jangan lupa komentar & sarannya

Terimakasih telah menemukan jawaban terkait soal Terangkan daerah-daerah yang berhasil dikuasil Dapunta Hyang!

Jangan lupa Blogpedia.web.id untuk menemukan jawaban soal-soal sekolah adek-adek ya…. Selamat Belajar.

Leave a Comment