Tips

6 Tips Memanfaatkan Kelebihan Google Chrome

6 Tips Memanfaatkan Kelebihan Google Chrome 1

6 Tips Memanfaatkan Kelebihan Google Chrome 2Omnibox

Google Chrome merupakan salah satu internet browser yang dapat diandalkan karena beberapa kelebihan dibandingkan dengan internet browser lain. Saya pun lebih banyak menggunakan chrome dalam aktivitas berselancar di internet. Ada 3 kelebihan utama chrome yaitu sebagai berikut:

1. Friendly user interface.

Bukan mengatakan browser yang lain tidak friendly user, tetapi chrome lebih nyaman dipakai. Letak tools dan menu tidak merepotkan, sehingga pengguna bisa lebih fokus kepada web. Chrome juga dapat disinkronisasikan dengan sayan google kamu dan tidak memerlukan aplikasi tambahan lainnya.

2. Excellent Memory Management

Chrome mempunyai manajemen memori yang lebih baik bila dibandingkan dengan browser lain. Setiap tab yang dibuka di chrome dijalankan dalam proses terpisah, sementara browser lain menjalankannya dalam satu aplikasi. Dengan begini, ketika terjadi crash/ error pada satu tab yang kamu buka, maka tidak akan menyebabkan semua tab error. Berbeda dengan browser lain, bila satu tab crash maka seluruhnya akan crash karena semua tab yang dibuka dalam satu aplikasi browser.

Kita juga dapat memonitor tab mana saja yang memakan memori, karena sudah disediakan Task Manager sendiri. Tekan secara bersamaan Shift+Escape ketika sedang menggunakan aplikasi chrome maka akan muncul jendela task manager yang menampilkan penggunaaan memori yang sedang berjalan. Task manager juga menampilkan penggunaan memori untuk extension, plug-in dan GPU process.

3. Search Engine and Omnibox

Anda dapat mengetikan langsung keyword pada address bar, karena sekaligus berfungsi sebagai search engine. Fungsi ini yang praktis, sederhana tetapi istimewa. Selain itu chrome juga mempunyai omnibox yang mempunyai beberapa fungsi yang akan dijelaskan di bawah ini.

Berikut ini beberapa Tips ketika menggunakan chrome:

1) Gunakan Keyboard Shortcut

Shortcut ini sangat berguna untuk meningkatkan kecepatan kamu ketika menggunakan browser. Dari sekian banyak shortcut tetapi berikut ini beberapa yang paling banyak digunakan:

Ctrl + H = Tampilkan sejarah/ history browser kamu dengan cukup detail.
Ctrl + J = Buka Downloads
Ctrl + 1-8 = Pindah tab sesuai dengan urutannya, dari paling kiri nomor satu sampai ke kanan nomor 8.
Ctrl + 9 = Pindah ke tab terakhir.
Ctrl + K = Memndahkan kursor ke Omnibox (address bar)
Ctrl + T = Membuka tab baru
Ctrl + Shift + T = Membuka kembali tab yang sudah ditutup sebelumnya/ tertutup.
F11 = Beralih mode ke tampilan full screen
Ctrl + W atau Ctrl + F4 = Menutup Tab

2) Gunakan Omnibox

Address bar dalam chrome disebut juga dengan omnibox. Ini tidak sekedar nama, karena omnibox mempunyai beberapa fungsi selain untuk mengetikan url/ link. Omnibox dapat digunakan untuk melakukan perhitungan matematika, konversi satuan, ataupun pertanyaan-pertanyaan tertentu. Anda bisa mencobanya sekarang juga, coba ketikkan beberapa contoh berikut ini di dalam omnibox (address bar) maka secara langsung google akan menjawabnya:

12*136
12oz to grams
how many days in a year
how much is 1 cup in ml
speed of light
1 lbs to kg

3) Sematkan Tabs yang sering kamu gunakan

Anda dapat menyematkan (pin) tab yang sering kamu pakai untuk menghemat ruang pada tab bar anda. Saya sendiri menyematkan 3 tab yang setiap ketika dibuka, berikut ini contohnya:

6 Tips Memanfaatkan Kelebihan Google Chrome 3Pinned Tab

– klik kanan tab yang akan disematkan lalu pilih “pin”
– untuk mengatur posisinya kamu dapat klik dan seret tab yang sudah disematkan ke posisi yang kamu mau.

4) Gunakan Task Manager Chrome

Menyambung tulisan sebelumnya, tekan shift+esc untuk membuka task manager pada chrome. Cara lainnya adalah klik pada ikon kunci Chrome atau “Menu” tombol ikon Chrome Menu di pojok kanan atas, klik Tools, dan lalu Task Manager. Anda dapat memonitor setiap tab, extension, ataupun plug-in yang sedang bekerja pada chrome. Anda dapat menutup tab yang crash melalui task manager ini.

Task manager ini membantu menjaga stabilitas browser dan dapat digunakan untuk melihat sumber daya yang digunakan oleh kelesuruhan sistem chrome. Klik “Stats fo Nerds” di bagian kiri bawah task manager, maka kamu akan terlihat data yang lebih detail.

5) Fitur Autofill yang bermanfaat

Gunakan fitur ini supaya secara otomatis akan mengisi setiap formulir online. Informasi yang dapat dimasukan ke dalamnya merupakan informasi-informasi umum. Berikut ini cara untuk memasukan autofill dalam chrome:
– Klik pada ikon kunci Chrome atau tombol “Menu” di pojok kanan atas.
– Pilih menu “Settings”.
– Di bagian bawah, klik “Show advanced settings”.
– Klik “Manage Autofill” settings dibawah pengaturan “Passwords and forms”.
– Selanjutnya pilih menu “Add new street address button”.
– Isi semua pengaturan yang ingin dimasukan ke dalam fitur autofill, sebagai berikut:
Nama depan Nama Belakang:
Alamat:
Kota:
Negara:
Zip:
Nomor telepon:
E-mail:

6) chrome://chrome-urls
Ketikan “chrome://chrome-urls” dalam omnibox untuk mengakses fitur-fitur tersembunyi dalam chrome. Untuk advanced user, melalui menu ini dapat melakukan apa saja mulai dari menampilkan informasi DNS, informasi GPU, debugging, mencari sumber crash, dan sebagainya.

Demikian beberapa Tips untuk menggunakan google chrome.
Semoga bermanfaat!