Tips

8 Tips Menggunakan Shortcut di Keyboard untuk Meningkatkan Produktivitas

8 Tips Menggunakan Shortcut di Keyboard untuk Meningkatkan Produktivitas 1

8 Tips Menggunakan Shortcut di Keyboard untuk Meningkatkan Produktivitas 2Keyboard

Para pengguna komputer pasti pernah merasakan kerepotan ketika mengerjakan tugas tertentu dengan menggunakan komputer, misalnya membuat laporan penjualan, membuat artikel, membuat gambar vector, membuat forecast penjualan dan pembelian, dan lain sebagainya. Salah satu cara supaya lebih mudah dan cepat  dalam menggunakan komputer adalah membiasakan diri kamu untuk menggunakan shortcut di keyboard anda. Misalnya: shorcut key yang paling umum adalah menggunakan kombinasi Ctrl+C untuk menyalin data. Cara  ini lebih cepat daripada kamu melakukannya manual dengan sort data menggunkaan mouse, lalu klik kanan dan memilih copy dari menu file.

Berikut ini beberapa shorcut key yang umum digunakan, ini dapat membantu kamu menyelesaikan pekerjaan kamu lebih cepat:

1. Salin, Potong, Tempel

Ctrl+C atau Ctrl+Insert, berfungsi untuk copy/ salin data yang sebelumnnya telah di block/ sort.

Ctrl+X, berfungsi untuk cut/ potong data, data aslinya akan dihapus dan dipindahkan. Data ini sementara akan berada di memori komputer kamu dalam bentuk clipboard.

Ctrl+V atau shift+Insert, berfungsi untuk paste/ tempelkan data teks/ object yang sebelumnya sudah di copy/ cut.

Pada komputer Mac (Apple), tinggal mengganti Ctrl dengan tombol Cmd, kombinasi lainnya tetap sama.

2. Undo dan Redo

Ctrl + Z, disebut juga tombol “undo” untuk membatalkan perubahan yang telah kamu lakukan dalam suatu project dalam aplikasi. Berfungsi juga pada data yang telah kamu potong/ cut (Ctrl+X). Pada beberapa aplikasi undo dapat dilakukan beberapa kali.

Ctrl + Y, disebut juga tombol “redo”, fungsinya kebalikan dari undo. Tombol ini mengembalikan perubahan yang dibatalkan, sangat bermanfaat ketika kamu terlalu banyak melakukan undo.

Pada komputer Mac (Apple), tinggal mengganti Ctrl dengan tombol Cmd, kombinasi lainnya tetap sama.

3. Find

Ctrl + F, berfungsi membuka menu find, untuk mencari teks tertentu yang sedang ditampilkan dalam halaman/ program tertentu. Secara default menu ini biasanya akan muncul melayang di pojok kanan atas ketika ditekan kombinasi tombol tersebut, tergantung aplikasinya. Pada aplikasi tertentu dapat muncul di bagian bawah layar, atau di sembarang tempat dimana terakhir kamu menutup menu find tersebut. Cara ini tentu jauh lebih cepat dan mudah daripada kamu harus mencarinya dalam menu. Kombinasi tombol ini sangat berguna ketika kamu mengolah data dalam aplikasi spreadsheet atau excel.

Pada komputer Mac (Apple), tinggal mengganti Ctrl dengan tombol Cmd, kombinasi lainnya tetap sama.

4. Beralih ke program lainnya.

Katakanlah kamu sedang membuka beberapa program sekaligus, misalnya media player, spreadsheet, notepad, chrome, dan beberapa program lainnya yang berserakan di taskbar anda. Maka kamu dapat menggunakan kombinasi Alt, tab, tombol Windows dan shift untuk beralih ke program lainnya yang sedang kamu buka juga. Silakan coba beberapa kombinasi tombol berikut ini;

Alt + Tab, beralih ke program berikutnya dengan arah maju.
Alt + Shift+ Tab, beralih ke program berikutnya dengan arah mundur.
Tombol windows + Tab, beralih ke program berikutnya dengan arah maju, dengan tambahan gaya animasi. Tombol ini khusus di OS Windows 7, 8  dan 10.
Tombol windows + Shift + Tab, beralih ke program berikutnya dengan arah maju, dengan tambahan gaya animasi. Tombol ini khusus di OS Windows 7, 8  dan 10.

Pada komputer Mac (Apple), tinggal mengganti Alt dengan tombol Cmd, kombinasi lainnya tetap sama.

5. Cara memilih dan blok dengan klik kiri saja.

Gunakan klik dan beberapa klik untuk memilih/ blok kata/ kalimat/ paragraf atau seluruh tulisan. Anda dapat mengaplikasikannya langsung di blog ini. Berikut ini:

Satu kali klik kiri, hanya berfungsi untuk memindahkan kursor ke posisi yang kamu tentukan.

Dua kali klik kiri pada kata tertentu, berfungsi untuk memilih satu kata tersebut.

Tiga kali klik kiri pada line tertentu, berfungsi untuk memilih satu paragraf dalam artikel tertentu.

Pada aplikasi word processing cara-cara di atas berfungsi sama, dengan tambahan sebagai berikut:
kamu dapat memilih satu line dengan satu kali klik pada sisi kiri luar tulisan (line yang terpilih sejajar dengan letak pointer mouse anda), dua kali klik pada sisi kiri luar tulisan untuk memilih satu paragraf, dan tiga kali klik untuk memilih seluruh tulisan untuk ini nyaris sama fungsinya dengan Ctrl + A.

6. Menghapus satu kata penuh dan loncati kata per kata

Jika kamu kerepotan menghapus satu per satu karakter dalam tulisan, coba kamu kombinasi tombol Ctrl + Backspace yang berfungsi untuk menghapus satu kata penuh.

Ctrl + Panah kiri, berfungsi untuk memindahkan kursor kata per kata ke arah kiri. Kursor akan meloncati kata ketimbang menelusurinya per huruf.

Ctrl + Panah kanan, berfungsi untuk memindahkan kursor kata per kata ke arah kanan. Kursor akan meloncati kata ketimbang menelusurinya per huruf,

Ctrl + Shift +  Panah kiri, berfungsi untuk memindahkan kursor kata per kata ke arah kiri dan menyorotnya. Kursor akan meloncati kata dan menyorotnya (block).

7. Menyimpan file dengan cepat

Ctrl + S, berfugsi untuk menyimpan file dengan cepat. Kombinasi tombol ini lebih cepat daripada kamu harus melakukannya dengan membuka menu file dan memilih menu save/ simpan. Anda dapat menggunakan tombol ini setiap ketika, ketika kamu mengerjakan sebuah proyek di program tertentu. Ini sebagai langkah preventif kondisi kehilangan proyek karena kamu lupa menyimpannya. Saya sendiri menggunakan tombol ini setiap ketika selesai mengetik, atau ketika membuat blog.

Pada komputer Mac (Apple), gunakan tombol Cmd + S.

8. Memindahkan kursor ke awal dan akhir dokumen

Ctrl + Home, berfungsi untuk memindahkan kursor ke awal dokumen. tombol ini bekerja juga di halaman web.

Ctrl + End, berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir dokumen. tombol ini bekerja juga di halaman web.

Demikian beberapa Tips untuk menggunakan shortcut di keyboard, semakin kamu membiasakan diri menggunakan shortcut key ini, dijamin kamu akan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan anda, dan dapat mengerjakan pekerjaan lain atau istirahat lebih cepat.