Cara Mengatasi Booting Windows 10 Yang Lambat

Posted on

Akhir-akhir ini laptop saya mengalami proses booting yang sangat lambat. Saya sudah kesana kemari untuk mencari cara supaya booting laptop saya menjadi cepat. Namun dengan cara-cara tersebut mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.

Apakah kalian juga memiliki permasalahan yang serupa seperti saya ?

Sebenarnya, default waktu booting windows 10 adalah 30 detik. Kalian juga dapat mempercepat booting hingga dibawah 10 detik. Dengan pengaturan yang tersedia kalian dapat mengoptimalisasi booting laptop atau pc kalian.

Nah, sebenarnya mengatasi booting di windows 10 adalah sesuatu yang mudah. Kalian cukup menirukan cara-cara yang sudah saya berikan dibawah.

1. Mengaktifkan Fitur Fast Startup

  1. Klik kanan pada icon battery, dan pilih Power Option

Cara Mengatasi Booting Windows 10 Yang Lambat 1

2. Pada jendela Power Option, klik “Choose what the power buttons do”

Cara Mengatasi Booting Windows 10 Yang Lambat 2

3. Pada jendela System Settings, klik “Change settings that are currently unavailable“. Sebelumnya fitur fast startup dan fitur lainya tidak tersedia, sekarang fitur tersebut akan terbuka dan dapat digunakan. Lalu, centang pada Turn on fast startup (recommended) dan klik tombol Save Changes.

Cara Mengatasi Booting Windows 10 Yang Lambat 3

2. Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis Saat Startup

Semakin banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis saat startup, maka booting laptop kalian akan semakin lama. Maka langkah yang tepat adalah mematikan aplikasi yang berjalan saat start up.

  1. Buka Task Manager, dengan klik kanan pada bagian Taskbar atau dengan perintah Ctrl+Alt+Del lalu pilih Task Manager.

Cara Mengatasi Booting Windows 10 Yang Lambat 4

2. Setelah terbuka jendela Task Manager, klik tab startup lalu pilih aplikasi yang tidak diperlukan. Selanjutnya, klik kanan pada aplikasi yang akan dimatikan, lalu klik disable.

Cara Mengatasi Booting Windows 10 Yang Lambat 5

Nah, cara diatas merupakan cara mempercepat booting yang lama di windows 10. Caradiatas tergolong sanfgat mudah. Bahkan para user yang baru menggunakan laptop pasti bisa melakukannya.