Tips

10 Tips Merawat Sepeda

10 Tips Merawat Sepeda 1

10 Tips Merawat Sepeda 2cassete

Masih teringat rasa penyesalannya dulu ketika sepeda Polygon saya belum hilang, penyesalan membiarkan kotoran menempel di sepeda menjadikan muncul karat di beberapa bagian sepeda. Kala itu, setelah gowes jauh dan kotor-kotoran, tanah basah dibiarkan sampai kering, sisa-sisa rumput yang membelit di cassete dan RD dibiarkan begitu saja, dan voila! jadilah karat.

Berikut ini Tips penting untuk merawat sepeda, supaya awet, digowes ringan, dan tetap keren 😀
1. Tips pertama dari mamang tukang cuci sepeda dan motor, sebaiknya jangan mencuci sepeda dengan air bertekanan tinggi, terutama di tertentu seperti HUB, BB, kabel rem dan shifter. Cukup disiram dan dilap.

2. Jika sudah selesai dicuci, akan lebih baik dilap pakai lap kering, dan diangin-anginkan/ dijemur sehingga air yang tersisa mudah menguap. Usaha ekstra akan dibutuhkan untuk sepeda yang bahannya besi supaya menghindari karat.

3. Cek lubang yang berada di bawah BB, fungsinya adalah untuk pembuangan air, jangan biarkan lubang tersebut tersumbat kotoran.

4. Rajinlah melumasi bagian-bagian yang memang harus dilumasi, misalnya kabel-kabel shifter, rem, rantai, dan jangan dibiarkan terlalu kering. Jika dibiarkan kering akan cepat aus/ karatan, rantainya akan berisik dan berat ketika digowes, lebih parah lagi akan mengikis gear sedikit demi sedikit.

5. Untuk sepeda lipat, cek secara berkala sambungan di rangka. Beri grease yang bagus dan secukupnya, dan tidak perlu grease yang tahan panas. Engsel sepeda lipat tidak akan sampai sepanas itu.

6. Jangan melumasi sepeda dengan penetran, lumasilah dengan lubricant. Lubricant fungsinya memang melumasi tapi tidak terserap ke celah-celah, berbeda dengan penetrant yang bisa masuk dan mengencerkan grease di bagian sepeda tertentu. Beberapa jenis penetrant bahkan hanya berfungsi meluruhkan karat. Sebelum kamu membeli pelumas atau semacamnya, lebih baik dibaca dulu keterangan produknya.

7. Jangan juga melumasi sepeda dengan oli bekas. Namanya juga oli bekas, sudah pasti banyak mengandung kotoran kecil, residu gesekan antara logam. Kotoran-kotoran ini bisa membuat kabel seret, juga merusaknya.

8. Pastikan tekanan ban cukup ketika akan digowes, karena bila tekanan ban kurang akan berat digowes, mudah kempes, ban dalam mudah terlipat. Jangan juga tekanannya terlalu tinggi, nanti meletus seperti balon hijau, Cek keterangan minimum dan maksimum ban.

9. Simpan sepeda di bagian rumah yang sering dilewati, supaya tetap dapat dimonitor walau sepintas (jangan disimpan di gudang). Lebih baik disimpan di rumah bagian dalam, apalagi sepeda mahal, menghindari sepeda kamu digondol maling.

10. Tips yang terakhir, pakai sepedanya dan jangan dijadikan jemuran pakaian dalam, karena sepeda akan cepat rusak bila tidak dipakai. Jika sepeda akan disimpan dalam waktu lama, lebih baik ditutupi, dan ban tidak langsung menempel ke lantai, frame tidak dijadikan tempat penyimpanan barang, atau jual saja sepedanya 😀

Sekian tips-Tips untuk merawat sepeda, semoga bermanfaat!