Cara Membatasi Konten Google Play Agar Aman Diakses Anak-Anak

Posted on

Di era digital, banyak anak anak yang lebih memilih gadget untuk media bermain. Sekarang mulai jarang ditemui anak-anak bermain dengan permain tradisional, apalagi yang tiggal di kota besar. Nah, kali ini saya akan memberi tips cara membatasi konten Google Play agar aman diakses anak-anak.

Konten yang tersedia di google play sangat banyak, mulai dari konten anak-anak sampai konten yang dewasa. Konten tersebut sangat beragam mulai dari buku, hiburan, game, dan aplikasi yang memungkinkan bisa digunakan untuk emdia belajar anak-anak secara mandiri.

Baca juga : 8 Aplikasi Pembersi File Sampah Android Gratis Paling Ampuh

Untungnya google telah menyematkan fitur yang bernama parental control atau kontrol orang tua, dengan fitur tersebut akan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan oleh orang tua. Namun, kini masih banyak orang yang belum mengaktifkan fitur ini, atau bahkan tidak tahu cara mengaktifkan-Nya.

Cara Membatasi Konten Google Play Agar Aman Diakses Anak-Anak 1

Langkah Pengaktifan Parental Control

  1. Pertama, buka aplikasi Play Store terlebih dahulu. Lalu, geser ke kiri dan masuk menu setting.
  2. Selanjutnya, pilih parental control. dan buat pin sesuka hati anda.
  3. Pilih, Apps & Games dan tentukan usia sesuai umur anak anda. Jika kalian pilih 7+ maka aplikasi dan game yang ditampilkan hanya untuk umur 7 tahun kebawah. Diatas usia tersebut aplikasi dan game tidak akan tampil di Google Play Store.

Nah, begitu cara mengaktifkan parental control, konten yang cenderung berbahaya atau mungkin mengandung konten dewasa kini tidak akan bisa diakses. Maka, akan mengurangi kekhawatiran anda terhadap buah hati anda akan konten yang berbahaya.