6 Tips and Tricks for Android Devices

Posted on
6 Tips and Tricks for Android Devices 1Android Devices User Interface 

Android merupakan operating sistem untuk gadget yang tidak pernah ada habis inovasinya. Ini karena android merupakan sistem open source sehingga setiap pihak dapat mengembangkannya. Sistem android banyak macamnya, masing-masing brand/ merk mempunyai cirinya masing-masing. Ciri ini akan terlihat dari user interface yang dikembangkan oleh merk, maka meskipun operating system (OS) -nya sama-sama Nougat, masing-masing merk akan terasa berbeda.

User interface merupakan bentuk yang ditampilkan oleh sistem untuk pengguna, bentuk tampilan grafis ini menjadi cara smartphone berkomunikasi dengan penggunanya. User interface meliputi semua hal yang muncul di layar, cara menggunakan keyboard, cara launching aplikasi, cara mengunci dan sebagainya. Anda akan merasakan sensasi berbeda bila menggunakan merk yang berbeda.

Contoh-contohnya user interface diantaranya adalah TouchWiz UI dari Smartphone Samsung, ZenUI dari Asus Smartphone, MIUI dari Xiaomi, SenseUI dari HTC, Emotion UI dari Huawei, Xperia UI dari Sony, dan sebagainya. Namun, pada dasarnya pengoperasiannya sama (dengan OS yang sama) meskipun sensasinya berbeda. Berikut ini beberapa Tips dasar untuk smartphone android:

1. Mengatur Batas Pemakaian Mobile Data

Apakah kamu pernah kecolongan? pulsa habis entah kemana. Setelah ditelurusi ternyata kamu memakai tarif data reguler, gara-gara paket data habis dan kamu tidak mengetahuinya. Tarif pemakaian data reguler dapat dibilang sangat mahal, bisa sampai dengan Rp.6/ Kb. Rata-rata load per page adalah 80Kb ketika kamu browsing, kebayang kan berapa rupiah yang hilang ketika kamu memakai tarif data reguler? Belum data untuk aplikasi chatting, games, update aplikasinya dan sebagainya.

1. Masuk ke menu setting – mobile data – set mobile data unit.
2. Atur penggunaan data kamu dengan menggeser garis (biasanya warna orange), setting ke quota data kamu per bulan. Sebaiknya kamu mengatur batas pemakaian mobile data ini ketika awal mendaftar paket data tersebut.

Anda akan diberikan pemberitahuan oleh aplikasi bila kamu mencapai batas yang telah ditetapkan. Penggunaan data ini dapat berbeda dengan perhitungan operator. Kita sebagai pengguna harus lebih pintar dalam pemakaian data internet ini. Sudah banyak yang menjadi korban “sedot pulsa” para provider layanan internet. Kesalahannya kemungkinan besar terletak pada kedua pihak, yaitu pihak pengguna yang tidak bisa mengatur penggunaan data, baik karena gaptek ataupun sekedar tidak tahu, dan pihak penyedia layanan tidak peduli sama pelanggannya.

2. Mematikan Automatic Update aplikasi smartphone anda

Update aplikasi kamu artinya kamu akan menghabiskan quota minimal total minimal 200Mb (tergantung dari jumlah aplikasi yang telah kamu install). Kecuali kamu terhubung ke WiFi lebih baik kamu mematikan fitur otomatis pembaharuan aplikasi. Fitur ini menguras baterai kamu juga menguras kuota anda. Cara terbaik mematikannya adalah melalui aplikasi Playstore.

1. Buka aplikasi PlayStore, sentuh ikon tiga garis horizontal di sebelah kiri atas, lalu masuk ke menu Setting.
2. Masuk ke menu Auto-Update App, dan pilih “Do Not Auto-update apps“, atau “Auto update-apps over WiFi only” bila kamu tetap ingin update aplikasi hanya melalui WiFi.

3. Mematikan notifikasi aplikasi secara permanen

Cara ini bermanfaat ketika kamu ingin mematikan notifikasi tetapi tidak mau masuk ke mode silent. Berguna ketika meeting ataupun ketika-ketika penting lainnya. Anda dapat menerima notifikasi aplikasi tertentu, tetapi mematikan notifikasi aplikasi yang mengganggu. Cara ini juga berguna untuk menghemat baterai, dapat dipakai untuk OS android versi 4 (Jelly Bean) ke atas.

Ada dua cara yaitu:
1. Masuk ke menu setting – application – application manager, lalu pilih aplikasi yang akan dimatikan notifikasinya. Kemudian hilangkan centang pada pilihan show notification.
2. Buka menu, lalu sentuh beberapa detik aplikasi yang akan dimatikan notifikasinya. Nanti akan muncul pilihan Application Info, Kemudian hilangkan centang pada pilihan show notification.

4. Mematikan Mobile Data

Cara ini bermanfaat untuk menghemat baterai, juga ketika menggunakan WiFi kamu juga tidak perlu menggunakan mobile data, Ada dua cara untuk mematikan mobile data ini:
1. Masuk ke menu setting – data usage – mobile data, geser tombolnya maka kamu sudah mematikan mobile data.
2. Tarik tray dari atas, maka akan muncul beberapa pilihan, salah satunya adalah pilihan untuk menyalakan dan mematikan mobile data.

5. Mengaktifkan Beberapa Akun Google pada Satu Smartphone

Setiap pengguna smartphone dan aktif menggunakan email tentu wajar mempunyai beberapa sayan Google. Ada yang memisahkannya berdasarkan kebutuhan (akun/ email untuk pekerjaan dan lainnya), ada juga untuk keperluan bermain game android. Akun-akun Google kamu tersebut dapat diaktifkan dalam satu smartphone berikut ini caranya:

1. Masuk ke menu setting – account – add account, pilih Google baik itu sayan yang sudah ada ataupun mendaftarkan sayan baru. Pada halaman berikutnya kamu akan diberi pilihan mengenai sinkronisasi sayan tersebut.

2. Untuk mengaturnya, masuk ke menu setting – account – google, maka akan terbuka menu baru yang berisi sayan google anda. Pilih salah satu sayan tersebut, kamu dapat mengatur apa saja yang akan disinkronisasikan dari sayan tersebut, kamu juga dapat menghapus sayan tersebut.

6. Mematikan Animasi

Mematikan animasi ini merupakan salah satu cara supaya android kamu bekerja lebih cepat, juga menghemat baterai. Berikut ini caranya:
1. Aktifkan terlebih dahulu Developer Options, buka menu Setting –  About Device, sentuh berkali-kali (11 kali) pada pilihan Buils Number, sampai nanti ada notifikasi “You Are Now A Developer!“.
2. Kembali ke Home, lalu masuk ke menu Setting. Maka menu baru yaitu “Developer options” sudah muncul.
3. Cari beberapa menu yaitu Window animation scale, Transition animation scale, and Animator duration scale. Pilih Off untuk semua menu tersebut, dan rasakan perbedaannya pada smartphone anda.

Semoga Bermanfaat!