Tips

4 Tips Menjaga Kesehatan Agar Sukses Berkarir

4 Tips Menjaga Kesehatan Agar Sukses Berkarir 1

4 Tips Menjaga Kesehatan Agar Sukses Berkarir 2Ilustrasi Bekerja

Bagi kamu yang ketika ini masih dalam usia produktif, pasti pernah merasakan overload pekerjaan, apalagi bila kamu kurang mahir dalam mengatur waktu. Bertemu dengan klien, dealing dengan vendor, membuat forecast jual dan beli, membuat promotion plan untuk launching model baru, daily report yang menumpuk, bila di akhir minggu/ bulan ada weekly report dan monthly report, dan lain sebagainya. Jika sudah seperti itu kondisinya, kamu akan lupa dengan kesehatan sendiri. Makan seadanya, tidur seadanya, apa-apa seadanya sehingga mengundang penyakit ke tubuh anda. Padahal kesehatan adalah modal paling utama untuk hidup kamu terutama untuk karir anda.

Jika kamu tidak sehat, bisakah kamu menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk itu? Jangan-jangan malah kamu sendiri yang ‘diselesaikan’ oleh perusahaan, karena dianggap tidak kompeten. Menjaga kesehatan adalah kewajiban anda, karena itulah sebanyak apapun pekerjaannya, sesibuk apapun kegiatan anda, kesehatan tetap nomor satu. Berikut ini beberapa Tips untuk menjaga kesehatan kamu supaya sukses dalam berkarir:

1. Bangun pagi dan tidur jangan terlalu malam

4 Tips Menjaga Kesehatan Agar Sukses Berkarir 3

Awali hari kamu dengan bangun pagi, sedikit stretching dan pemanasan, bila kamu muslim jalankan ibadah Sholat Subuh. Jika sudah terbiasa seperti ini, kamu akan memulai hari dengan ceria, wajah cerah, dan mengundang hal-hal positif mendekati anda, pada akhirnya produktivitas kamu akan meningkat. Tetap ingat, tubuh kamu butuh istirahat dan butuh tidur. Overwork tidak akan membuat tubuh kamu menjadi lebih baik.

2. Minum air putih hangat

4 Tips Menjaga Kesehatan Agar Sukses Berkarir 4Water

Perbanyaklah meminum air putih dan sebaiknya yang hangat. Air putih sangat baik untuk tubuh anda, membantu meringankan kerja ginjal, membuang toksin dan melancarkan metabolisme tubuh. Tidak ada kerugian meminum air putih. Segelas air putih di pagi hari akan sangat baik, dan beberapa gelas lagi di sepanjang hari kamu akan lebih baik. Kekurangan minum air putih akan menyebabkan kamu mudah lelah dan mengantuk, mudah bengong dan melamun, sakit perut, sulit buang air besar/ kecil, kulit kusam, kepala pusing, sulit mengerjakan tugas dan rentan melakukan kesalahan karena kamu akan susah berkonsentrasi bila otak kekurangan cairan. Jika kurang minum air putih maka produktivitas kerja kamu akan menurun.

3. Makan secukupnya

4 Tips Menjaga Kesehatan Agar Sukses Berkarir 5

Makanlah yang teratur, makan di ketika belum lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Jika kamu mengisi perut kamu secara berlebihan, kamu akan mudah mengantuk karena tubuh fokus untuk mencerna makanan. Selain itu, kamu akan mudah lelah dan susah berkonsentrasi ketika melakukan sebuah pekerjaan.

4. Istirahat

4 Tips Menjaga Kesehatan Agar Sukses Berkarir 6

Beristirahatlah di ketika kamu membutuhkannya. Jika kamu pernah membaca buku “Books – 7 Habits of Highly Effective People” karya Stephen Covey, tentu kamu tahu manfaat istirahat untuk tubuh anda. Produktivitas kerja kamu akan meningkat bila kamu beristirahat sejenak, bisa dengan cara temui teman sekantor, ngobrol dan bercanda, alihkan sejenak perhatian dari pekerjaan untuk mengistirahatkan tubuh anda, Jika perlu tidur siang sejenak, tapi tidak kebablasan.

Demikian Tips menjaga kesehatan supaya sukses dalam berkarir.
Semoga bermanfaat!