Otomotif Tips

7 Tips Sederhana untuk Merawat Mobil Kesayangan Anda

7 Tips Sederhana untuk Merawat Mobil Kesayangan Anda 1

7 Tips Sederhana untuk Merawat Mobil Kesayangan Anda 2Sumber : pixabay.com

Mobil merupakan alat transportasi utama kebanyakan orang apalagi di kota-kota besar. Namun seiring dengan pemakaian rutin sehari-hari terkadang kita menemui kendala-kendala kecil pada mobil kesayangan kita. Berikut ini beberapa Tips sederhana untuk menangani permasalahan-permasalahan kecil seputar mobil Anda

1. Cara menjernihkan lampu mobil yang sudah terlihat usang.

Bagi Anda yang merawat mobil sendiri mungkin sudah tau Tips ini, yaitu gunakan pasta gigi untuk menjernihkan kembali lampu mobil Anda. Pasta gigi tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan gigi Anda, tetapi juga membuat lampu mobil Anda kembali jernih. Trik ini kebanyakan berguna untuk menjernihkan lampu depan mobil Anda. Oleskan sedikit pasta gigi, ratakan di permukaan lampu depan, lalu gosok dengan menggunakan lap anti gores. Gosok selama beberapa menit maka lampu mobil Anda akan kembali jernih mengkilap seperti baru.

2. Cara menutup retak sementara kaca mobil Anda.

Kalau suatu ketika Anda mendapatkan musibah yang menyebabkan kaca mobil Anda retak, coba gunakan cat kuku  untuk menutup sementara bagian kaca yang retak tersebut. Oleskan cat kuku bening pada kedua sisi kaca, cara ini cukup efektif untuk mencegah retak menyebar dan lebih besar. Tetapi ingat ini hanya cara sementara sebelum Anda memperbaikinya di bengkel.

3. Cara Menangani Koin yang Berantakan

Seringkali koin kembalian berantakan di sekitar mobil, terkadang di dashboard, di kompartemen sekitar tuas perseneling, di pegangan pintu horizontal dan sebagainya. Triknya cukup sederhana, sediakan sebuah tempat berbentuk silinder ukuran kecil untuk menyimpan koin. Bisa bekas botol pil, kaleng bekas rokok, ataupun tempat pulpen.

4. Karet gelang sebagai mounting/ tempat penahan smartphone sementara

Anda lupa membawa mounting smatphone? Coba gunakan karet gelang. Ikatkan smartphone Anda dengan menggunakan karet gelang diantara lubang AC. Cara ini sangat sederhana bagi Anda yang jalan-jalan menggunakan smartphone untuk navigasi. Misalkan Anda menggunakan mobil sewaan, tak perlu repot-repot membawa car smartphone mounting, cukup membawa beberapa buah karet gelang. Lagipula cara ini akan tetap membuat smartphone Anda tetap adem ketika sedang dalam mode navigas dan GPS menyala.

5. Cara memperbaiki penyok

Jika suatu ketika Anda mendapatkan musibah yang menyebabkan penyok di mobil Anda, coba gunakan alat penyedot WC. Bersihkan dulu alat penyedot WC tersebut, lalu tempelkan alat penyedot WC di bagian yang penyok, lalu tarik. Cara ini efektif untuk penyok kecil, bila penyoknya lebih besar dari alat penyedotnya maka tidak bisa dengan cara ini.

6. Cara membuat cat mobil kembali mengkilat

Untuk membuat cat mobil kembali mengkilat, coba gunakan kondisioner. Kondisioner tidak yang bermanfaat untuk rambut, tetapi juga akan menambah kilap cat mobil, serta sekaligus mencegah garis air pada cat mobil Anda.

7. Kompartemen tambahan di mobil

Anda dapat menggunakan gantungan sepatu di belakang tempat duduk untuk mendapatkan kompartemen tambahan. Cara ini berguna bila Anda memerlukan kompartemen tambahan hanya untuk sementara. Misalnya untuk perjalanan mudik. Hemat, cepat, dan sederhana, tidak perlu membeli aksesoris tambahan.