Tips

6 Tips Ampuh Agar Smartphone Anda Tidak Lelet

6 Tips Ampuh Agar Smartphone Anda Tidak Lelet 1

6 Tips Ampuh Agar Smartphone Anda Tidak Lelet 2

Pada dasarnya smartphone android sama seperti barang elektronik atau gadget lainnya yang memerlukan perawatan. Dinamai “Smartphone” tidak sertamerta menunjukan bahwa telepon genggam tersebut sangat pintar sehingga dapat merawat dirinya sendiri. Nama “Smartphone” menandai telepon tersebut mempunyai banyak sekali fitur dan guna, sehingga memerlukan pengguna yang “smart” juga supaya semua fitur tersebut dapat digunakan secara maksimal.

Bagi kamu yang mempunyai smartphone ‘mahal’ dengan spesifikasi sangat tinggi seperti ram lebih dari 2GB, octa core processor, tetapi kamu masih merasakan ‘lelet’ ketika memakainya, bisa jadi smartphone tersebut kurang perawatan secara internal OS (operating system) atau pemakaian yang kurang tepat. Untuk itu berikut ini beberapa Tips supaya smartphone kamu tetap dapat berlari kencang, Tips ini berguna juga untuk handphone low-end yang hanya mempunyai RAM 1GB.

1. Install Aplikasi Seperlunya

Instal aplikasi seperlunya saja, jangan memasang aplikasi tambahan terlalu banyak. Smartphone kamu bukan gudang aplikasi. Anda tidak usah khawatir aplikasi tersebut akan hilang. Jika kamu kelak membutuhkan aplikasi tersebut, maka dapat didownload lagi dari playstore. Semakin banyak aplikasi maka akan semakin banyak memakan ruang di dalam RAM dan di dalam Storage android. RAM dapat diandaikan sebagai ruang kerja, maka semakin sempit ruang kerja tersebut, android akan semakin lambat.

2. Hapus History/ Cache Smartphone yang Tidak Diperlukan

6 Tips Ampuh Agar Smartphone Anda Tidak Lelet 3Aplikasi Smart Manager pada salah satu brand smartphone

Kebiasaan kita menggunakan smartphone adalah kemudahan memakainya. Saking mudahnya kita tidak pernah menutup aplikasi yang sudah selesai dipakai dan membiarkan history/ riwayat pemakaiannya begitu saja. Smartphone benar-benar bekerja keras untuk multitasking beberapa aplikasi tersebut. Semua ini menumpuk di RAM, sehingga menyebabkan android kamu lelet.

Untuk menghapus history ini dapat dilakukan secara manual ataupun menggunakan aplikasi. Smartphone tertentu sudah menyediakan aplikasi Smart Manager, aplikasi ini dapat membantu kamu membersihkan RAM dari file-file/ cache yang sudah tidak lagi diperlukan.

3. Lakukan Update Firmware

6 Tips Ampuh Agar Smartphone Anda Tidak Lelet 4Firmware dapat dilihat di menu about device

Smartphone merk tertentu biasanya memberikan notifikasi ketika ada update untuk smartphone anda. Update firmware ini biasanya sangat membantu kinerja smartphone anda. Namun bila smartphone kamu sudah di-root, maka lebih baik kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya, apakah dapat dilakukan update firmware atau tidak.

4. Pindahkan File Foto dan Video ke Storage Lain

6 Tips Ampuh Agar Smartphone Anda Tidak Lelet 5Pindahkan data dalam smartphone kamu ke flashdisk, komputer atau laptop

File foto dan video dapat menyebabkan android kamu lelet, semakin banyak foto dan video maka processor akan bekerja semakin keras ketika akan menampilkannya di ‘gallery’. RAM pun juga akan penuh. Oleh karena itu, lebih baik kamu pindahkan file foto dan video ke komputer/ laptop/ flashdisk. Anda tentu tidak akan selalu melihat-lihat kembali ribuan foto kamu tersebut bukan?

5. Jangan Biarkan Interal Storage Android Terlalu Penuh

Selain RAM, internal storage di android phone biasanya dipakai untuk ‘bekerja’ oleh processor. Jika diandaikan ini komputer maka internal storage biasanya dipakai untuk menyimpan temporary file (file sementara). Temporary file ini muncul di folder tertentu dalam internal storage, folder ini dibuat secara otomatis ketika kamu memasang aplikasi tertentu. File-file temporer ini berguna untuk mendukung sistem supaya tidak melakukan proses membuka aplikasi dari awal lagi, ketika kamu membuka aplikasi tersebut untuk kesekian kalinya.

Salah satu contoh foldernya adalah folder temporary file untuk foto dan video. Folder ini bawaan dari android anda, muncul ketika awal kamu mulai mengambil foto/ video. Coba tengok folder berikut ini:


6 Tips Ampuh Agar Smartphone Anda Tidak Lelet 6



Device Storage – DCIM – .thumbnails

Di dalam folder ini berisi cuplikan-cuplikan dari foto atau video yang diandaikan seukuran ibu jari (makanya dinamakan thumbnail). Cuplikan foto/ video ini lah yang kamu lihat di Gallery, sederetan gambar-gambar kecil. File-file ini berguna ketika sistem menampilkan gambar di galeri anda. Jika file-file ini dihapus, maka nanti akan muncul lagi ketika kamu membuka galeri lagi.

6. Pindahkan Aplikasi ke External Storage
Aplikasi-aplikasi sebaiknya dipindahkan ke external storage, menggunakan mini SD card atau semacamnya yang kompatibel dengan smartphone anda. Memindahkannya melalui application manager yang sudah tersedia di menu pengaturan smartphone anda.

Sekian 6 Tips supaya smartphone kamu tetap kencang, tidak lelet, dan performa maksimal. Tips-Tips ini juga saya lakukan, karena saya hanya memakai smartphone android seharga kurang dari 2 juta. Terbukti, dibandingkan dengan HP seharga 4jutaan yang tidak pernah ‘diurus’ dan menjadi lemot, HP murah saya masih tetap kencang. 😀