Tips

7 Tips Saat Menulis Blog

7 Tips Saat Menulis Blog 1

7 Tips Saat Menulis Blog 2Blog

Pada dasarnya blog dapat kita tulis apa saja, mulai dari pengalaman pribadi sampai ke berita terhangat. Hal yang paling sulit adalah memunculkan manfaat dalam blog kita, manfaat untuk pembaca tidak hanya menghabiskan quota, sehingga pembaca tertarik untuk balik lagi.
Manfaatnya bisa apa saja, bisa untuk hiburan, menambah wawasan, menambah ilmu, menambah skill, dan sebagainya. Berikut ini Tips ketika menulis blog:

1. Pilihlah tema yang menarik untuk kamu dan pembaca. Jika kamu sebagai blogger menyenangi hal-hal yang kamu tulis tentunya akan lebih baik hasil tulisannya. Misalnya kamu menyukai otomotif, tentu kamu akan lebih menyenangi menulis tentang otomotif ketimbang tentang politik.

2. Pilih font yang simple dan banyak dipakai orang. Hal ini dimaksudkan supaya orang nyaman ketika membacanya, dan formatnya tidak berantakan ketika blog kamu diakses pembaca. Font yang biasa dipakai yaitu arial, calibri, atau times new roman.

3. Buat ukuran font Judul kamu lebih besar ketimbang font isi. Idealnya bila font isi ukuran 12 maka untuk judul ukuran 16-20. Jangan terlalu besar juga.

4. Beri jeda antar paragraf. Jika kamu menulis banyak sekali, buatlah pembaca nyaman ketika membacanya, berikan kesempatan mata pembaca untuk rileks sejenak. Beri space kosong antara paragraf seperlunya, tidak juga terlalu banyak.

5. Jika kamu mengutip kata/ kalimat/ ataupun paragraf dari artikel tertentu, cantumkanlah darimana kamu mengutip itu. Akan lebih baik bila kamu membaca keseluruhan artikelnya dulu, jangan sampai kamu mengutip informasinya secara parsial apalagi bila tulisan penulis aslinya mengandung opini, karena akan memunculkan makna yang berbeda.

6. Blog akan lebih menarik bila diisi dengan gambar atau video dari koleksi sendiri ataupun gambar referensi dari website lain. Namun hati-hati dengan hak cipta, bila kamu mengambil gambar dari website tertentu, karena bisa jadi pelanggaran hak cipta. Cantumkanlah juga gambar tersebut dari mana. Jangan membuat pembaca kamu bosan karena terlalu banyak tulisan. Jika kamu perhatikan blog/ website yang banyak dikunjungi kebanyakan yang mempunyai gambar, kecuali blog/ web yang membahas mengenai bagaimana cara menulis blog biasanya banyak pengunjungnya (biasanya orang-orang yang sedang belajar membuat blog). Gambar juga dapat berfungsi sebagai ilustrasi untuk tulisan yang kamu buat.

7.Cantumkan sumber tulisan anda. Ini bukan semata-mata menghindari masalah copyright tetapi yang paling penting adalah kamu berusaha menghargai penulisnya. Saling menghargai sesama blogger/ sesama manusia.