8 Tips Gowes Aman, Nyaman dan Menyenangkan

Posted on
8 Tips Gowes Aman, Nyaman dan Menyenangkan 1Gowes gowes gowes

Bersepeda atau bahasa gawulnya gowes sekarang tidak hanya menjadi olahraga, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup di kota-kota besar. Sepeda mahal ataupun murah tidak masalah yang penting aman, nyaman dan menyenangkan. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Posisikan barang yang kamu bawa dengan baik, bila tidak terlalu banyak bisa menggunakan tas gendong. Namun bila banyak, dapat menggunakan pannier dan disiasati supaya posisi sepeda tetap seimbang. Sebaiknya jangan menggantungkan barang di handle bar, bila terlalu banyak akan sangat mengganggu pergerakan.

2. Jangan terlalu banyak membawa barang yang diletakan di tubuh. Misalnya, satu ransel satu tas selempang, satu lagi tas kecil, hal ini akan sangat mengganggu gerakan tubuh ketika gowes, bereaksi terhadap medan gowes pun akan susah.

3. Atur posisi sadel dan handle bar dengan benar, supaya gowesnya ringan dan tenaga yang dikeluarkan efisien. Tinggi posisi sadel sebaiknya disesuaikan dengan tinggi handle bar, dan jarak inseam. Buat nyaman tetapi tidak mengganggu reaksi kamu terhadap medan, tidak terlalu ‘nungging’ tidak juga duduk seperti low rider.

4. Atur posisi shifter dan brake handle, sesuaikan dengan posisi duduk kamu supaya brake handle dapat dengan mudah diraih dan menghindari pegal di pergelangan tangan. Jangan lupa setting rem juga, jangan terlalu dalam sehingga susah rem ketika dibutuhkan, jangan juga terlalu dangkal, kampas rem bisa bergesekan dengan velg atau rotor menyebabkan sepeda berat ketika digowes.

5. Bagi yang menggunakan QR (quick release) di baut as roda sepedanya, pastikan kamu memasangnya dengan kencang supaya roda tidak lepas ketika dipakai. Baut as roda sepeda yang longgar ditandai dengan ban goyang ke kiri-kanan (oblak).

6. Gunakan pakaian yang nyaman, tidak menjuntai sana sini, supaya tidak tersangkut di gear, rantai ataupun ban.

7. Pastikan tekanan ban cukup. Jika tekanan ban kurang, sepeda akan sangat berat digowes.

8. Tips terakhir, jangan ragu untuk mengganti part yang sudah aus atau rusak. Setiap part ada masa pakainya, terutama part yang bergerak. Selalu utamakan keselamatan.