Tips

4 Tips Bersepeda Jarak Jauh

4 Tips Bersepeda Jarak Jauh 1

4 Tips Bersepeda Jarak Jauh 2Bersepeda jarak jauh alias touring

Bersepeda jarak jauh, khususnya untuk tujuan wisata, biasanya dilakukan para goweser bersama-sama, ada juga yang sendiri tetapi itu sangat beresiko. Area destinasinya pun bermacam-macam, terkadang dataran tinggi, terkadang danau atau air terjun, yang penting bareng-bareng dan menyenangkan. Bersepeda touring akan memunculkan tantangan dan pengalaman baru dan berbeda, apalagi bila dikombinasikan dengan camping, rasanya pun akan sangat berbeda.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan bersepeda jarak jauh:

1. Persiapan Stamina dan Tenaga

Pastikan kamu beristirahat yang cukup sebelum bersepeda jarak jauh, karena akan menguras banyak tenaga. Apabila kamu terlalu lelah karena bekerja, sebaiknya pulihkan badan terlebih dahulu sebelum bersepeda jarak jauh. Makanan berprotein serta buah-buahan yang mengandung mineral dan vitamin C akan membantu tubuh kamu cepat pulih.

Rajin-rajinlah latihan untuk meningkatkan stamina anda. Minimal 30 menit sehari bersepeda di luar, atau tempuh jarak sekitar 2-3 KM secara rutin setiap harinya. Anda juga dapat melakukan latihan interval baik itu menggunakan sepeda statis ataupun sepeda biasa. Latihan ini ditujukan untuk melatih pernapasan dan otot-otot supaya terbiasa dan tidak kaget ketika bersepeda jarak jauh. Serta meminimalisir resiko terkena keram otot.

Satu malam sebelum kamu bersepeda jarak jauh, sebaiknya kamu memakan makanan bergizi dan berserat, 4 sehat 5 sempurna akan lebih baik, dan perbanyak minum air putih.

2. Persiapan Sepeda

Pastikan sepeda kamu dalam kondisi prima, rem berfungsi dengan baik, ban masih layak dipakai untuk perjalanan jauh, part-part yang bergerak juga diberikan pelumas. Ketahui medan yang akan kamu lalui. apakah aspal, tanah, makadam, ataupun berpasir. Kondisi cuaca juga harus diperhatikan, bila kamu pergi ketika musim hujan tentu harus ada penyesuaian pada sepeda anda, misalnya mengganti ban yang lebih cocok dengan tanah basah atau berlumpur. Atau misalnya lintasa yang kamu akan lalui dominan menanjak maka kamu dapat mengatur gir supaya lebih enteng ketika dikayuh.

Beberapa pesepeda jarak jauh, melengkapi sepedanya dengan pannier, supaya bawaannya dapat lebih banyak. Tas pannier ini dilekatkan di sepeda bagian belakang, ada juga yang memasangnya di bagian depan supaya bawaan bisa lebih banyak.

3. Persiapan Perbekalan

Berikut ini perbekalan yang bisa dibawa ketika bersepeda jarak jauh. Pertimbangkan jumlahnya dengan seberapa jauh kamu bersepeda, dan berapa hari akan bersepeda.

Peralatan dan Perlengkapan
– Pakaian ganti, sesuaikan berapa potong pakaian ganti yang akan kamu bawa. Jika hanya satu hari gowesnya maka tidak perlu banyak-banyak. Pastikan juga kamu membawa pakaian khusus untuk tidur saja, kamu tidak mau kan menggunakan pakaian sisa keringat untuk tidur?
– Pakaian pelindung, maksudnya ini untuk melindungi kamu dari jatuh terbentur atau melindungi dari udara dingin/ panas. Pelindung lutut dan sikut bisa kamu bawa, tetapi bila sepertinya hanya akan menjadi beban lebih baik tidak dipakai/ dibawa. Jika kamu akan bersepeda ke daerah dingin tentunya harus membawa jaket, usahakan jaketnya ringan tetapi tetap dapat melindungi kamu dari udara dingin.
– Peralatan mandi, ini cukup penting. Anda bisa kompromi dengan teman goweser, siapa yang membawa pasta gigi, shampo atau sabun mandi, supaya bisa berbagi dan meminimalisir bawaan yang berlebihan. Cukup peralatan mandi pribadi yang kamu persiapkan untuk diri sendiri, seperti handuk dan sikat gigi.
– Peralatan ibadah, untuk lagi-laki muslim cukup sarung dan sajadah yang ringan. Saat ini malah banyak yang menjual sajadah berkompas yang terbuat dari bahan yang sangat ringan. Tetap gowes fun tetapi tidak melupakan ibadah.
– Peralatan camping, bila kamu berniat untuk camping, maka kamu juga harus membawa peralatan camping. Namun ini biasanya ada yang mengkoordinasikannya untuk sewa tenda, sleeping bag, matrass dan sebagainya. Peralatan untuk menyeduh kopi dan lainnya dapat kamu bawa sesuai selera, tetapi tetap pertimbangkan beratnya, karena akan tetap kamu bawa selama gowes.
– Peralatan dan perlengkapan untuk sepeda. Enaknya bersepeda jarak jauh dengan sesama goweser adalah pasti ada yang membawa peralatan khusus sepeda. Jika tidak ada pun biasanya dikoordinasikan siapa saja yang membawa peralatan, misalnya pompa sepeda, tang, obeng, kunci L, dan sebagainya. Khusus ban cadangan sebaiknya kamu membawa persiapan sendiri.
– Saat bersepeda jarak jauh sebaiknya kamu memakai jersey sepeda yang ringan, menyerap keringat, serta helm yang baik, sarung tangan, sepatu khusus bersepeda yang ringan, bila perlu pakai manset untuk menghindari kulit terbakar sinar matahari. Celana ketat khusus atau celana berpadding juga oke, sesuai selera dan kenyamanan kamu bersepeda.

Makanan
– Bawa makanan secukupnya, supaya tidak berlebih ketika kamu pulang nanti.
– Membawa makanan yang manis untuk sumber tenaga ketika gowes. Anda dapat memakan ‘kudapan’ manis ini ketika beristirahat sejenak di tengah perjalanan.
– Air putih, ini penting sekali untuk menggantikan air dalam tubuh anda. Membawa ransel sepeda dengan water bladder akan sangat membantu kamu tetap menjaga supaya tubuh kamu tidak dehidrasi ketika bersepeda.
– Saat kamu sampai di destinasi tertentu, sebaiknya meminum air kelapa segar. Air kelapa ini sangat bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah bersepeda. Air kelapa mengandung karbohidrat, protein, mineral (K, Na, Ca, Mg, Fe, Cu, P, S) dan vitamin (vitamin C & vitamin B kompleks). Jika dibandingkan dengan minuman isotonik pabrikan, air kelapa ebih terjamin karena tidak mengandung bahan pengawet, pemanis dan bahan kimia berbahaya lainnya.
– Mie instan, makanan yang ‘lumayan’ untuk menahan lapar.

4. Efisiensi Tenaga Saat Bersepeda Jarak Jauh

Saat bersepeda Pengaturan posisi gir sepeda juga penting, usahakan posisi gir sesuai dengan kekuatan gowes anda. Apabila kayuhan dirasa terlalu berat dan kamu merasa lelah langsung atur gir ke posisi yang lebih ringan. Salah satu hal yang penting ketika bersepeda jarak jauh adalah mengatur ritme kayuhan, supaya tenaga yang dikeluarkan efisien dan tenaga kamu tidak terkuras sia-sia.

Persiapan sepeda harus benar-benar matang. Pengaturan RD dan FD, pengaturan ketinggian seatpost dan sadel, pengaturan shock depan, handle bar, rem dan aksesoris lainnya yang tidak terlalu lebay. Jika kamu memakai rem tertentu, ada kalanya harus diatur ulang, apalagi bila sepeda tidak dipakai dalam jangka waktu lama. Jangan sampai tenaga kayuhan kamu sia-sia karena rem sepeda yang menghambat perputaran roda.

Demikian Tips bersepeda jarak jauh, pada intinya adalah bagaimana supaya ketika kamu bersepeda terasa nyaman sehingga tenaga yang dikeluarkan benar-benar efektif membuat roda bergerak. Perkirakan dengan baik barang-barang yang dibawa supaya tidak berlebihan.