14 Tips Terbaik Berbelanja di Supermarket

Posted on
14 Tips Terbaik Berbelanja di Supermarket 1Belanja bulanan

Pernahkah kamu mendengar informasi ini, bahwa di supermarket barang yang harganya lebih mahal disimpan di rak dengan posisi sejajar dengan rata-rata tinggi badan orang? Jika rata-rata tinggi orang Indonesia adalah 155cm, maka tidak kira-kira setinggi itu lah barang yang harganya lebih mahal disimpan. Taktik seperti ini dimaksudkan supaya barang yang lebih mahal lebih banyak dibeli. Orang-orang yang sedang terburu-buru tak akan sempat membandingkan harga.

Berikut ini Tips berbelanja di supermarket supaya hemat dan sehat:

1. Buatlah daftar yang akan dibeli dan tentukan budgetnya.

Jika kamu sudah berumahtangga lama tentu sudah ada rata-rata budget yang harus dikeluarkan ketika akan berbelanja bulanan. Jika tidak pernah dihitung budgetnya pun, kamu tentunya akan menentukan apa yang akan dimasak, apa yang akan dimakan untuk jangka waktu beberapa hari/ minggu ke depan. Daftar belanjaan ini sangat penting sebagai patokan ketika berbelanja, karena bila kamu tidak ada patokan kemungkinannya akan lebih besar belanja barang-barang atau bahan-bahan yang tidak dibutuhkan karena tergoda diskon serta harga murah.

2. Tentukan budget belanja setiap bulannya, pisahkan uangnya dan bawa ketika akan berbelanja.

Hindari membawa tambahan uang. Hindari juga berbelanja menggunakan kartu kredit, karena akan ada tambahan surcharge, kecuali bila kamu sudah mahir mengatur budget untuk berbelanja kamu dapat memindahkan tagihan belanja bulan ini ke bulan depan.

3. Berbelanjalah sendiri, semakin banyak orang yang kamu ajak berbelanja maka akan semakin banyak belanjaan anda.

Apalagi bila berbelanja bersama anak-anak anda, kemungkinan barang yang tidak berguna akan dibeli juga. Dewasa ini supermarket menjadi arena rekreasi keluarga bagi beberapa orang. Jika kita perhatikan, ketika weekend cukup banyak orang yang membawa keluarga besar ke supermarket.

4. Saat berbelanja selalu cek tanggal kadaluarsa produk, dan estimasikan berapa lama akan habis.

Ini untuk menghindari bahan makanan atau makanan terbuang percuma. Jika kamu beralasan makanan itu tidak akan terbuang karena dapat diberikan ke hewan peliharaan anda. Seriously? Apakah kamu tega memberikan makanan manusia yang sudah basi pula kepada hewan peliharaan anda?

5. Berbelanjalah dengan santai dan tidak terburu-buru.

Kunci belanja hemat adalah kamu belanja dengan tenang, sehingga mempunyai cukup waktu untuk membandingkan harga dari beberapa produk. Jangan ragu untuk meminta bantuan pegawai supermarket untuk mengambilkan barang dari rak yang paling atas.

6. Perhatikan kemasan produk dan cek kebersihan raknya.

Jika kemasan produk kempes (biasanya makanan instan atau kue-kue) lebih baik kamu memilih yang lain, karena bila sudah kempes artinya produk sudah terkontaminasi udara luar, kualitas produk sudah menurun, atau malah berbahaya untuk dikonsumsi bila kempesnya karena binatang.

Pernahkah kamu mendapati rak berbau aneh? Ternyata setelah diperhatikan dengan seksama, di rak tersebut ada bekas bermain tikus lengkap dengan sisa-sisa kotorannya. Sudah dibersihkan tetapi tidak menyeluruh, tidak juga diberikan sanitasi. Sepertinya untuk supermarket karena area jualannya besar biasanya terdapat celah-celah di bagian produk yang jarang dibeli orang. Mereka fokus pada kebersihan lantai, tapi tidak pada rak.

7. Pakai headphone/ earphone ketika berbelanja. 

Berdasarkan salah satu tulisan di Reader’s Digest, supermarket memutarkan lagu berirama lambat supaya kamu menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja. Putarlah lagu berirama sedang atau cepat di headphone kamu supaya kegiatan belanja kamu lebih efektif dan efisien.

8. Teliti diskon, potongan harga, cashback, voucher tambahan, buy one get one free, ataupun pembelian dalam bentuk paket.

Jika kamu jeli, ada beberapa barang tertentu yang dinaikan terlebih dulu harganya sebelum disertakan benefit atau kompensasi tambahan lainnya (diskon, cashback dan sebagainya).

9. Makan terlebih dahulu sebelum berbelanja.

Jangan berbelanja ketika sedang lapar, karena rasa lapar ini mendorong kamu membeli lebih banyak makanan yang tidak dibutuhkan. Seperti ketika kamu membeli makanan untuk berbuka puasa, biasanya apa saja kamu beli untuk berbuka puasa. Anda baru sadar terlalu banyak membeli makanan ketika sedang memakannya.

10. Beberapa jenis barang lebih baik dibeli di toko yang khusus menjualnya.

Misalnya, barang elektronik akan lebih baik dibeli di toko khusus elektronik selain biasanya lebih murah, akan lebih banyak diskon dan promo bila dibandingkan di supermarket.

11. Pertimbangkan kembali bila akan membeli makanan olahan di supermarket.

Seperti makanan olahan dari daging, ikan, sayuran dan lainnya. Tidak ada salahnya membeli ini, tetapi kamu harus tahu darimana makanan tersebut berasal. Pastikan bukan berasal dari produk yang nyaris menjadi waste (limbah) atau bahkan sudah menjadi limbah.

12. Buat masakan kamu bervariasi dengan bahan yang sama.

Variasi masakan tentu akan membuat budget membengkak, tapi lain halnya dengan variasi yang dibuat dari bahan makanan yang sama. Misalnya kamu membeli kentang, maka dalam jangka waktu yang sudah kamu tentukan, kamu bisa memasak perkedel kentang, kentang goreng, sambel goreng kentang, kentang rebus, kentang balado, semur kentang, dan sebagainya.

13. Jika sudah selesai berbelanja, lihat bon/ struk belanjaan.

Cari bahan makanan yang paling besar nilainya, bila memungkinkan cari pengganti bahan makanan tersebut yang lebih murah dan lebih efisien. Cara ini akan menghemat cukup banyak budget anda. Misalnya, bila kamu membeli roti gandum ukuran besar tetapi di rumah hanya kamu sendiri yang sedang berdiet, maka berikutnya beli roti gandum ukuran kecil. Sisa budgetnya dapat kamu pakai untuk pergi ke salon bukan?

14. Nyaris semua supermarket menawarkan program untuk pelanggan loyal supaya pelanggan tersebut tetap berbelanja di tempatnya.

Gunakan fasilitas ini dan daftar sebagai anggota supermarket tersebut. Anda bisa mendapatkan benefit tambahan berupa sayamulasi poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan potongan harga, hadiah atau lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat!